Fantastis! Sampul Komik Superhero Batman yang Robek Dilelang 37,2 Juta

Popularitas Batman memang nggak ada duanya

Bagi pecinta superhero, penampilan pertama tokoh favoritnya di komik akan selalu menarik perhatian. Komik superhero akan selalu menjadi incaran para pecintanya.

Advertisement

Tadi malam, Comic Connect baru saja secara remi menutup lelang sampul komik Batman. Barang yang dilelang tadi malam bukan hanya edisi penuh penampilan pertama komik Batman karya Bob Kane dan Bill Finger, namun yang dilelang adalah sampul depan komik ini.

Data dari CGC mengatakan bahwa hanya ada 36 salinan seri Detective Comics yang dinilai perusahaan dengan angka 9,2. Angka ini termasuk bagus bagi sebuah komik langka.

Alasan komik Batman disukai oleh kolektor

Komik Batman via www.comicconnect.com

Seorang penggemar Batman menuturkan bahwa ada berbagai hal yang membuat karakter Batman disukai kolektor. Salah satunya adalah kota Gotham yang menurut Matt Reeves adalah salah satu aspek penting dalam cerita.

Advertisement

“Batman adalah detektif terhebat di dunia.” tuturnya.

Menurutnya, Gotham adalah aspek yang membuat komik Batman terlihat hebat. Kota Gotham yang korup, ingin dirubah oleh Bruce Wayne. Dia ingin mencoba dan membuat perubahan, tutur Matt Reeves.

Advertisement

Dia juga menuturkan bahwa karakter Bruce Wayne yang terhambat emosional ketika berusia 10 tahun melihat pembunuhan orang tuanya.

“Saya pikir dia membayangkan bahwa jika dia bisa melakukan ini, entah bagaimana dia bisa membalikkan apa yang terjadi, yang tidak akan pernah bisa dibalik. Ini adalah dorongan yang sangat manusiawi, bukan?” katanya.

Sebelumnya, banyak sampul komik Batman yang sudah terjual dan pecahkan rekor

Sampul komik superhero Batman yang berasal dari tahun 1940 pernah laku terjual senilai 30,9 miliar. Rekor ini adalah yang pertama dan menjadi karya seni paling mahal.

Menurut laporan dari Heritage Auctions di Dallas, Texas, salinan komik Batman yang kondisinya dalam keadaan baik itu terjual di angka 30,9 miliar rupiah. Komik ini menjadi judul Batman yang pernah terjual di lelang.

Selain itu, komik Batman No. 1 juga dengan mudah memecahkan rekor lelang dunia yang sebelumnya dipegang oleh Detective Comics No. 27 tahun 1939 dan laku terjual sebesar 21 miliar rupiah pada bulan November 2020.

Komik Batman volume pertama ditulis oleh Bill Finger dan ilustrasinya digambar oleh Bob Kane. Sampul komik ini sangat mencolok dengan menampilkan Batman dan Robin yang sedang berayun di atas kota Gotham.

Volume ini menceritakan legenda dibalik kisah asli Batman. Komik ini juga menjadi debut bagi Joker dan Catwoman (yang kemudian dipanggil dengan The Cat).

Wah, siapa nih yang pengen beli salinan pertama komik Batman?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE