Rasa takut merupakan sesuatu yang alami bagi manusia. Bahkan, seorang pemberani pun pasti memiliki rasa takut pada hal-hal tertentu. Setidaknya, setiap orang memiliki rasa khawatir terhadap keselamatan dirinya sendiri. Hal inilah yang kemudian memicu rasa takut kepada hal-hal yang dianggap berbahaya atau mengancam keselamatannya.

Karena rasa takut merupakan bagian dari mekanisme pertahanan manusia (survival instinc), maka hal itu normal selama tidak berlebihan. Tapi bagaimana jika kamu memiliki rasa takut terhadap hal-hal yang tidak kasat mata? Takut pada hantu umpamanya. Tentu saja ini sangat mengganggu kehidupanmu. Bayangkan jika sebuah keadaan memaksamu untuk tinggal sendirian di rumah selama seminggu. Kalau kamu punya ketakutan terhadap hantu, bisa dipastikan kamu bahkan tidak bisa melewatinya barang semalam pun.

Kamu terpaksa meminta bantuan temanmu untuk menemanimu. Masalah tidak selesai sampai di situ. Saat kamu terjaga tengah malam karena kebelet pipis, lagi-lagi temanmu menjadi korban dari sifat paranoidmu. Belum lagi jika sewaktu-waktu kamu tersesat sendirian di hutan. Rasa takutmu terhadap hantu akan menutupi akal sehatmu, sehingga kamu kesulitan mencari jalan keluar agar tetap bisa bertahan hidup.

Tentu saja tidak mudah untuk menghilangkan rasa takut terhadap hantu. Ketakutan terhadap hantu muncul akibat pesepsi ‘hantu itu menyeramkan’ yang tertanam di alam bawah sadarmu selama bertahun-tahun oleh lingkunganmu, termasuk film-film horor yang pernah kamu tonton.

1. Hantu tidak bisa membunuhmu

Bean kesurupan

Bean kesurupan via http://raditherapy.com

Sebanyak apa pun cerita tentang hantu beredar, belum ada satu pun bukti kasus bahwa hantu pernah membunuh. Jika ada yang mengaku melihat hantu, bisa dipastikan ia melihat hanya sekilas bayangannya saja. Sepertinya hantu termasuk jenis makhluk sosiopath yang tidak tertarik melakukan kontak dengan manusia. Itu artinya kita tidak perlu takut pada makhluk semacam ini.

2. Cukup tutup matamu jika memang kamu bertemu hantu

Teriak nggak karuan

Teriak nggak karuan via http://hantupedia.com

Salah satu alasan orang takut hantu adalah, ‘katanya’ wajah hantu itu menyeramkan. Jadi, solusinya cukup simple: cukup tutup matamu. Hantu tidak seperti hewan buas yang selalu ingin memangsamu. Tutup matamu, dan tidak lama kemudian hantu yang kamu lihat akan menghilang sendiri di hadapanmu.

3. Hantu punya banyak kelemahan

The jumping candy

The jumping candy via https://1.bp.blogspot.com

Advertisement

Pernah lihat suster ngesot yang tidak bisa berdiri? Atau pocong yang tidak bisa berlari? Dua jenis hantu itu sudah cukup mewakili kelemahan yang dimiliki oleh para hantu.

4. Kamu pasti menang kalau melawan hantu

Setan Vs Manusia

Setan Vs Manusia via https://tuswallpapersgratis.com

Hantu tidak sehebat seperti yang ditayangkan di film-film horor. Kalau suatu saat kamu harus berduel dengan hantu, kamu pasti menang.

5. Penampakan hantu adalah ilusi

Ini merupakan alasan yang paling realistis dari semua alasan yang telah saya kemukakan. Terdapat penjelasan ilmiah mengenai penampakan hantu yang ceritanya banyak beredar di masyarakat. Salah satunya adalah akibat kesalahan persepsi dari aktifitas otak manusia. Bisa jadi ketika pulang tengah malam, kamu tidak sengaja melihat kain putih yang diterbangkan angin hingga tersangkut di pohon. Dan kamu menganggapnya sebagai penampakan hantu. Keesokan harinya kamu menceritakan kejadian tersebut pada temanmu. Lalu beredarlah cerita tentang penampakan hantu dari cerita mulut ke mulut dengan ditambahkan sedikit bumbu-bumbu mistis, sehingga terlihat lebih meyakinkan. Tidak ada yang ingin mencari tahu atau peduli pada apa yang sebenarnya kamu lihat. Akibatnya keberadaan hantu pun mutlak dipercayai.

Advertisement

Untuk hal ini kamu bisa mencari tahu tentang pendapat para ilmuan terhadap fenomena hantu. Penjelasan ilmiah mengenai fenomena-fenomena mistis juga sudah cukup banyak dibahas, baik melalui blog-blog maupun buku. Jadi, untuk apa takut pada sesuatu yang tidak nyata?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya