Masih kuliah semester akhir? Lagi berkutat sama skripsi yang nggak kelar-kelar? Atau, udah pada mulai kerja? Bisa jadi kalian termasuk orang-orang yang diberkahi karena lahir dan besar di era 90-an, guys! Lhoh, kok bisa?

Buat anak-anak  generasi 90-an pasti punya kenangan-kenangan unik yang nggak bisa dilupakan. Mulai dari nongkrongin MTV Indonesia tiap hari, koleksi kaset, sampai nggak bisa lepas sama yang namanya walkman. Yup, musik emang salah satu romantika 90-an yang bikin kita susah move-on! Setuju nggak, sih?

Bukan mau jelek-jelekin musik di generasi lain sih, tapi rasa-rasanya 90-an emang jadi generasi emas musik Indonesia ya, guys! Nggak cuma penyanyi atau band, acara musik kayak bincang-bincang sama band baru atau chart lagu juga happening banget di era ini.

Nah, di artikel kali ini, Hipwee mau ngajak kalian bernostalgia dan naik mesin waktu kembali ke era musik 90-an. Yuk, ikutan!

90-an Punya Penyanyi-Penyanyi Keren

1. Chrisye

chrisye, karyanya sepanjang masa via kmk3123dina.files.wordpress.com

Advertisement

Nama besar almarhum Chrisye emang nggak bisa di catut era 90-an aja. Pasalnya, penyanyi yang punya nama Chrismanysah Rahadi ini lebih pantas disebut sebagai musisi sepanjang masa yang karyanya dari tahun 60-an hingga sekarang masih terus dikenang.

Di era 90-an Chrisye produktif berkarya dan menghasilkan 5 album yang semuanya meledak, diantaranya album Kala Cinta Menggoda (1997) dan Badai Pasti Berlalu (1999).

2. Titi DJ

titi dj, diva Indonesia via us.images.detik.com

Kalau ngomongin penyanyi wanita 90-an, kita pasti inget Titi Dwi Jayanti alias Titi DJ. Karirnya emang melesat di era ini. Lagu-lagu yang sukses di pasaran antara lain Bintang-Bintang, Ekspresi, atau Sang Dewi bikin dia pantas menyandang gelar diva Indonesia.

3. Oppie Andaresta

oppie andaresta, 90-an banget nggak sih? via sidomi.com

Inget nggak sama lagu Cuma Khayalan yang liriknya ‘andai a a a a a ku jadi orang kaya’? Lagu bertema kritik sosial ini dibawain sama Oppie Andaresta yang juga jadi salah satu ikon 90-an. Oppie terkenal piawai bikin musik dan lirik yang unik.

Di awal 2009, penyanyi yang punya gaya santai ini meliris single berjudul I Am Single, I Am Very Happy yang kayanya jadi anthem para jomblo se-Indonesia.

4. Nugie

nugie, pelukis malam via cdn0-e.production.liputan6.com

Yang hobi mantengi MTV Indonesia pasti hafal lagu-lagunya Nugie seperti Pembuat Teh, Pelukis Malam, Burung Gereja, atau Tertipu. Nugie termasuk salah satu penyanyi yang peduli banget sama alam. Lewat musiknya, dia bisa kampanye supaya orang-orang lebih peduli sama lingkungan.

5. Banyak Penyanyi Cilik

90-an punya banyak penyanyi cilik via 3.bp.blogspot.com

Anak-anak era 90-an wajib banget bersyukur karena ketika itu produksi lagu anak-anak lumayan banyak. Lagunya juga bagus-bagus dan enak didenger, misal Diobok-Obok yang dibawain sama Joshua Suherman atau Anak Gembala dari Tasya.

Di era 90-an, anak-anak nggak dengerin Smash, Justin Bieber, atau One Direction. Udah ada Maissy, Chiquita Meidy, Enno Lerian, Tina Toon atau Trio Kwek Kwek. Eh, masih inget nggak ada lagu judulnya Kebelet Pipis sama Tikus Makan Sabun?

Band-Band Berjaya Di 90-an

6. Pop

wayang, salah satu band 90-an via i44.tinypic.com

Kalau ditanya jumlah pastinya, nggak tau deh ada berapa band pop yang wara-wiri di era 90-an. Yang jelas, nama-nama band di era ini emang simple dan gampang di inget. Kebanyakan sih nama-nama benda kayak Dewa, Padi, Potret, Caffein, Wayang, Gigi, Bunglon, Coklat, AIR atau Es Nanas.

Mungkin musisi nggak terlalu mikirin nama atau filosofi yang rumit, mereka justru fokus buat bikin karya yang bagus, baik dari segi musik maupun lirik. Buktinya, musik-musik mereka masih dikenang sampai sekarang. Setuju nggak?

7. Rock

jamrud, ikon rock 90-an via 2.bp.blogspot.com

Inget donk sama lagu Surti Tejo atau Putri dari Jamrud. Musik rock bisa dibilang nge-hits banget di era 90-an. Selain Jamrud, ada Slank, Boomerang, Netral, Power Metal, RIF, Edane, dan masih banyak lagi.

