Seiring berjalannya waktu, banyak perkembangan yang terjadi. Perkembangan ke arah yang lebih baik tentu sangat diinginkan. Tapi perkembangan tentang hal-hal buruk juga nggak bisa dihindari. Penyakit misalnya. Saat ini muncul penyakit-penyakit baru karena virus atau bakteri juga turut berkembang.

Ada penyakit yang nggak pandang bulu, alias menyerang siapa saja. Tua, muda, kaya, miskin, besar, kecil, laki-laki, dan perempuan. Tapi juga ada penyakit yang hanya diderita oleh jenis kelamin tertentu, misalnya cowok aja atau cewek aja. Nah, ada beberapa penyakit yang identik dan diyakini hanya diderita oleh wanita, namun ternyata juga bisa diidap oleh pria! Pengen tau apa aja? Yuk simak paparan dari Hipwee ini!

1. Meski kamu nggak punya “dada” kayak cewek, kamu masih berpeluang terkena kanker payudara

Perhatikan gejalanyam bair kamu nggak kena kanker payyudara via awaksehat.com

Memang perempuan lebih rentan terkena kanker payudara karena mereka punya jaringan payudara lebih banyak dari pria. Meskipun awalnya kemungkinan pria mengidap kanker payudara ini hanya satu persen, tapi jumlah ini terus meningkat. Kebiasaan pria yang nggak suka memerhatikan gejala atau tanda-tanda penyakit yang ada di tubuhnya, membuat kanker semakin berkembang. Jadi kamu harus perhatian sama dirimu sendiri ya.

2. Nggak cuma cewek yang pengen tampil kurus, cowok juga. Hati-hati jadi Anoreksia

Pria yang mengidap anorexia mulai meningkat via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Advertisement

Saat ini emang lagi tren punya tubuh kurus. Ya kayak artis-artis korea gitu. Kaki panjang perut rata, badan tipis, jadi kiblat untuk style kekinian. Dan nggak sedikit yang pengen tubuhnya kayak gitu. Atau orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan dan ingin kurus secara instan. Berbagai cara dilakukan, salah satunya Anoreksia. Jika biasanya penyimpangan pola makan ini dialami oleh wanita, saat ini pria juga nggak jarang yang kena. Efek dari Anoreksia ini berbahaya loh. Bisa memicu penyakit jantung, keropos tulang, gagal organ dan kematian.

3. Emang sih yang ngelahirin itu cewek, tapi depresi pasca melahirkan juga bisa dialami cowok

Depresi setelah melahirkan juga bisa diderita oleh sang ayah baru via www.bubhub.com.au

Depresi setelah melahirkan atau biasa disebut baby blues ini biasanya emang diidap oleh wanita yang baru melahirkan. Kondisi dimana seorang ibu baru merasa tertekan dalam menjaga dan merawat anaknya, karena merasa nggak sanggup melakukan hal itu. Meskipun perasaan itu cukup wajar, tapi jika dibiarkan bakal bikin si ibu makin depresi berat. Dan ternyata akhir-akhir ini, fenomena itu juga terjadi pada pria. Hal ini dikarenakan sang ayah baru merasa tertekan karena beban dan tanggung jawabnya memiliki anak baru. Kamu yang sebentar lagi jadi ayah harus waspada ya.

4. Cewek lebih rentan terkena penyakit ini 90 persen , berarti kamu harus tetap waspada meski kemungkinannya hanya 10 persen

Lupus nyatanya juga bisa menyerang pria via home.bt.com

Baru-baru ini, berita tentang penyanyi internasional Selena Gomez bikin heboh dunia tarik suara. Mantan Justin Bieber itu menyatakan kalau dia terserang penyakit Lupus! Penyakit dimana sistem imun dalam tubuh menyerang tubuh kita sendiri. Penyakit ini identik dengan wanita karena memang kebanyakan lupus menyerang ketika tahap menstruasi serta dalam kondisi kehamilan. Tapi jangan salah, Lupus juga bisa menyerang pria loh.

5. Penyakit ini selalu identik dengan organ wanita, tapi pria juga bisa menderita kista

Waspadai “barang”mu biar nggak terkena kista via 2.bp.blogspot.com

Penyakit kista emang paling identik dengan wanita. Karena penyakit ini biasanya menyerang rahim. Tumor jinak ini berupa benjolan yang berisi cairan di dalam rahim. Tapi terkadang juga muncul di beberapa titik lain di tubuh. Ternyata, kista juga bisa diderita pria. Organ yang diserang adalah testis. Serem 🙁

6. Penyakit yang bisa menyebabkan kanker serviks ini, juga bisa menyerang organ intim lelaki

Nggak cuma wanita, pria juga bisa kena via s.kaskus.id

Human Papillomavirus atau disingkat dengan HPV adalah penyakit kutil kelamin yang disebabkan karena adanya Virus yang menginfeksi alat kelamin. 70 persen virus ini menjadi penyebab kanker servik pada wanita. Tapi bukan berarti pria nggak bisa terjangkit loh. Biasanya HPV menjangkiti alat kelamin pria. Kalau ada semacam kutil di “adek”mu segera periksa ya!

7. Menopause juga terjadi sama cowok loh, bukan sama cewek aja

Meskipun masih lama, tapi seenggaknya kamu udah tau ya via 2.bp.blogspot.com

Menopause juga jadi salah satu yang paling identik dengan wanita. Hal ini terjadi ketika pria sudah memasuki usia senja. Mereka pun akan menjalani perubahan hormon ketika mereka makin tua. Hal ini disebut ‘male menopause,’ yang merupakan kondisi di mana pria berhenti memproduksi hormon kejantanan. Masih lama sih, tapi seenggaknya kamu udah tau dari sekarang biar nanti nggak panik.

Semoga menambah wawasanmu ya! Meskipun penyakit ini suka dikaitkan dengan wanita, tapi kamu juga nggak mungkin nggak terkena penyakinya loh.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!