Dalam mendesain ruang kerja di dalam rumah tentunya akan terdapat berbagai elemen yang harus dimiliki dan juga dijadikan acuan untuk ruang kerja. Baik dari segi ruang, penataan furniture, hingga suasana ruangan akan mempengaruhi kinerja dalam bekerja di dalam rumah.

Tentunya ruangan tidak boleh terlalu santai ataupun terlalu tegang. Suasana kondusif yang dihadirkan harus menjadikan ruang kerja sebagai tempat yang produktif. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruang kerja yang berada di dalam rumah.

1. Memilih Ruang yang Pas di dalam Rumah

ruang kerja santai

ruang kerja santai via https://www.zillow.com

Ketika baru memulai sebuah usaha dari rumah, tentunya ruang kerja menjadi salah satu hal yang dibutuhkan. Menentukan ruang atau area yang dapat dijadikan ruang kerja tentunya penuh dengan pertimbangan. Bukan sekedar adanya ruang yang lapang saja, namun juga nyaman dan juga tidak menghalangi sirkulasi di dalam rumah. Ruangan ini juga harus dapat diakses secara publik karena adanya klien atau partner yang datang ke tempat anda.

2. Layout Ruang

layout ruang nyaman

layout ruang nyaman via https://www.nytimes.com

Advertisement

Layout ruang kerja juga harus diperhatikan agar tetap nyaman dan juga rapi. Tentunya di dalam ruang kerja terdapat berbagai macam ukuran dan tipe furniture yang perlu ditata dengan baik. Setelah menentukan gambaran ruangan dan furniture yang dibutuhkan barulah anda dapat memilih dan membeli furniture urnuk melengkapi ruangan. Sirkulasi di dalam ruangan juga sangat penting hindari perletakkan furniture yang tidak sesuai atau mengganggu area ruang kerja.

3. Furniture di dalam Ruang Kerja

furniture nyaman

furniture nyaman via http://sipfon.org

Berbagai macam furniture yang dibutuhkan di dalam ruangan seperti meja, kursi, rak buku ataupun berbagai perlengkapan lainnya tentu sudah diperkirakan ukuran yang diinginkan sesuai dengan layout ruangnya. Namun untuk membeli furniture yang dibutuhkan, juga harus mempertimbangkan tujuan dan juga fungsinya.

Seperti halnya membeli kursi, furniture tersebut haruslah nyaman untuk pengguna. Jadi tidak sekedar estetika saja namun juga membuat penggunanya lebih rileks di dalam ruang kerja. Sesuaikan pula dengan meja kerja baik dari tinggi atau lebarnya. Begitu pula dengan berbagai perlengkapan lainnya.

4. Dekorasi Ruangan

dekorasi dalam ruang kerja

dekorasi dalam ruang kerja via https://www.nytimes.com

Advertisement

Pertimbangan lainnya yang harus diperhatikan adalah warna dari ruang kerja ataupun dekorasi untuk membuat ruangan terasa lebih segar dan nyaman. Berilah dekorasi yang serasi dengan ruang lainnya di dalam rumah. Pilihlah warna cat dinding atau pola wallpaper yang menambahkan mood anda dalam bekerja.

5. Jendela pada Ruangan

Jendela dekat meja kerja

Jendela dekat meja kerja via https://www.ingriddanvers.com

Akan sangat baik jika ruang kerjamu memiliki jendela dengan pemandangan alam keluarnya. Adanya pemandangan alam tentu akan menambahkan kesan segar di ruangan. Ketika jenuh dengan kerjaan pun, pemandangan di luar juga akan menaikan mood dan membuat mata terasa lebih nyaman setelah seharian melihat ke arah komputer. J

ika ruangan kerja tertutup, sentuhan lukisan ataupun hiasan di dinding dapat digantungkan sehingga menambah semangat kerja anda.

6. Area Penyimpanan yang Rapi

rak penyimpanan

rak penyimpanan via http://t66ydh.info

Banyaknya dokumen dan surat yang penting tentunya menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Dokumen tersebut haruslah disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan juga rapi di dalam ruangan. Selain memberikan kesan yang baik pada ruang kerja, juga akan mempermudah mencari dan menyimpan barang. Area penyimpanan ini sendiri dapat berupa almari, rak, ataupun berbagai furniture lainnya.

7. Pencahayaan dalam Ruang Kerja

ruang kerja terang

ruang kerja terang via https://blog.bestbuy.ca

Baik pencahayaan alami maupun buatan menjadi hal yang penting di dalam ruang kerja. Bekerja memerlukan suasana yang kondusif seperti halnya penerangan. Penerangan yang nyaman untuk mata sehingga tidak membuat sakit mata saat bekerja sangatlah dibutuhkan. Hal ini dikarenakan bekerja di dalam ruang kerja rumah dapat dilakukan kapanpun dari pagi hingga malam hari. Pencahayaan yang salah dapat menyebabkan mata lelah saat bekerja.

sumber: www.furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya