Ada banyak kriteria tersendiri untuk mendapatkan seorang pengajar terbaik bagi anak anda. Anda pastinya tidak ingin salah menyewa jasa, apalagi kebanyakan waktu jasa tersebut bukan dengan anda sendiri namun anak anda. Dimana ia sedikit sekali memiliki otoritas dan alangkah baiknya jika anda melakukan seleksi yang tepat sehingga hasil yang diterima anak anda menjadi optimal. Berikut beberapa tips yang dikutip dari Preply supaya dapat memberikan anda masukan untuk mendapatkan tutor yang tepat bagi anak anda.

1. SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian via http://www.radarsemarang.com

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian sangatlah penting untuk menjadi persyaratan sebelum anda mengontraknya. Jika anda menyewa jasanya melalui perusahaan swasta, mereka seharusnya memiliki ini untuk memperkuat tingkat keamanan dan referensi mereka. Pastikan anda meminta ini saat berbicara dengan perusahaan jasa tutor pribadi.

2. Pengalaman dan pengetahuan tutor pribadi

Seorang tutor seharusnya memiliki setidaknya dua tahun pengalaman mengajar. Idealnya mereka adalah guru dari sekolah lokal atau universitas. Seorang guru bersertifikat menjadi kelebihan namun bukan keharusan, banyak guru bekerja selama lebih dari 20 tahun tanpa sertifikat keahlian namun mereka merupakan tutor berpengalaman dan terkadang lebih fleksibel dan mengerti lapangan dibandingkan dengan rekan mereka yang bersertifikat.

3. Pengetahuan tentang ujian dan kurikulum

Advertisement

Ujian Sekolah via http://www.kompasiana.com

Seluruh tutor harus memiliki pengetahuan mendalam tentang struktur ujian, pertanyaan-pertanyaan tipikal dan jawaban-jawaban kuunci. Ditambah pentingnya seorang tutor mengerti banyaknya ujian yang ada termasuk persiapan ulangan, kuis, ujian semester, ujian sekolah, ujian nasional sampai tes TOEFL dan IELTS.

4. Materi, persiapan ujian dan penilaian

Materi Belajar via https://www.hipwee.com

Sangat krusial bagi seorang tutor untuk memiliki contoh-contoh ujian yang cukup, metode penilaian yang tepat dan kata-kata kunci yang mampu menjawab pertanyaan dengan tepat. Sebuah peran penting yang harus tutor lakukan adalah, dimana beberapa sekolah tidak menghiraukan contoh-contoh soal tahun lalu. Anda tidak akan mampu mempelajari semuanya dengan singkat tanpa mengetahui apa target soal yang mungkin keluar. Contoh-contoh soal menjadi benar-benar penting agar dapat memprediksi soal yang mungkin keluar.

5. Nasehat dan komentar dari kemajuan belajar

Advertisement

Bimbingan Khusus via http://www.lifeofdad.com

Tutor harusnya memberikan murid komentar tentang pembelajaran mereka paling tidak seminggu sekali dan dua minggu sekali bagi orang tua murid. Ini dapat membantu mengeset target dan memastikan murid menyelesaikan tugas rumah mereka. Hal ini juga untuk membantu orang tua tenang tentang apa yang mereka dapatkan dari proses belajar antara anak dan pengajar.

6. Selera humor

Hal ini dapat menjadi salah satu tips yang terpenting. Pembelajaran dapat seperti yang kita tahu, membosankan. Dan menjadi tugas seorang tutor untuk dapat antusias dan benar-benar menikmati apa yang mereka ajarkan! Mereka yang menyatu dengan sang anak dan bekerja sama akan memberikan interaksi positif dan ketidak seganan bagi sang anak untuk bertanya dan bereaksi.

7. Bekerja dalam sebuah perusahaan

Guru Bersertifikat via http://www.kesekolah.com

Nasehat yang terpenting disini adalah seorang tutor seharusnya bekerja dibawah naungan perusahaan tutor pribadi yang legal. Mengapa? Pastinya untuk ketenangan pikiran anda, seorang tutor harus memiliki SKCK dan KTP yang dapat anda pegang selain orang perusahaan yang bertanggung jawab jika ada masalah. Juga perusahaan tutor pribadi yang anda pilih kelak harusnya membantu dan memberikan servis tutor tambahan. Juga sebaiknya ada orang lain yang menjawab setiap keluh kesah anda lewat telepon dan email.

8. Teknik ujian dan skill belajar

Manajemen Waktu via http://pengertianmanajemen.net

Seorang tutor dan pastinya perusahaan tutor privat seharusnya membantu murid-murid mereka dengan tambahan skill belajar dan bantuan pendidikan. Hal ini dapat berupa buku jurnal dan diary tugas belajar mereka untuk membantu anak-anak dyslexic menyadari potensi mereka dengan memberikan teknik yang dapat benar-benar membantu mereka menggunakan kekuatan yang mereka miliki.