Hai para pejuang diet!

Banyak sekali diantara kalian sudah merasa putus harapan nih untuk melanjutkan program diet kalian yang ga berhasil-berhasil. Sudah mengurangi porsi makan, sudah olahraga, tapi berat badan segitu-gitu aja atau bentuk badan masih gitu-gitu aja. Gimana sih biar program diet berhasil? Yuk simak tips agar program dietmu berhasil

1. Mencoba Mengerti Tubuhmu dan Tentukan Tujuan Dietmu

Kebiasaan makan malam

Kebiasaan makan malam via https://google.com

Sebelum kamu melakukan program diet, kamu harus mengerti tubuhmu sendiri. Dalam hal ini, kamu harus mengerti apa yang tubuhmu butuhkan, dan kriteria makanan apakah yang bisa membuat berat badanmu naik. Setiap orang punya kriteria yang berbeda loh gengs.

Contohnya ada sebagian orang yang gemuk karena mengkonsumsi protein, atau ada yang cepat gemuk karena makanan manis ataupun sebaliknya. Untuk itu ada baiknya kamu evaluasi dulu seperti apa kriteria makanan yang tubuhmu butuhkan agar program dietmu berhasil.

Advertisement

Selain itu, menentukan tujuan diet juga perlu loh gengs. Diet itu bukan hanya perkara menurunkan berat badan. Ada beberapa orang yang melakukan diet untuk mempertahankan berat badan maupun untuk membentuk tubuh agar lebih ideal. Karena berat badan turun juga belum tentu bentuk tubuhmu ideal. Jadi, apakah tujuan dari program dietmu?

2. Buat Motivasi Untuk Dirimu Sendiri

Kebiasaan makan malam

Kebiasaan makan malam via https://google.com

Nah tips yang kedua ini juga jadi kunci kesuksesan program dietmu nih.

Setelah kamu mengerti tubuhmu dan menentukan tujuan dietmu, waktunya kamu mengumpulkan motivasi untuk memulai program dietmu nih gengs. Motivasi ini juga harus diciptakan setiap hari agar setiap hari kamu selalu semangat untuk melakukan program dietmu ini.

Advertisement

Contohnya seminggu lagi kamu harus kencan dengan gebetanmu dan kamu ingin sedikit lebih fresh ketika waktu kencan itu tiba. Alhasil, kamu harus memulai pola hidup sehat dan diet untuk membatasi lemak yang masuk ketubuhmu agar terlihat lebih ideal. Lakukan itu setiap waktu agar kamu selalu semangat untuk menjalani program dietmu.

3. Pilih Program Diet yang Pas

how to diet

how to diet via https://google.com

Nah tips ini berkaitan dengan tips yang pertama gengs,

Kalo kamu sudah memahami tubuhmu, kamu akan mudah menentukan program diet yang pas untuk tubuhmu. Diet rendah kalori, Diet low carbo, Diet Mayo dll. itu semua bergantung sama apa yang tubuhmu butuhkan.Dengan memilih program diet yang pas, kamu gak akan merasa berat untuk menjalaninya.

Contohnya diet rendah kalori. Diet ini dilakukan dengan cara membatasi jumlah kalori yang masuk setiap hari. Jumlah standar kalori yang masuk untuk wanita adalah kurang lebih 1,500 kkal/hari dan untuk pria kurang lebih 2,000 kkal/hari. Nah, berdasarkan patokan itu, kamu harus bisa membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuhmu. Sebisa mungkin kalori yang masuk kurang dari kalori standar yang disarankan. Simpelnya kalori yang masuk harus lebih kecil dari kalori yang di bakar.

Jadi, apa sudah menentukan program dietmu sekarang?

4. Ini nih yang sering diremehkan. Olahraga!

Jenis olahraga yang wajib dilakukan

Jenis olahraga yang wajib dilakukan via http://google.com

Nah setelah kamu menetukan program dietmu dan mulai menjalankannya, jangan lupa untuk selalu olahraga gengs.

Kenapa sih harus olahraga?

Olahraga ini penting untuk membantu proses metabolisme pada tubuhmu gengs. Semakin cepat proses metabolisme semakin cepat pula tubuhmu dalam membakar kalori. Olahraga yang dilakukan pun tidak harus fitness loh, kamu bisa jogging atau body workout dirumah kalo kamu merasa malas untuk olahraga diluar. Kamu bisa lihat tutorial body workout di youtube.

Lakukan olahraga minimal 15 menit – 30 menit/hari untuk memaksimalkan kerja organ tubuhmu.

5. Jangan Mudah Tergoda

mengalihkan makanan

mengalihkan makanan via https://google.com

Setelah semuanya sudah kamu jalani, kamu benar-benar harus bisa mengontrol diri dari segala macam makanan yang pantang kamu makan. Kalo kamu sudah mulai tergoda, kamu harus mengingat lagi nih motivasi program dietmu untuk menekan godaan itu.

Apabila memang sudah tidak bisa ditahan, kamu boleh saja memakannya tapi hanya sekedar menyicip agar lidahmu tidak penasaran lagi gengs. Karena pada dasarnya keinginan memakan suatu makanan itu timbul karena adanya rasa penasaran pada indera perasa kamu.

Apabila sudah terlanjur dimakan, mau tidak mau kamu harus menambah porsi waktu olahraga mu untuk membuang kelebihan kalori yang kamu masukkan kedalam tubuhmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya