Penyakit Jantung adalah kondisi dimana saat pasokan darah menuju jantung mengalami penghambatan di pembuluh darah.  Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penumpukan lemak, penggumpalan darah dan lain-lain. Biasanya yang mengalami penyakit jantung mendadak adalah orang dewasa karena kurangnya menjaga pola hidup. Berikut adalah cara menghindari penyakit jantung:

1. Makanan yang bergizi

makanan sehat via http://sehatsegarbugar.com

Makanan bergizi adalah makanan yang mempunyai 3 kegunaan yaitu sebagai zat pembangun( membuat tubuh menjadi berkembang), zat tenaga(membuat tubuh memiliki tenaga untuk beraktifitas), zat pengatur(membuat tubuh melaksanakan tugasnya dengan baik dan teratur). Contoh makanan yang bergizi adalah nasi, ubi, roti, ikan, ayam, tahu, susu,telor, tempe, sayur-sayuran, buah-buahan dan lain-lain. Kurangi makanan cepat saji karena mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Selain bergizi, anda harus makan dengan teratur agar anda bisa beraktifitas dengan lancar. Mulailah perhatikan pola makan anda sekarang karena akan berdampak di masa depan, penyakit bisa datang kapan saja.

2. Rajin berolahraga

Sebagian besar, orang malas berolahraga karena malas dan sibuk bekerja. Padahal salah satu manfaat olahraga adalah memacu jantung agar memompa lebih baik lagi. Salah satu olahraga yang paling mudah adalah jalan kaki di pagi hari karena sinar matahari pagi sangat sehat untuk tubuh. Luangkanlah waktu anda untuk berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu agar dapat mencegah penyakit dan membuat tubuh lebih kebal terhadap semua penyakit.

3. Tidak Merokok

Advertisement

tidak merokok via http://dokita.co

Di Indonesia banyak sekali yang merokok dari usia tua bahkan sampai usia muda seperti anak-anak sudah mulai merokok. Hal itu dikarenakan lingkungannya yang banyak merokok sehingga membuatnya mencoba sampai menjadi kecanduan.Padahal, asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia diantaranya mengandung racun dan bisa menyebabkan kanker. Hindarilah merokok karena rokok tidak hanya berdampak kepada perokok aktif saja tetapi perokok pasif juga. Hal itu disebabkan karena asapnya yang bisa menyebar ke sekitar si perokok aktif.

4. Tidak stres

Stres adalah suatu kondisi dimana anda tidak bisa mengatasi beban atau tuntutan. Setiap orang pasti pernah mengalami stres karena tugas sekolah, pekerjaan, dan lain-lain. Stres bisa berakibat tekanan darah tinggi, kurangnya selera makan, meningkatkan detak jantung dan memicu serangan jantung. Jika anda sedang mengalami stres sebaiknya andaberibadah, istirahat sejenak, dan yang paling penting adalah mengatasi pemicu stres tersebut.

5. Membersihkan gigi secara teratur

membersihkan gigi sampai dalam via https://kesehatangigi.blogspot.co.id

Menurut penelitian yang tercantum jurnal internasional kedokteran gigi bulan September 2012 lalu, disebutkan ada hubungan antara peradangan jaringan pendukung gigi (periodontitis) dengan penyakit jantung. Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada pasien yang menderita periodontitis,ternyata juga memiliki mediator radang yang ada pada penyakit jantung. Oleh karena itu, jaga gigi anda dengan menyikat gigi secara teratur, membersihkan gigi dengan benang gigi, dan periksalah ke dokter gigi ketika anda mengalami masalah pada gigi.

Referensi:

http://www.alodokter.com/serangan-jantung

http://ilmugreen.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-dan-contoh-makanan-bergizi.html

http://www.akuinginsukses.com/10-fakta-tentang-manfaat-berolahraga/

https://id.wikipedia.org/wiki/Stres

http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/02/sakit-gigi-seperti-apa-yang-mengancam-jantung