Diet Gagal Melulu, Coba Ingat-ingat Kembali Kebiasaan Anda Sehari-hari

Diet dan olahraga merupakan dua kata yang tak bisa dipisahkan dalam gaung gaya hidup sehat. Jika hanya dilakukan salah satunya, otomatis segala hal yang dilakukan kurang maksimal. Idealnya, untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal, Anda harus memenuhi kebutuhan 80 % Nutrisi dan 20% olahraga. Bayangkan ketika salah satunya dihilangkan, alih-alih menginginkan hidup sehat, tubuh yang ideal pun hanya menjadi mimpi di siang bolong.

Namun ketika telah mengadopsi keduanya dalam keseharian, ada baiknya anda menghindari beberapa kebiasaan yang sering terjadi dalam keseharian Anda. Kadang kita tak sadar terkait kebiasaan kita sehari-hari dapat berdampak kepada hasil latihan yang tak sesuai harapan. Latihan telah maksimal, namun hasil jauh dari kata memuaskan. Tak perlu bersedih, coba ingat-ingat kembali dari banyaknya kebiasaan gaya hidup modern Anda, beberapa diantaranya ada yang menghambat keinginan Anda. Mendalami hal tersebut, cukup simak beberapa diantaranya.

1. Abaikan si dia masih mendingan dibanding mengabaikan waktu jam makan

Advertisement

Banyak yang beranggapan melewatkan waktu makan baik pada sarapan pagi maupun makan malam adalah cara baik untuk mengurangi asupan kalori. Justru hal itulah yang menjadi penyebab latihan fisik yang selalu dilakukan dalam kurun waktu sebelumnya tak mampu memperoleh hasil yang maksimal.

Kenapa? Karena melewatkan waktu makan membuat tubuh jadi kelaparan yang justru membuat metabolisme melambat. Akibatnya kita cenderung melampiaskan rasa lapar sesudah waktu makan terlewatkan.

2. Meski dengan berat hati, cobalah mengganti makanan favorit anda

ganti makanan favorit via http://thehealthiesthabits.com

Soto ayam, rawon, tongseng, dan lainnya yang mengandung minyak (lemak) berlebihan selalu menjadi idola bagi sebagian orang ketika makan siang. Rasa yang nikmat dipadu dengan harga yang murah menjadi landasan makanan tersebut dianugrahi gelar favorit dari ragam makanan yang ada.

Advertisement

Cara yang baik untuk mengurangi asupan kalori adalah dengan menerapkan pola makan lebih sehat. Caranya, coba sejenak ganti makanan favorit Anda dengan yang lebih sehat, kaya serat dan protein tentunya. Makanan seperti inilah yang menjadi kendaraan Anda untuk memperoleh angka ajaib ketika menimbang berat badan di timbangan.

3. Jangan hanya berolahraga, hiduplah selangkah lebih maju dengan mulai menghitung kalori dari makanan yang masuk ke tubuh

hitung kalori yuk via http://marinecaterine.com

Benar sekali, olahraga merupakan bagian penting dalam proses penurunan berat badan, tetapi bukan berarti setelah berolahraga kita menjadi bebas memilih ragam menu makan yang tersedia di restoran.

Coba hitung kembali kalori Anda konsumsi, semisal anda menghabiskan waktu berkencan dengan treadmill saja selama 30 menit dengan kecepatan 10 menit per 1,6 km membakar sekitar 270 kalori. Makan nasi goreng saja bisa berkontribusi menyubang kalori sebanyak 570 kal, apalagi ditambah dengan ngemil mie ayam yang memiliki kalori sebanyak 421 kal, belum pula menghabiskan lemon tea dengan kalori 140-200 kal. Jadi pertanyaannya Anda siapkan membakar kalori sebanyak itu?

4. Ngemil boleh saja, namun ngemilnya makanan yang sehat ya, jangan ngemil martabak manis seloyang

Advertisement

jangan asal ngemil via http://breastfeedingbasics.com

Beberapa orang pernah datang dan memberikan sebuah saran agar berhenti makan pada diatas jam 7 malam agar berat badan tak naik. Sejatinya makanan yang disantap malam hari tak serta merta akan disimpan sebagai lemak.

Jam tertentu dalam berhenti makan tentu tak ada hubungannya dengan berat badan naik atau turun. Sedikit berpikir keluar dari kerangka berpikir orang banyak. Boleh saja makan dimalam hari, namun harus bijak, pilihlah makanan sehat yang kaya serat (buah-buahan & sayuran segar).

5. Meski keinginan anda untuk diet kuat, cepatlah berubah, kalau tidak malah penyakit yang datang

cepatlah berubah via http://humorbendol.com

Cepatlah berbenah, sudah saatnya anda mengkonsumsi makanan sehat & bergizi seimbang. Stop konsumsi minuman berakohol dan merokok. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya anti-oksidan. Anti oksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sebagai tambahan, segelas nutrisi setiap pagi hari, dapat menjadi penunjang yang baik untuk mulai merealisasikan mimpi aktif dalam gaya hidup sehat.

Saat mendapatkan tubuh ideal wajib siap mental, pujian-pujian dan lirikan-lirikan akan berdatangan menghampiri Anda, so… jangan ragu untuk murah berbagi senyum.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Primavit adalah komunitas yang bertujuan untuk membangun dengan melakukan manajemen efektif pada kegiatan-kegiatan gaya hidup sehat (kususnya olahraga) guna hasil maksimal.

CLOSE