Kadang, ketika kita tengah asyik dengan gawai atau ponsel, kita bisa lalai dengan berbagai hal, termasuk adik atau anakmu sendiri. Bahkan nggak sedikit berita tragis yang menimpa ketika seseorang menggunakan gawainya tanpa acuh dengan keadaan sekitar. Tapi kalau gawaimu direbut oleh adik atau anakmu, kamu malah KZL.

Nah, daripada terjadi hal-hal yang nggak diinginkan dan rebutan gawai dengan anak kecil, alangkah baiknya kalau kamu bisa bermain bersama dengan adik atau anakmu. Nggak usah marah, ajak saja mereka memainkan beberapa gim1 edukatif berikut ini. Nggak ada yang rugi!

Gim paling dasar yang bisa kamu ajarkan pada adikmu, ABC Belajar Membaca. Biar nggak asal pencet juga, kan~

Belajar membaca, yuk! via play.google.com

Advertisement

ABC Belajar Membaca ini rasanya memang perlu kamu ajarkan dulu pada adikmu, sebelum dia mencoba gim lainnya di gawaimu. Mendapat rating 4,1 dari ribuan pengguna, gim ini rasanya cukup tepat untuk kamu ajarkan pada adikmu. Ya, daripada bocah 4 tahun langsung main Mobile Legend? 🙁

Selain bisa mengajarkan mereka ihwal dunia flora dan fauna, gim Planet Puzzle juga memberikan grafik yang cute loh!

mengenalkan dunia flora dan fauna pada anak-anak via play.google.com

Menempatkan karakter berdasarkan habitatnya. Ada beberapa makhluk hidup di bagian atas yang harus ditempatkan pada planet yang berputar. Di sini kamu bisa mengajarkan di mana tempat yang tepat untuk para makhluk hidup itu berada. Sembari mengenalkan nama-nama binatang yang terdapat dalam karakter gim.

Untuk meningkatkan kemampuannya berpikir kritis, ajak adikmu memainkan gim Crazy Gears

Crazy Gears via kapiawards.com

Gim ini mengajarkan anak untuk berpikir kritis, pasalnya, dalam permainan ini mengharuskan anak untuk menyelesaikan masalah, kemampuan eksplorasi, dan STEM topics (science, technology, engineering, & mathematics). Peranmu hanya membantunya memberi informasi terkait yang diperlukan. Selebihnya, serahkan pada adikmu untuk menyelesaikan masalahnya.

Apa yang paling digemari anak-anak? Mewarnai, ya, ajari mereka mewarnai dengan gim Marble Color!

belajar mengenal warna via play.google.com

Advertisement

Nah, buat kamu yang punya adik batita, boleh kok memberinya gawai, kalau kamu mengajarinya bermain Marble Color ini. Sebab, gim ini hanya membutuhkan kemampuannya untuk mewarnai dengan mengenalkannya warna-warna dasar, warna pelangi, dan perpaduan warna lainnya.

Pelajaran yang nggak boleh terlewatkan, ajari adikmu belajar berhitung dengan Marble Math Junior

belajar berhitung via play.google.com

Sementara untuk adikmu yang berusia 5-8 tahun, kamu bisa mengajaknya untuk bermain Marble Math Junior. Belajar matematika akan lebih mudah dengan gim ini. Kelebihannya, dia nggak perlu membaca untuk memahami soalnya. Ada suara narator yang akan menunjukkan cara bermainnya, hanya dengan sekali menyentuh kalimat petunjuknya. Ada juga reward untuk dia yang bisa menyelesaikan soal loh. Setelah gim ini tuntas, boleh dicoba lagi gim selanjutnya, Marble Math Multiplication.

Buat kamu yang muslim, Marbel Belajar Sholat + Audio juga perlu kamu ajarkan pada adikmu. Belajar mengenal ibadah sejak dini

belajar mengenal agam sejak dini via play.google.com

Gim ini dikategorikan sebagai gim anak usia 4-8 tahun. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500.000 pengguna ini bisa membantu anak-anak untuk belajar tata cara salat, seperti niat, doa, gerakan, dan sebagainya. Untuk bahasa pengantarnya sendiri pun sudah multilingual, jadi anak-anak atau bahkan kamu sendiri nggak akan kesusahan untuk memainkannya.

Belajar Bahasa Inggris Anak juga bisa kamu ajarkan pada adikmu untuk meningkatkan kemampuannya berbahasa asing

belajar bahasa Inggris via play.google.com

Last but not least, gim Belajar Bahasa Inggris Anak ini juga bisa kamu ajarkan untuk adikmu sejak dini. Dalam permainan ini, terdapat beberapa mode pembelajaran seperti membaca angka dan huruf dalam bahasa Inggris yang disertai contoh kata dan cara menulisnya. Kelebihan lainnya, ada pula suara narator yang sangat jelas, sehingga anak-anak bisa menirukan pengucapannya dengan benar.

Ya, itulah 7 gim edukatif yang bisa kamu ajarkan pada adik atau anakmu. Bermain sembari belajar, tentu hal yang sangat menyenangkan, bukan? Daripada kamu memberi anak-anak gawai dan mereka menggunakannya secara ngawur, seperti bermain Tik Tok atau gim dewasa lainnya, bakal lebih buruk, kan?


  • gim (1)
    n Jk benang emas
  • gim (2)
    n cak sudah tercapai nilai yang ditentukan dalam permainan (menyatakan permainan selesai karena nilai yang ditentukan telah tercapai)
  • gim (3)
    n permainan
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya