7 Kalimat yang Lebih Realistis dari Sekadar Basa-basi Seperti “Jangan Lupa Makan”. Yuk, Upgrade Dulu

Kalimat anti basa-basi saat PDKT

Masa-masa pendekatan bisa bikin orang mendadak bingung karena merasa kehabisan topik pembicaraan. Beda sama ketika berkomunikasi sama teman, mereka sama sekali nggak takut lawan bicaranya bakal mikir macam-macam, ya karena memang sudah saling kenal satu sama lain. Saat PDKT, orang –terutama cowok– bakal selalu mikir berkali-kali tiap mau ngomong sesuatu. Takut ceweknya ilfeel lah, nggak nyaman lah, pokoknya banyak deh pertimbangannya.

Advertisement

Gara-gara kebanyakan mikir itu, sering lo yang keluar dari mulut cowok justru kalimat basa-basi yang sebetulnya bisa bikin cewek mundur perlahan. Selain karena sudah sering dipakai jutaan umat manusia saat PDKT, kalau dipikir-pikir kalimat-kalimat itu jatuhnya malah nggak realistis lo. Penasaran nggak apa saja kalimat-kalimat yang tanpa sadar malah menjatuhkan harga diri cowok? Dan sebaiknya diganti apa sih? Upgrade dulu yuk bareng Hipwee Hubungan.

1. “Jangan lupa makan” sebaiknya diganti “Makan dulu aja sambil nunggu fotokopian, ntar kalau maagnya kambuh malah nggak bisa skripsian lo!”

Terlalu basi nih… via www.pexels.com

Tampaknya memang nggak ada yang salah dari kalimat “Jangan lupa makan”. Tapi coba deh kalian pikir lagi, gebetanmu itu bukan anak bayi yang kalau tiap makan harus diingatkan lo. Lagipula, makan itu sudah jadi kebutuhan pokok manusia. Mungkin memang kadang kita pun suka lupa makan kalau sudah keasyikan beraktivitas. Tapi akan lebih realistis kalau mengingatkannya pakai semacam kalimat di atas. Atau sekalian aja tuh diajakin makan bareng. Talk less, do more 🙂

2. “Met malem, cantik” sebaiknya diganti “Halo, bagaimana tadi kegiatannya? Lancar kan?”

Please deh, bisa diganti yang lain nggak sih? via www.pexels.com

PDKT pakai kalimat “Selamat pagi/siang/sore/malam” tuh kayaknya lebih cocok dipakai sama anak-anak SMP deh. Semakin gede, kalimat itu sebetulnya kurang berfaedah aja. Kalau memang mau memulai obrolan sama gebetan setelah sekian jam nggak saling kontak, kalian –nggak cuma cowok tapi juga cewek– bisa lo langsung to the point sama pertanyaan soal kuliah atau kerjaan hari itu. Nggak usah pakai kayak kalimat di gambar, apalagi pakai embel-embel cantik di belakangnya. Cewek dewasa nggak bakal suka digituin kali 🙂

Advertisement

3. “Met bobo, mimpi indah” sebaiknya diganti “Sebelum tidur jangan lupa gosok gigi dan cuci muka. Pintu jendela dicek, udah dikunci atau belum”

Apa faedahnya? via www.pexels.com

Satu lagi nih kalimat basa-basi waktu PDKT yang sebenarnya nirfaedah. Daripada cuma ngucapin selamat tidur dan mimpi indah, kan mending diingatkan buat cek hal lain yang kebanyakan sering lupa dilakukan orang. Kayak cuci muka dan gosok gigi, cek pintu jendela sudah dikunci atau belum, atau mematikan kompor yang masih menyala. Lagian, memangnya kita bisa mengatur mimpi biar jadi indah? Hmm…

4. “Kamu kalau marah jelek lo” sebaiknya diganti “Ya udah, kamu boleh kok marah dulu biar plong. Maaf ya kalau akunya salah”

Hindari kalimat ini saat cewek lagi marah via www.pexels.com

Cewek waktu lagi marah itu butuh dimengerti, bukannya malah digombali. Mungkin tujuannya buat bercanda atau biar suasana mengalir lagi, tapi kalimat di atas malah bisa bikin cewek makin kesal lo. Memangnya gebetanmu itu anak kecil yang kalau dibilang jelek pas lagi marah langsung moodnya balik biar cantiknya juga balik? Tentu tidak, ferguso.

5. “Aku cinta kamu lebih dari apapun” sebaiknya diganti “Aku cinta apa adanya kamu, nggak dibuat-buat”

Kalimat mustahil via www.pexels.com

Saking dirundung cinta yang begitu mendalam, seringkali cowok mengutarakan rasa cintanya terlalu berlebihan ke cewek. Cinta sih cinta, tapi kalau sampai bilang kamu lebih dari segala-galanya itu sih nggak realistis namanya. Dia kan punya orangtua, saudara, dan sahabat-sahabat lama yang pasti juga mereka cintai. Jangan percaya lah kalau kamu dibilang yang nomor satu. Ya kalau mau, cukup bilang cinta apa adanya aja, nggak perlu dilebih-lebihkan.

Advertisement

6. “Kamu lagi apa sekarang?” sebaiknya diganti “Tugasnya sudah dikerjakan belum?”

Bosen lo ditanya ini melulu via www.pexels.com

Pertanyaan basa-basi yang sebenarnya bosan banget didengar cewek itu ya pertanyaan “Lagi apa sekarang?”. Apalagi kalau nanyanya diulang-ulang tiap 10 menit sekali. Capek lo jawabnya… Mending ganti deh sama pertanyaan lain yang lebih realistis, kayak pertanyaan soal kegiatan yang dilakukan gebetanmu sebelumnya. Misalnya si dia bilang kalau lagi latihan wushu, ya tanya aja soal kegiatannya itu. Atau soal tugasnya deh, misal dia sempat pamit sebentar buat ngerjain tugas. Tapi jangan disambung lagi sama “Terus sekarang lagi apa?” lo ya!

7. “Hai, aku ganggu nggak?” sebaiknya diganti “Hai, ngobrol yuk, lagi pengen ngobrolin soal film horor kemarin nih!”

Basa basi busa via www.pexels.com

Pertanyaan “Hai, aku ganggu nggak?” ini biasanya jadi kalimat permulaan sebelum ngobrolin hal lain. Padahal pertanyaan basa-basi semacam ini malah mengganggu di mata cewek lo. Kenapa sih nggak langsung to the point aja, misalnya mau ngobrolin soal film yang baru ditonton, ya udah langsung aja bilang. Kalau memang chatmu dianggap mengganggu kan si cewek juga nggak akan balas. Jadi pertanyaan apakah kamu mengganggu itu bisa terjawab tanpa harus menanyakan langsung 🙂

Gimana nih yang lagi proses PDKT? Sudah bisa bedakan kan mana kalimat realistis dan mana yang cuma basa-basi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE