Citra boneka sebagai sebuah mainan anak-anak yang lucu dan menggemaskan ternyata nggak sepenuhnya benar. Nyatanya, ada beberapa boneka yang menyimpan kisah mistis di dalamnya. Beberapa boneka yang tersebar di seluruh dunia ini pulalah yang barangkali menginspirasi para sineas untuk mengadopsi kisahnya dan dijadikan film layar lebar. Sebut saja Chucky, The Doll, hingga Annabelle.

Penasaran boneka-boneka apa saja yang tercatat sebagai boneka berhantu dengan kisah-kisah mistisnya? Siapkan nyalimu dulu untuk membaca ulasan Hipwee berikut.

1. Robert The Doll, salah satu boneka berhantu paling terkenal sepanjang masa, karena ulahnya yang menghantui Amerika selama 100 tahun

Robert The Doll via www.slate.com

Advertisement

Boneka ini merupakan pemberian dari seorang pembantu rumah tangga yang dipecat oleh keluarga Otto saat ketahuan sedang berlatih ilmu sihir di halamannya. Namanya sendiri didapatkan dari nama pemilik pertamanya, Robert ‘Eugene’ Otto. Lalu mulailah muncul teror dan keanehan sejak tahun 1904 kala itu, di mana barang-barang lain milik Eugene kerap dihancurkan oleh boneka ini. Keanehan dan teror tersebut terus berlanjut bahkan sampai Eugene beranjak dewasa hingga meninggal.

Sepeninggal Eugene, tempat kediamannya terus mengalami kejadian-kejadian aneh seperti suara langkah kaki, cekikikan, maupun kerusakan lainnya meski telah berganti pemilik. Bahkan dikabarkan bahwa boneka ini pun pernah menyerang orang dan bisa mengunci mereka di loteng. Karena nggak tahan, pemilik rumah yang terakhir mengirim boneka ini ke sebuah museum di Fort East Martello, Florida. Kabarnya, Robert the Doll adalah boneka yang menginspirasi film Child’s Play yang bercerita tentang boneka pembunuh bernama Chucky.

2. “Boneka Mandy” diduga berisi arwah gadis cilik yang mati kelaparan karena terjebak di dalam ruang bawah tanah

boneka Mandy via id.pinterest.com

Boneka Mandy merupakan boneka porselen yang dibuat di Eropa pada tahun 1910 sampai 1920. Awalnya, boneka Mandy menjadi keresahan pemilik pertamanya lantaran kerap mendengar tangisan dari tempat di mana boneka ini disimpan. Hingga pada akhirnya boneka ini pun disumbangkan ke museum Quesnel di British Columbia, Kanada. Namun, boneka ini pun kembali berulah, para penjaga museum kerap mendengar bunyi langkah dan kehilangan beberapa barang mereka. Mandy pun sering menjahili para pengunjung yang ingin mengambil gambarnya dengan melirikkan matanya mengikuti arah kamera. Waduh, seram juga, ya!

3. Cukup jelas dari namanya, “The Devil Baby Doll” merupakan cerminan bayi setan yang menjadi kutukan bagi siapa saja yang memilikinya

The Devil Baby Doll via www.horrorgalore.com

Advertisement

Legenda boneka ini mulai beredar pada 1800-an, di mana seorang cowok pengen membalaskan dendamnya pada mantan kekasihnya yang merupakan seorang putri Skotlandia yang kaya raya. Melalui seorang ahli voodoo, Marie Laveau, bayi yang dilahirkan oleh cewek tersebut pun dikutuknya. Sejak saat itu, banyak orang yang takut dan mengecap bayi ini sebagai cerminan setan. Tapi setelah bayi itu meninggal, orang-orang pun ramai membuat boneka yang menyerupai bayi ini untuk menangkal roh jahat. Sialnya, boneka tersebut justru berubah menjadi kutukan bagi siapa saja yang memilikinya.

4. Tanpa diduga sebelumnya, rupanya boneka “Elmo” kerap meneror dengan ucapannya yang pengen membunuh pemiliknya

Sulit dipercaya bahwa boneka Elmo bisa jadi boneka yang menakutkan. Hal ini adalah realitas bagi keluarga Bowman. Pada tahun 2008, James Bowman yang saat itu berusia dua tahun memiliki boneka Elmo yang dirancang oleh pabrik untuk bisa merekam suara. Boneka ini bisa diatur untuk bisa melafalkan nama pemiliknya dan beberapa frase menyenangkan lainnya. Namun aneh, Elmo seringkali menambahkan kata “kill” sebelum mengatakan “James”. Bahkan, meski baterai pada boneka tersebut diganti atau dicabut, dia tetap mengucapkan hal yang sama, “Kill James” (bunuh James). Setelah kejadian tersebut, Ibu James segera membuang boneka tersebut.

