5 Rekomendasi Olahraga Untuk Tingkatkan Imun Saat di Rumah Saja

Yuk, olahraga agar tubuh sehat dan bebas dari virus corona!

Saat pandemi tentunya banyak orang khawatir dengan menurunnya imun tubuh yang menjadi salah satu penyebab virus corona masuk ke dalam tubuh. Ada banyak cara agar imun tubuh tetap stabil, salah satunya adalah dengan berolahraga. Walaupun saat ini banyak aktivitas yang harus dilakukan dari rumah, tentunya itu tidak menghalangi kita untuk berolahraga di rumah saja. Apalagi saat ini diperlukan untuk memakai masker kemanapun kita pergi, pastinya itu akan membuat napas menjadi sesak jika kita berolahraga di luar rumah.

Dilansir dari The Wall Street Journal, Direktur Medis New York Runners, dr. Stuart Weiss mengatakan bahwa saat  berlari dengan penutup wajah atau masker itu akan mengubah dinamika system pernapasan dan akan semakin berbahaya jika bahan masker tidak nyaman dan sesak.

“Akan lebih sulit untuk bernapas dan dapat memengaruhi efektivitas olahraga,” kata dr. Stuart Weiss.  

Dengan begitu, lebih baik berolahraga di rumah saja karena kita tidak perlu memakai masker yang justru akan membahayakan kesehatan. Nah, ternyata ada banyak jenis olahraga seru yang bisa kita lakukan di rumah saja lho! Mari simak beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah saja:

Advertisement

1. Menari, bisa menjadi olahraga yang sangat menyenangkan

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Saat kita menari bukan hanya kesehatan fisik saja yang didapat, namun juga hiburan. Dengan menari, Anda bisa menyalakan lagu favorit, melihat video menari untuk dicoba atau bahkan membuat video menari sendiri. Gerakan dari menari meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh sehingga menghasilkan keringat dan baik untuk tubuh. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan mental karena menari merupakan hal yang dapat menghibur suasana hati menjadi semangat dan gembira.

2. Yoga menjadi olahraga yang sangat baik untuk kesehatan mental

Photo by Healthline

Photo by Healthline via https://www.healthline.com

Yoga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah dan mudah untuk dipraktikan dengan melihat berbagai videonya di YouTube. Yoga tidak hanya dapat membakar lemak, tapi juga melibatkan meditasi. Manfaat yoga sangat banyak tentunya untuk kesehatan fisik, mencegah stres, membuat pikiran menjadi tenang dan menyehatkan mental. Jika kita terlalu khawatir dengan virus corona, justru akan membuat kesehatan mental menurun. Maka dari itu kita perlu menjaganya agar imun tubuh tetap stabil.

Advertisement

3. Olahraga kardio bisa kita lakukan minimal 20 menit perhari

Photo by Shutterstock

Photo by Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Waktu yang dianjurkan untuk rutin berolahraga kardio minimal 20-30 menit. Olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah ada berbagai cara, yaitu berjalan di halaman depan rumah, naik turun tangga, dan lompat tali.

4. Senam aerobik bisa Anda lakukan di rumah

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://www.pinterest.com

Salah satu senam aerobik yang bisa Anda lakukan di rumah adalah Zumba. Senam ini bisa dilakukan dengan melihat video tutorial dan bahkan bersama teman-teman melalui video conference. Zumba juga sangat efektif dilakukan saat pandemi  karena dapat dilakukan di dalam ruangan dan tentunya dalam segala kondisi cuaca.

5. Squat, Plank, Push Up, olahraga simpel yang bisa banyak bakar kalori

Photo by Theactivetimes

Photo by Theactivetimes via https://www.theactivetimes.com

Ketiga gerakan ini sangat mudah dilakukan dan Anda bisa  mendapatkan panduannya melalui video tutorial di YouTube. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari ketiga gerakan ini yaitu, melatih otot, menambah tinggi, membakar kalori,dan menguatkan stamina.
 
Itulah kelima rekomendasi olahraga menyenangkan yang dapat Anda lakukan di rumah saja. Meski saat ini banyak aktivitas yang dilakukan dari rumah, jangan sampai membuat kita bermalas-malasan untuk melakukan hal yang produktif ya. Salah satu nya dengan rajin berolahraga agar imunitas tetap stabil dan tubuh selalu dalam keadaan bugar. Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE