Kunci Komunikasi dengan Orang Sesuai 16 Tipe MBTI. Cakap Memahami, Nggak Gampang Menghakimi

berkomunikasi sesuai MBTI

Sadarkah kamu kalau perkara salah memahami orang lain bisa berakibat fatal? Misalnya nih, seorang teman menolak ajakanmu untuk jalan-jalan ke sekian kalinya, kamu pun kecewa dan marah. Bagimu, ia adalah orang yang sombong karena hampir selalu menolak ajakan makan atau main bareng.

Di sisi lain, temanmu sangat suportif dan peka terhadap perasaanmu. Meski terlihat pendiam dan cenderung menghindari keramaian, ia justru bisa jadi teman yang paling paham dengan kondisimu. Bahkan, kadang tanpa kamu bicara, ia mampu membaca dan menangkap perubahan mimik wajah atau gerak-gerikmu.

Sebenarnya ia orang yang seperti apa?

Jangan buru-buru menghakimi temanmu buruk, ya. Bisa jadi justru  kamu yang nggak paham kepribadiannya selama ini. Siapa tahu, kan, ia memang sengaja membatasi pertemuan dengan orang lain. Bukan sombong, tapi karena ia adalah tipe INFJ yang energinya gampang terkuras jika bertemu banyak orang, tapi juga tipe yang memiliki empati tinggi.

Nah, tipe INFJ hanya satu dari 16 kepribadian dalam MBTI atau the Myers-Briggs Personality Test. Tes kepribadian ini cukup populer dan kerap dijadikan pegangan untuk memahami diri sendiri maupun orang lain. Belakangan, bahasan MBTI kembali terkenal di kalangan anak muda Korea Selatan, yang akhirnya juga menular ke penjuru yang lain.

Memahami jenis-jenis kepribadian dalam MBTI bisa jadi kunci kamu berkomunikasi dengan orang lain. Yuk, coba pahami 16 jenis kepribadian dalam MBTI yang dikategorikan menjadi 4 tipe utama ini!

1. Ini dia cara tepat berkomunikasi dengan orang tipe Analyst yang memiliki rasionalitas, intelektual, dan sikap adil yang mengagumkan

Menukil 16 Personalities, Analyst terbagi menjadi 4 tipe kepribadian dalam MBTI. Keempat tipe ini memiliki kesamaan, yakni mempunyai rasionalitas, intelektual, dan sikap adil yang kuat. Kendati demikian, setiap tipe ini memerlukan gaya pendekatan yang berbeda-beda dalam berkomunikasi.

  • INTJ, si architect yang imajinatif dan pemikir penuh strategi

Orang tipe INTJ memiliki ciri kepribadian Introvert (I), Intuitive (N), Thinking (T), dan Judging (J). Tipe ini dianggap ahli taktik yang suka merencanakan segala sesuatu. Pun, tipe ini pemikir penuh strategi yang memiliki rasionalitas tinggi. Ketika orang terdekatmu adalah tipe INTJ, ada baiknya kamu nggak membahas hal-hal yang berkaitan dengan perasaan, kecuali jika ia memang ingin membagikannya. Coba ajak dia ngobrol topik-topik menarik yang memantik pikirannya karena dia ‘haus’ pengetahuan.

  • INTP, si logis yang suka menyendiri

Mempunyai ciri kepribadian Introvert, Intuitive, Thinking, dan Preserving, INTP akan sangat senang kalau kamu bisa mendengarkan ide-ide kreatif dan abstraknya. Tipe pemikir ini cenderung berkutat dengan pikirannya sendiri untuk menciiptakan temuan dan eksperimen baru. Ia menghargai kebenaran, pengetahuan, dan kompetisi. Mirip dengan INTJ, tipe INTP kurang menyukai obrolan yang membuatnya harus mengekspresikan emosi.

Tim Dalam Artikel Ini