Kamu berencana pergi ke London? Selalu ingat 10 hal ini saat kamu nanti berada di London.

Sebagai turis atau orang asing yang sedang berada di negara orang, tentunya kita harus menyesuaikan adat atau kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh warga lokal negara tersebut. Karena kalau sampai salah bertingkah laku, bisa-bisa kita bisa diusir dari negara tersebut.

Ngeri kan…

Nah, buat kamu yang berencana ingin bepergian ke London, United Kingdom berikut ini ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan dan jangan lakukan hal-hal ini saat kamu sudah sampai di London nanti ya..

1. Jaga Kesopanan Kapanpun Saat Kamu Berada di London

Saat berada di London

Saat berada di London via https://secretldn.com

Orang-orang London terkenal dengan sopan santunnya yang tinggi. Saat di sana nanti kalau kamu sedang berbicara dengan orang London, jangan lupa selalu say ‘thank you’, say ‘sorry’, and ‘please’ ya… Oh iya, jangan sekali-kali kamu menyerobot antrian karena sesibuk apapun mengantri sudah menjadi budaya bagi orang London, di manapun mereka sedang berada.

2. Jangan sekali-kali tanya arah jalan apalagi minta tolong ambil foto pada orang London

Lebih baik buka dan baca peta

Lebih baik buka dan baca peta via https://www.city.ac.uk

Menanyakan arah jalan atau minta tolong orang London untuk mengambil foto pada orang London sama saja dengan mengganggu mereka. Orang London itu adalah orang-orang sibuk. Mereka tidak suka mengorbankan waktu untuk orang lain. Bagi mereka sama saja dengan membuang waktu.

Advertisement

Kalau kamu ingin bertanya arah jalan tanyalah ke petugas setempat seperti satpam atau penjaga pintu kereta. Sebenarnya orang-orang London yang ada di jalan itu tahu arah jalan dan jalur-jalur yang kamu ingin tanyakan, tapi mereka hanya tidak mempunyai waktu untuk menjelaskannya padamu.

3. Jangan sekali-kali kamu terlambat

Bagi orang London,

Bagi orang London, via http://www.independent.co.uk

Kalau kamu punya janji atau sudah reservasi meja untuk makan di suatu restoran, jangan sampai kamu datang terlambat. Bagi orang London, membiarkan orang lain menunggu hanya untukmu adalah sesuatu yang buruk. So, please be on time ya!

4. Berdirilah di sebelah kanan eskalator

Kalau sedang berada di eskalator

Kalau sedang berada di eskalator via https://www.nytimes.com

Saat berada di stasiun London, kamu akan sering menjumpai eskalator. Nah, peraturan nomor satu yang harus ditaati saat berada di stasiun salah satunya adalah jika sedang berada di eskalator dan kamu hanya berdiri, kamu wajib berada pada sisi sebelah kanan eskalator. Sedangkan sisi sebelah kiri adalah jalur untuk orang yang ingin berjalan.

Advertisement

Sebenarnya sudah ada tulisan atau keterangan untuk berdiri di sebelah kanan, namun seringkali tidak semua orang memperdulikannya terutama turis. Nah, kalau sedang berada di eskalator di kota London kamu wajib berdiri di sisi sebelah kanan.

5. Siapkan oyster card kapanpun saat berada di London

Selalu siapkan oyster card

Selalu siapkan oyster card via https://tfl.gov.uk

Masih ada hubungannya dengan mengantre, selalu siapkan oyster card terutama jika kamu sedang berada di antrian saat mau masuk ke dalam kereta. Jika saat kereta datang dan kamu termasuk di antrean depan dan kamu belum menyiapkan oyster car, siap-siap kamu akan disemprot orang-orang di sekitarmu.

6. Selalu berikan tempat duduk untuk orang yang lebih membutuhkan

Jika kamu sedang duduk

Jika kamu sedang duduk via http://www.sickchirpse.com

Jika kau sedang duduk dan melihat ada orang tua atau orang hamil, langsung berikan tempat dudukmu untuk mereka. Jangan malah pura-pura tidak melihat lalu menunduk. Berdiri dan persilahkan mereka untuk duduk di tempat dudukmu.

7. Jangan bawa koper atau tas ransel saat jam-jam sibuk

Orang-orang berdesak-desakan

Orang-orang berdesak-desakan via http://www.teekhimirchi.in

Cek dan selalu ingat-ingat jam-jam sibuk saat di London. Saat di jam-jam sibuk tersebut, hindari membawa koper atau ransel terutama saat kamu sedang berada di kereta atau stasiun. Di jam-jam dan tempat sesibuk itu situasinya akan sangat padat. Orang-orang berdesak-desakan di dalam maupun di luar kereta. Mereka (orang London) tidak akan menegurmu karena ransel atau kopermu itu, tapi mereka menyimpan rasa kesal dalam diam mereka.

8. Jangan tiba-tiba berhenti di tengah-tengah trotoar

Saat berada di trotoar yang sibuk dan penuh dengan pejalan kaki, usahakan kamu mengalah untuk menepi saja ke tempat yang tidak terlalu banyak dilalui orang. Dengan menepi, kamu jadi tidak akan mengganggu pejalan kaki lainnya yang sedang terburu-buru. Saat melihat ada orang berjalan cepat, kamu juga harus menyamakan ritme jalan mereka bukan malah jadi berjalan pelan di depan mereka.

9. Jangan berbicara keras saat berada di dalam kereta

Simpan obrolanmu

Simpan obrolanmu via http://www.dailymail.co.uk

Saat berada di dalam tube atau kereta di London, usahakan jangan berbicara dengan volume yang tinggi sekalipun kamu sedang menerima telepon. Walaupun terlihat diam atau acuh, orang-orang di dalam kereta akan merasa tidak nyaman saat mendengar percakapanmu yang terlalu keras itu. Simpan obrolanmu itu dan lanjutkan nanti saat sudah keluar dari kereta.

10. Jangan lakukan kontak mata

Jangan lakukan kontak mata

Jangan lakukan kontak mata via http://uk.businessinsider.com

Sudah sepantasnya kamu sebagai turis mengikuti dan menghormati budaya dimana kamu sedang berada. Salah satu budaya yang harus kamu ikuti saat berada di London adalah jangan lakukan kontak mata dengan orang-orang terutama saat berada di dalam kereta. Bukannya tidak bersahabat, hanya saja mereka memang merasa tidak nyaman jika ada yang sampai melakukan kontak mata dengan mereka.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus kamu perhatikan dan ingat-ingat saat berada di London. Jangan sampai terlupa dan melakukannya ya. Kalau masih nekat melakukannya, bisa-bisa kamu dicibir warga London dan dicap tidak baik. Sampai jumpa di London!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya