Pendidikan di atas segala-galanya, dengan pendidikan yang baik seseorang bisa memperoleh pekerjaan layak dan hidup berkecukupan. Jika ingin masa depanmu cerah silakan berusaha keras sedari mungkin agar saat dewasa kamu bisa mulai menikmati apa yang sudah diusahakan. Tahukah kamu jika di Indonesia terdapat banyak universitas/Perguruan Tinggi dengan kualitas jempolan. So, ngapain pergi ke luar negeri kalau di negera sendiri saja kamu bisa mendapatkan pendidikan super keren dengan fasilitas paling oke.

Lalu mana saja universitas terbaik di Indonesia yang layak untuk kamu pilih?

1. UI – Universitas Indonesia

Universitas Indonesia via https://www.google.com

Dimanapun di dunia ini, universitas terbaiknya selalu terletak di Ibu kota negera itu. Demikian halnya dengan Indonesia, kita punya Universitas Indonesia di posisi teratas universitas terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini diketahui sebagai salah satu yang termoderen, paling komprehensif dalam semua bidang dan terbuka, selain itu cakupan ilmunya relatif luas dan beragam. Dalam sebuah survey di tahun 2008 oleh Globe Asia, UI dikelompokkan sebagai Universitas dengan pertingkat 1 dari semua universitas yang ada di Indonesia. Tak hanya menurut lembaga survey luar, dalam poling yang dilakukan oleh Majalah Tempo di tahun 2004, UI dikategorikan sebagai Universitas yang menghasilkan lulusan dengan kualifikasi, kualitas, dan citra terbaik di Indonesia.

2. ITB – Institut Teknologi Bandung

Siapapun tahu jika Presiden Sukarno adalah lulusan dari ITB. Dengan kualitas mumpuni, ITB menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang berkiprah dalam kepemimpinan nasional. Jadi tidak mengherankan jika ITB ada di urutan ke II dalam daftar universitas terbaik di negara ini. Tengok saja 9 program studi di ITB yang telah diberi akreditasi berkelas internasional dari ABET (Accreditation Board of Engineering and Technology) antara lain : Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Kelautan, Prodi Teknik Fisika, Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Perminyakan, dan Prodi Teknik Sipil. Tak hanya itu, sebagai universitas unggulan di Indonesia, ITB terhitung selektif dalam menyeleksi calon-calon mahasiswanya. Tak terhitung banyaknya lulusan ITB yang menjabat sebagai menteri negara. ITB memang menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi.

3. UGM – Universitas Gajah Mada

Advertisement

Universitas Gajah Mada yang sudah berusia 66 tahun adalah kampus negeri yang berkualitas dan berakreditasi. Banyak muda-mudi kita yang bermimpi untuk bisa kuliah di UGM. Tak hanya pelajar Indonesia saja yang mengincar kampus ini, banyak juga orang asing ingin menempuh pendidikan tingginya di sini. Menurut Timer Higher Education-QS World University tahun 2009, UGM menempati peringkat ke 250 dari Universitas terbaik di seluruh dunia, Peringkat 1 Terbaik Versi AIP BAN-PT tahun 2014 dan Peringkat 5 Universitas Terbaik di Asia Tenggara menurut Webometrics di tahun 2014. UGM adalah universitas terbaik kebanggaan Indonesia.

4. UNDIP – Universitas Dipenogoro

UNDIP lokasinya ada di Semarang, Jawa Tengah. Termasuk salah satu universitas paling baik di Indonesia dan dunia. UNDIP pada mulanya didirikan sebagai universitas swasta tetapi statusnya ditingkatkan menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri). UNDIP mendapat akreditasi A dengan skor 361 oleh BAN PT dengan masa berlaku dari 2013 sampai 2018. Beberapa nama terkenal yang sempat menempuh pendidikan tinggi di UNDIP antara lain Robert Budi Hartono (CEO PT Djarum), Imam Budi Sarjito (Direktur BNI), kemudian Soekarwo (Gubernur Jatim periode 2009 sampai 2014). Mereka semua tercatat sebagai mahasiswa UNDIP dan statusnya sudah menjadi Alumni.

5. UNRI – Universitas Riau

Kamu tak bisa disalahkan jika baru kali ini mendengar nama Universitas Riau (UNRI) tapi sebaiknya kamu tahu bahwa UNRI termasuk salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang menduduki peringkat 5 versi Webometrics. UNRI selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan-lulusan intelek yang berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi, sosial, dan intelektual demi kemajuan bangsa. UNRI sering terlibat dalam proyek-proyek masyarakat yang dilakukan dengan pembiayaan dari pemerintah maupun melalui kerjasama dengan pihak swasta.

6. UB – Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya ada di urutan ke 6 dengan jumlah mahasiswa aktif yang tercatat sebanyak 50.000 orang. Kalau kamu kuliah di sini kamu bisa bertemu dengan banyak mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara seperti Timor Leste, Libia, Korea Selatan, Amerika, hingga Palestina, karena di sini dibuka kelas internasional yang pembukaannya dilakukan via jalur seleksi mandiri. Menurut THES, Universitas Brawijaya ada di peringkat 500 dunia bersama 7 Universitas Negeri lainnya. Tapi menurut Ditjen Dikti, UB tercatat ada di peringkat ke 3 Universitas terbaik di Indonesia.

7. IPB – Institut Pertanian Bogor

IPB adalah perguruan tinggi pertanian yang masih tergabung ke dalam Universitas Indonesia tapi kemudian terlepas dan berdiri sendiri pada tahun 1963. Tercatat ada 11 fakultas yang berada di bawah naungan IPS yaitu Fakultas Ekologi Manusia, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Peternakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Pertanian, belum termasuk Program Diploma dan Sekolah Pascasarjana. Tercatat beberapa nama penting yang pernah menempuh pendidikan di sini antara lain Susilo Bambang Yudhoyono (Mantan Presiden RI), Adhyaksa Daud (Menteri Pemuda dan Olahraga RI masa jabatan 2004 – 2009), dan Bungaran Saragih (Menteri Pertanian RI masa jabatan 2001 – 2004).

8. UNPAD – Universitas Padjadjaran

Bandung memang terkenal dengan iklim pendidikannya yang kondusif, UNPAD terletak di Bandung dan membawahi beberapa fakultas seperti Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas llmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Ekonomi.

Lumayan banyak bukan? UNPAD adalah universitas terbaik yang berakreditasi A menurut SK BAN PT dengan kategori penilaian menurut prestasi mahasiswa dan dosen. Salah satu kelebihan dari perguruan tinggi ini adalah perolehan HaKI (Hak Kekayaan Interlektual) yang berjumlah ratusan. Hak paten yang dihasilkan oleh UNPAD tercatat mencapai 37 buah dengan 155 lainnya merupakan hak cipta.

Banyak sekali Universitas terbaik di Indonesia yang menunggu kamu untuk menempuh pendidikan di sana. Pastikan agar kamu menekuni satu bidang ilmu, setelah itu kembangkan dan nanti dalami di Perguruan tinggi pilihanmu oke.