Keren-nya lagi, 90-an punya grup rock cewek yang ikonik banget, namanya Geger Band. Sayang, band ini cuma punya satu hits single, judulnya Tajir. Kira-kira pada kemana ya personil band ini?

8. Rap

iwa k, rapper Indonesia via www.djarumfoundation.org

Siapa sih yang nggak kenal Iwa K? Ibarat Amerika punya Tupac Shakur atau Eminem, Indonesia punya Iwa K. Musik rap dan hip hop sempet bikin anak muda Indonesia demam celana dan baju gombrang di era 90-an.

Pernah liat Denada nge-rap dan pakai baju flanel? Kalau belum, kalian harus nonton, guys! Walaupun sekarang pindah haluan ke dangdut, Denada terbilang sukses jadi rapper cewek di era itu.

9. Musik 90-an Lebih Variatif

musik 90-an lebih variatif via 3.bp.blogspot.com

Di sepanjang 90-an, musik emang cenderung lebih variatif. Hampir semua aliran musik tampil dengan lagu-lagu yang bagus dan emang catchy.

Band-band ska kayak Tipe-X atau Jun Fan Gung Foo misalnya, ciri khasnya tampil dengan topi pad, suspender, dan pemain terompet atau saxophone. Kalau kamu suka musik funk, ada Funky Kopral yang  mantan pemain bass-nya udah bikin band baru, Fade 2 Black.

10. Musik Parodi 90-an

padhyangan 6, p-project, project-p via static.inilah.com

Nah, salah satu yang lumayan booming di 90-an adalah musik parodi. Masih inget nggak sama Padhyangan 6? Atau, kalian lebih sering denger Project-P atau P-Project?

Biasa memparodikan musik orang lain, grup ini ternyata cukup sukses bikin album sendiri. Nasib Anak Kost dan Antrilah Di Loket adalah 2 lagu mereka yang stuck di kepala anak 90-an!

11. 90-an Juga Punya Boyband!

90-an juga punya boyband via boygirlband.files.wordpress.com

Siapa bilang demam boyband di Indonesia baru mulai setelah heboh K-Pop. Tau lagu Inikah Cinta dari ME ‘kan? Masih inget jaman Tengku Ryan, Ari Sihasale, sama Surya Saputra rambutnya gondrong dan bikin Cool Colors? Yup, selain ME dan Cool Colors, Indonesia juga melahirkan Coboy, F.B.I, Trio Libels, dan masih banyak boyband lainnya.

12. Jangan Salah, Girlband Juga Ada

rida sita dewi via sin.stb.s-msn.com

Kamu belum sah jadi generasi 90-an kalau nggak kenal AB Three, Bening, atau Rida Sita Dewi. Yakin deh cakepnya nggak kalah sama girlband era sekarang. Kalau soal kualitas suara sih jangan ditanya lagi, guys!

13. Mau Yang Campur-Campur?

lingua, trio 90-an banget via masjaki.com

Selain punya boyband sama girlband, Indonesia generasi 90-an juga punya grup yang personilnya campur, cowok sama cewek. Pernah dengerin Lingua, Warna, atau Elfa’s Singers nggak, guys?

14. Lirik Lagu Puitis Khas 90-an

90-an itu liriknya lagu puitis via dennydominicus.files.wordpress.com

Mungkin nggak semua generasi 90-an paham, tapi harus diakui kalau lirik lagu-lagu 90-an itu puitis abis. Coba deh perhatiin lagu-lagunya Dewa di album Bintang Lima, album Sobat dari Padi, atau album pertama Sheila On 7, rata-rata semua lagunya pakai lirik-lirik yang puitis dan dalem banget.

15. Penggemar Fanatik

basis penggemar era 90-an via lh3.googleusercontent.com

Penggemar emang ibarat roh buat penyanyi, band, atau musisi. Mereka bisa terus berkarya ketika masih ada penggemar yang setia mendukung dan menikmati karya mereka. Nah, di era 90-an, basis-basis penggemar ini nge-trend banget di Indonesia.

Dewa punya Baladewa, Padi punya Sobat Padi, dan Sheila On 7 punya Sheila Gank. Masing-masing basis penggemar punya hubungan baik dengan idolanya masing-masing, lho!

16. Yang Satu Ini Punya Tetangga Sebelah

musik 90-an juga impor dari malaysia via 4.bp.blogspot.com

Sekalipun musik Indonesia di era 90-an segitu komplitnya, kita tetep nggak bisa nolak musik asing juga. Tapi, yang ini dari tetangga deket aja sih, Malaysia! Anak 90-an pasti pernah dengerin Isabella, Suci Dalam Debu, Rindu Serindu-Rindunya, atau Bulan Madu Di Awan Biru. Ya, mungkin nggak hafal liriknya sih, tapi pasti pernah denger. Yakin deh!

Hmm.. capek nggak nih jalan-jalan ke era 90-an dan mengenang musik-musik yang bikin kita nggak bisa move-on sampai sekarang? Well, kalau ada penyanyi atau band 90-an favorit kamu yang nggak ditulis di artikel ini, tulis di kolom komentar ya, guys! Maklum kalau kelupaan, penulis juga manusia…