Mau masuk Jurusan Biologi? Tapi masih ragu? Artikel ini akan menjelaskan kriteria yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa biologi. 10 kriteria ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya sendiri setelah menjadi mahasiswa biologi selama 5 tahun.

1. Suka Baca Buku

Biologi adalah kajian ilmu tentang makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (lingkungan). Cabang ilmu biologi banyak sekali, mulai dari genetika, bioteknologi, biologi molekuler, zoologi, dan masih banyak yang lainnya. Cabang yang banyak ini ada karena memang makhluk hidup di bumi sangat banyak dan bervariasi. Oleh karena itu, untuk mempelajari biologi banyak sekali buku yang harus kita baca. Tidak hanya itu, bukunya juga yang tebal-tebal, tulisannya juga penuh dengan istilah ilmiah atau bahasa Yunani.

Jadi, buat kamu yang malas baca buku mending pikir-pikir lagi deh kalau mau masuk Jurusan Biologi.

2. Tidak Alergi Matematika

Advertisement

Di awal kuliah dulu, dosen saya bertanya kepada semua mahasiswa tentang alasan mereka memilih Jurusan Biologi. Jawabannya kebanyakan karena menghindar dari matematika.

Walaupun tidak secara khusus membahas matematika, tapi mata kuliah seperti matematika dasar, fisika dasar, statistika, dan genetika mengandung banyak unsur matematika (perhitungan). Begitu juga saat penelitian, perlu analisis yang melibatkan angka-angka matematika.

Banyak teman saya yang mengeluh karena pusing tujuh keliling menghadapi mata kuliah tersebut. Syukurnya, saya tidak termasuk golongan yang pusing tersebut, karena saya suka matematika. Bahkan, pilihan SNMPTN pertama saya adalah matematika, tapi saya lolosnya di pilihan kedua yaitu biologi.

3. Tidak Gampang Jijik

Ketika kamu memasuki jurusan ini, kamu harus menjadi mahasiswa yang tidak gampang jijik, karena biologi membahas semua makhluk hidup dan tidak semua makhluk hidup itu enak dilihat dan dielus-elus seperti kucing. Misal ketika mata kuliah zoologi invertebrata (tentang makhluk hidup yang tidak punya tulang belakang) kamu akan melakukan praktikum membedah cacing dan lintah. Jijik? Hmm.. sepertinya kamu harus berlatih menghilangkan kejijikan tersebut atau mungkin kamu bisa lirik jurusan kuliah lain.

4. Suka Berpetualang

Ekosistem Laut via http://www.biologi-sel.com

Selain bentuknya yang aneh-aneh, makhluk hidup juga tersebar di seluruh dunia. Di kota, di kampung, di kebun, di hutan, di pantai, di laut, di sungai, di danau, dan tempat-tempat dan ekosistem lainnya. Bisa jadi, suatu saat kamu akan pergi ke tempat yang susah dijangkau kendaraan, tidak ada sinyal dan jauh dari pemukiman warga. Maka dari itu, untuk menjadi anak biologi sejati seharusnya kamu juga punya jiwa petualang agar siap untuk terbang ke ekosistem mana saja.

5. Tidak Manja

Jangan sampai deh, kamu termasuk anggota manis manja grup. Kelompok ini terdiri atas mahasiswa-mahasiswa yang hobi banget mengikuti tren kekinian. Jadi, waktu mereka kebanyakan habis buat hunting barang atau asesoris, memamerkannya dan mendiskusikannya. Bagaimana dengan tugas kuliahnya? Mereka kerjakan seadanya, nyontek atau tidak mengerjakan sama sekali. Anggota dari kelompok ini biasanya terkenal di kalangan para dosen, menjadi incaran dan bulan-bulanan ketika ada masalah.

6. Teliti

Belalang itu kakinya ada tiga pasang, laba-laba ada empat pasang, udang ada lima pasang, dan kaki seribu lebih dari itu. Coba deh kita pikir, buat apa menghitung dan menghafal jumlah kaki? Orang awam pasti bilang kita kurang kerjaan. Tapi, sebenarnya hal-hal kecil seperti jumlah kaki ini penting banget, lho! Karena dengan meneliti hal-hal kecil, kita bisa memperoleh keuntungan besar.

7. Senang Mencoba

Percobaan Francesco Redy via http://www.biologi-sel.com

Beda dengan ketika SMA di mana kita fokus belajar dan membaca, saat kuliah kita, dituntut bisa melakukan eksperimen atau mencoba. Kabar buruknya, yang namanya mencoba kemungkinannya cuma dua, yaitu berhasil dan gagal. Tapi, buat kamu yang baru pertama melakukan eksperimen pasti akan banyak menemukan kegagalan. Kenapa? Karena prosedurnya cukup ribet,perlu ketelitian dan rapi.

8. Rapi

Sebenarnya rapi bukan hanya dibutuhkan oleh mahasiswa biologi, tapi semua manusia juga butuh rapi. Dengan pakaian, ruangan, dan lingkungan rapi maka kita akan merasa lebih nyaman. Tapi, bukan rapi itu yang saya maksud, yang saya maksud rapi di sini adalah rapi tidak jorok, tidak suka kotor dan sebagainya. Rapi diperlukan saat melakukan penelitian karena biasanya harus dalam kondisi steril. Kondisi steril ini mulai dari pakaian, udara, air, dan lingkungan.

9. Berani

Ular, biawak, buaya, dan hewan-hewan mengerikan lainnya termasuk makhluk hidup, lho! Artinya, ada kemungkinan kamu akan berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. Baik secara langsung atau awetannya. Bagi yang punya fobia terhadap salah satu dari hewan-hewan tersebut, bersiaplah!

10. Hafalan Kuat

Sel hewan dan tumbuhan via http://www.biologi-sel.com

Salah satu kendala terbesar saya dalam mempelajari biologi adalah banyaknya istilah ilmiah. Contohnya bagian-bagian sel (organel sel). Selain itu, penamaan makhluk hidup dengan nama ilmiah menggunakan aturan binomial nomenklatur. Jadi, kamu harus hafal banyak istilah ilmiah dan nama-nama ilmiah makhluk hidup untuk mempermudah dalam mempelajari biologi. Nama ilmiah juga memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan warga negara lain.