5. “Voodoo Zombie Doll” menghantui para pemiliknya karena melanggar aturan yang tertera sejak pertama kali membelinya

Voodoo Zombie Doll via id.pinterest.com

Boneka voodoo yang dibuat di New Orleans, Amerika Serikat ini pada awalnya dibeli oleh seorang perempuan di Texas melalui situs jual-beli. Dalam aturan yang tertulis, boneka tersebut nggak boleh dilepaskan dari kotaknya. Namun, perempuan tersebut melanggar aturan yang ada lantas memegang boneka tersebut. Sejak memegang boneka tersebut, ia pun mengaku selalu dihantui dalam mimpinya bahkan diserang saat sedang tidur.

Kemudian, ia pun berusaha untuk menjualnya beberapa kali, namun setiap pembeli yang menerimanya hanya mendapatkan kotak kosong tanpa isi dan boneka itu malah kembali muncul di depan pintunya. Saat ini, boneka tersebut disimpan oleh seorang pemburu hantu untuk diteliti.

6. “Boneka Okiku” dari Jepang yang rambutnya bisa memanjang layaknya manusia

Boneka Okiku via www.akibanation.com

Boneka yang namanya sesuai dengan nama sang pemiliknya ini berukuran 40 cm dengan baju kimono khas Jepang. Konon di tahun 1918, seorang bocah berumur 17 tahun bernama Eikichi Suzuki sedang bermain ke Sapporo dan kemudian membeli sebuah boneka untuk diberikannya ke adiknya yang berumur 2 tahun. Adiknya ini bernama Okiku yang selalu memainkan boneka ini dan nggak terpisahkan hingga dirinya meninggal secara mendadak akibat penyakit demam yang aneh.

Keluarganya sangat merasa kehilangan, sehingga mereka menempatkan boneka kesayangan Okiku ini di sebuah altar dan terus mendoakan Okiku lewat bonekanya ini. Sejak saat itu, keanehan pun mulai terlihat pada boneka ini. Rambutnya tumbuh panjang layaknya rambut manusia pada umumnya. Sampai sekarang, boneka ini disimpan di pura Mannenji dengan rambutnya yang dipotong secara rutin.

7. “Boneka Joliet” mengutuk semua cewek dalam keluarga si pemilik dan telah tinggal selama beberapa generasi

Joliet via www.youtube.com

Joliet adalah boneka yang dikutuk dan telah tinggal di satu keluarga untuk beberapa generasi. Setiap cewek dalam keluarga pasti akan melahirkan dua anak berkelamin cewek dan cowok. Tapi sayangnya, anak cowok akan selalu meninggal secara misterius pada hari ke tiga. Kutukan ini dimulai oleh keluarga dari seorang cewek yang bernama Anna. Sampai nenek dan cicit Anna pun mengalami hal tersebut. Dan hingga kini boneka Joliet masih disimpan oleh keluarga Anna. Menurut penuturan mereka, boneka ini sering tertawa atau menangis pada malam hari. Boneka tersebut dianggap sebuah penyebab untuk semua bayi yang hilang selama bertahun-tahun.

8. “Boneka Pupa” yang dibuat khusus oleh sang pemilik ini mulai bertingkah aneh sepeninggalan tuannya

Pupa via blogunik.com

Menurut pengakuan sang pemilik, boneka Pupa tersebut seringkali berbicara dengannya, dan tinggal bersama sampai kematiannya. Pemiliknya percaya bahwa Pupa adalah teman terbaik untuknya. Namun, setelah pemiliknya meninggal pada tahun 2005, Pupa mulai bertingkah dan keluarga pemilik pun memasukannya ke dalam kotak kaca. Beberapa laporan tentang boneka Pupa ini adalah saat ia menulis “Hate Pupa”, di atas sebuah kaca berembun. Pemilik terdahulunya bahkan mengatakan bahwa mereka sempat menangkap video boneka Pupa berjalan sendiri, namun setiap kali mereka mencoba untuk mengunggah video tersebut, rupa boneka Pupa ditutupi lapisan putih dan bertuliskan, “Not Pupa!”.

Itulah beberapa boneka seram yang jauh dari kesan lucu dan menggemaskan, malah justru angker dan menyeramkan. Berani main-main sama boneka-boneka ini? Atau kamu punya cerita mistis dari boneka lainnya? Ceritakan di kolom komentar, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya