Tak terasa seiring bergulirnya waktu, usia negara tecinta kita telah mencapai angka 71 tahun. Sebagai anak bangsa ini, Indonesia selalu ada didalam hati dan jiwa kami. Disamping suasana yang penuh semangat dan sukacita ini, ada beberapa renungan yang mungkin dapat kita resapi untuk Indonesia yang lebih baik dimasa mendatang. Renungan ini terkait dengan sikap dan tindakan kita sehari-hari yang dapat membangun bangsa dan negara ini. Simak 7 sikap dan tindakan sederhana dalam poin-poin dibawah ini!

1. Cinta Tanah Air ( Patriotisme )

Aku Cinta Indonesia via http://www.centralparkjakarta.com

Sikap sederhana pertama yang dapat dikembangkan adalah cinta tanah air (patriotisme). Sebagai rakyat Indonesia yang baik, sudah sepatutnya kita mulai menanamkan rasa ini didalam hati. Sikap patriotisme ini dapat dimulai dengan mencintai kebudayaan negara kita, serta berusaha mengembangkan kebudayaan ke tingkat yang lebih baik. Selain itu, melakukan inovasi-inovasi dan karya-karya baru demi kebaikan negara Indonesia juga termasuk dalam poin sikap pertama ini.

2. Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain

Sikap kedua yang cukup sederhana dilakukan adalah menghargai diri sendiri dan orang lain. Setiap manusia tentunya ingin dihargai, termasuk diri kita masing-masing. Hendaknya, sekarang kita dapat memulai untuk mewujudkannya, dimulai dari diri sendiri hingga kepada orang lain disekitar kita. Apabila sikap ini ada pada setiap diri insan manusia, akan tercipta suasana damai, aman, dan tenteram. Maukah kita mencoba?

3. Tepat Janji

Advertisement

Sikap ketiga yang perlu dibentuk adalah tepat janji. Tatkala kita telah berani untuk berjanji, tentunya sudah sewajibnya kita mampu merealisasikan janji itu. Tepat janji ini mencakup 3 aspek, diantaranya tepat dalam waktu, tepat dalam perkataan, dan tepat dalam perbuatan. Jika setiap umat manusia dapat memegang teguh sikap ini, segala sesuatunya pasti akan berjalan dengan baik dan lancar. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan “Janji akan menjadi hal yang luar biasa apabila diucapkan dan dilakukan pada orang dan waktu yang tepat”. Sungguh luar biasa!

4. Ulet dan Tekun

Ulet dan Tekun adalah sebuah Kunci via http://www.lorianngarner.com

Sikap keempat yang juga sangat penting adalah ulet dan tekun. Individu yang sukses dan berhasil pastinya menjalankan sikap ini dalam kehidupan sehari-harinya. Kita tentu memiliki mimpi dan impian yang berbeda-beda satu sama lain, dan dalam mewujudkan hal itu dibutuhkan keuletan dan ketekunan dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang datang. Sikap sederhana ini selayaknya ditumbuhkan pada generasi-generasi muda yang dimana memegang peranan dalam meneruskan cita-cita luhur bangsa.

5. Bijaksana dan Dewasa

Sikap kelima yang harus diperhatikan adalah bijaksana dan dewasa. Sikap ini berkaitan erat dengan pola pikir dan tindakan kita ketika menghadapi sebuah pilihan. Bijaksana dan dewasa dari segi pemikiran dan perbuatan akan dapat menjadi modal penting bagi kemajuan seorang individu dalam hidupnya. Seorang yang bijaksana dan dewasa akan selalu dapat mengambil sebuah nilai positif dibalik setiap perihal yang ia temui. Ia akan melihat segala sesuatu yang datang padanya dari sudut pemikiran yang baik dan berguna baginya.

Bukankah sikap sederhana ini sangat mengagumkan jika dipunyai setiap orang?

6. Cinta Kasih Universal

Universal Love via http://3.bp.blogspot.com

Sikap keenam yang tak boleh terlewatkan adalah cinta kasih yang universal. Makna universal disini, adalah berlaku bagi seluruh makhluk hidup didunia, tanpa ada pengecualian dan pembagian. Kita sebagai manusia, dilahirkan memiliki cinta dan kasih didalam diri, dan akan jauh lebih baik apabila kita mampu membagikannya ke sesama makhluk hidup. Bayangkan apabila dunia ini dilingkupi dengan cinta kasih yang begitu besar, tentunya umat manusia akan merasakan kebahagiaan dan ketenangan dalam kehidupannya. Mari kita kembangkan sikap ini bersama!

7. Instropeksi Diri

Sikap terakhir yang dapat kita bentuk dalam diri adalah instropeksi diri. Instropeksi berkaitan dengan proses perbaikan dan evaluasi atas segala hal yang telah dilakukan pada suatu waktu. Banyak motivator-motivator terkenal mengajak kita untuk selalu instropeksi diri guna menjadikan diri ini lebih maju dan berkembang. Jikalau, setiap manusia dapat selalu memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ia buat, pastinya arah dan tujuan hidupnya akan jauh lebih bermakna dan berarti.

Bagaimana pendapat kalian setelah menyimak 7 sikap diatas, teman?

Terlepas dari 7 sikap tersebut, kita adalah sosok penting yang sangat dibutuhkan bangsa ini. Jangan sia-siakan kehadiran kita begitu saja tanpa memberikan arti dan makna bagi Negara kita tercinta, Indonesia. Diakhir cerita kecil ini, marilah kita perlahan-lahan mencoba mengembangkan 7 sikap sederhana ini agar Indonesia menjadi lebih baik.