5 Hantu Perempuan di Kampus ini Jadi Urban Legend Terkenal. Kamu Pernah Dengar Ceritanya?

Urband legend kampus

Cerita-cerita horor ternyata nggak melulu datang dari gedung, bangunan tua, atau mungkin lokasi terbengkalai yang sudah tak digunakan lagi. Rupanya beberapa kampus besar di Indonesia juga memiliki cerita horor tersendiri. Jika dinalar dengan akal sehat, kampus yang menjadi tempat bertemunya banyak orang setiap hari mulai dari pagi sampai ketemu pagi lagi tentunya jauh dari kesan-kesan horor.

Advertisement

Tapi mau percaya atau tidak, beberapa kampus di Indonesia menyimpan segudang misteri. Bahkan, ada pula yang kemudian menjadi cerita urban legend karena saking terkenalnya kisah misteri tersebut. Mungkin beberapa dari kita ada yang sudah pernah mendengar kisahnya secara langsung, tapi ada pula yang masih bertanya-tanya tentang kebenarannya. Berikut ini adalah sosok hantu perempuan yang menjadi urban legend di beberapa kalangan anak kuliahan. Simak sampai habis deh.

1. Hantu Mbak Yayuk, arwah mahasiswa UGM angkatan tua yang katanya nekat mengakhiri hidupnya akibat stres karena naskah skripsinya ditolak terus. Cerita ini terkenal banget di kalangan anak UGM

Kampus FEB UGM / Credit: UGM

Bagi mahasiswa UGM mungkin sudah kerap mendengar nama hantu Mbak Yayuk ini, apalagi mahasiswa FEB alias Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Menurut cerita yang beredar dari masa ke masa, sosok perempuan ini adalah mahasiswa UGM angkatan tua yang dikabarkan jika dirinya mengakhiri hidupnya akibat stres karena naskah skripsinya ditolak terus oleh dosen. Kalau kamu ketemu Mbak Yayuk, dandanannya memang seperti mahasiswa biasa, tetapi menggunakan outfit jadul. Uniknya, sosok hantu Mbak Yayuk ini kerap terekam di CCTV.

2. Hantu Sisca di Student Center UNY, katanya sih hobi manggil-manggil orang, tapi kalo disamperin langsung hilang. Ngeri banget!

Hantu Sisca SC UNY | Credit: UNY Community

Gedung Student Center (SC) UNY memang jadi salah satu tempat yang dikunjungi mahasiswa. Biasanya, banyak mahasiswa mengunjungi SC ini untuk keperluan ekstakurikuler. Cerita horornya, sempat ada beberapa mahasiswa yang ingin mengunci pintu SC, tetapi tanpa disangka muncul sesosok wanita dari balik kaca jendela gedung SC tersebut. Dia tampak memanggil-manggil, namun setelah didekati langsung menghilang. Cerita ini juga telah banyak didengar oleh mahasiswa Jogja, khususnya anak UNY sendiri.

Advertisement

3. Hantu Fitri di Ruang CLDS Fakultas Hukum UII, kalau berdasarkan pengakuan orang-orang sih katanya hantu ini cantik, tapi nggak punya kaki 🙁

Hantu Fitri FH UII | Credit: FH UII

Salah satu ruang di Fakultas Hukum UII yang terkenal dengan “penunggunya” adalah ruang CLDS (Centre for Local Law Development Studies ). Mahasiswa Fakultas Hukum mengaku kerap kali dikagetkan dengan penampakan sosok perempuan cantik tanpa kaki. Banyak orang menyebutnya adalah hantu Fitri. Kalau kamu penasaran, datang saja ke ruang tersebut pada sehabis maghrib atau malam hari, mungkin kamu akan berkesempatan bertemu dengannya. Berani menguji nyali?

4. Hantu wisuda UI, ternyata nggak mahasiswa aja yang wisuda, hantu pun nggak mau ketinggalan

Hantu Wisuda UI | Credit: Ilham Kuniawan Gumilang, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Nama hantu yang satu ini sudah pasti jadi urban legend di kampus UI. Katanya sih alasan mengapa diberi nama hantu wisuda adalah karena arwah mahasiswi ini penasaran lantaran ia meninggal sebelum sempat ikut wisuda. Mahasiswi tersebut konon katanya tak rela meninggal sebelum ia wisuda, karena itulah ia sering bergentayangan dan muncul dalam sosok perempuan memakai kebaya di foto-foto wisuda mahasiswa UI.

5. Hantu Mbak Nur yang hobi jahil mematikan kran kamar mandi FE UNY saat sedang digunakan. Jadi kepikiran setiap kali mau ke kamar mandi

Advertisement

Hantu Mbak Nur FE UNY | Credit: Naufal Shidqi, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Menurut kesaksian banyak orang, hantu Mbak Nur ini hobinya berada di sekitaran ruang kuliah dan kamar mandi. Uniknya, sosok yang terkenal dengan nama Mbak Nur nih sering banget iseng, misalnya mematikan kran air di kamar mandi ketika ada yang menggunakannya. Kamu yang anak UNY sudah pernah jadi korban keisengan Mbak Nur belum?

Sebenarnya hal-hal semacam ini sudah bukan fenomena baru lagi di kalangan kampus. Hampir semua kampus di seluruh Indonesia pasti punya cerita horornya sendiri-sendiri. Tapi namanya pun urban legend, hingga kini kebenarannya masih belum bisa dipastikan. Meski begitu, alangkah baiknya kalau kita tetap menghormati siapapun dan di manapun kita berada.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE