Rambut merupakan mahkota yang dimiliki setiap orang, bukan cuma bagi wanita, akan tetapi juga bagi kaum lelaki. Dengan rambut yang sehat dan terawat akan mendukung penampilan Kamu dan menambah rasa percaya diri seseorang. Tapi sayangnya, berbagai masalah kerusakan rambut sering dialami oleh sebagian orang seperti: rambut rontok, rambut berketombe, rambut bercabang, rambut botak, sampai rambut beruban di usia muda.

Semua masalah tersebut harus segera ditangani dengan cepat dan tepat, agar kerusakan rambut tidak semakin kritis. Perawatan rambut pun membutuhkan ketelatenan dan keteraturan. Selain permasalahan rambut bercabang, kerontokan rambut juga menjadi salah satu problema yang kerap dialami para wanita ataupun pria. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab rambut rontok seperti; perubahan hormon, penggunaan bahan kimia, alat penata rambut, stres, dan mengkonsumsi berbagai obat-obatan yang menyebabkan kerontokan rambut. Berikut ulasanya!

1. Pingin punya rambut sehat, hindari makanan berminyak

Gorengan

Gorengan via https://svmetro.com

Makan makanan berminyak misalnya gorengan menyebabkan masalah kerontokan rambut. Kandungan lemak trans pada makanan yang digoreng sangatlah tinggi sehingga mampu menjadikan keseimbangan hormon terganggu dan justru malah membuat kekuatan rambut menjadi lemah yang memicu pada kerontokan. Selain itu gorengan juga bisa menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat.

2. Hindari penggunaan alat perawatan rambut elektrik

Penggunaan Catok Rambut

Penggunaan Catok Rambut via https://svmetro.com

Hindari mencatok rambut pada keadaan rambut basah. Tunggulah beberapa saat hingga keadaan rambut kamu benar-benar kering. Apalagi sampai mengeluarkan uap, suara mendesis. Mencatok rambut pada saat basah menghilangkan kelembaban alami rambut atau folikel rambut dan membuat rambut rusak.

3. Hindari penggunaan obat-obatan medis yang berbahaya

obat medis dan antibiotik

obat medis dan antibiotik via https://ibu-hamil.id

Advertisement

Mengkonsumsi obat-obatan medis juga menyebabkan berbagai masalah pada rambut termasuk rambut rontok. Berbagai obat yang dapat membuat kerontokan pada rambut diantaranya ialah obat kemoterapi, antidepresan, psoriasis, dan Pil KB.



  • Obat Kemoterapi

    Obat kemoterapi merupakan antibiotik yang dapat memicu timbulnya kerontokan rambut. Secara medis obat ini bekerja efektif membunuh sel kanker. Namun dibalik keampuhan obat ini mengatasi sel kanker, obat ini memiliki efek samping menyerang jaringan lain seperti folikel rambut. Pasien akan mulai kehilangan rambut sekitar 2–3 minggu setelah pengobatan.




  • Antidepresan

    Advertisement

    Obat ini juga memiliki efek samping terhadap kerontokan rambut. Fuoxetine atau Prozac adalah antidepresan yang paling sering menyebabkan rambut rontok. Selain itu ada juga efek yang sama pada antidepresan yang trisiklik, termasuk imipramine, amitriptyline dan doxepin. Pasien tidak perlu panik, karena rambut mereka akan tumbuh lagi.




  • Obat Psoriasis

    Obat ini mengganggu struktur folikel rambut, yang menghasilkan pigmen melamin dan tekstur rambut. Rambut akan kembali ke bentuk aslinya ketika pengobatan berakhir.




  • Pil KB

    Banyak ibu rumah tangga mengalami kerontokan rambut setelah berhenti minum pil KB setelah konsumsi jangka panjang. Secara teori, pil kontrasepsi oral berbasis progesteron, mengandung senyawa yang disebut anti-androgen. Senyawa ini mengurangi risiko rambut rontok pada wanita yang rentan. Tapi, ketika wanita tersebut berhenti minum pil KB, terjadi rambut rontok atau makin memburuk.



4. Hindari berbagai hal yang bikin kamu stres

Hindari Stres

Hindari Stres via https://svmetro.com

Stres merupakan faktor penyebab utama rambut menjadi mudah rontok. Ketika seseorang mengalami stres berat, folikel rambut menjadi prematur dan diikuti dengan kerontokan rambut. Tubuh yang mengalami stres akan mengalihkan semua sumber dayanya untuk aktivitas yang diperlukan, ini berarti kurangnya perhatian kepada pertumbuhan dan pemeliharaan rambut, tidak heran jika Kamu mengalami kerontokan.

Hindari stres dan kelelahan karena keduanya akan mengakibatkan kerontokan rambut semakin parah. Cara mengatasi stres yang paling gampang ialah melakukan istirahat yang cukup, berbagai macam relaksasi seperti dengan yoga, pijat, musik, membaca, dan melatih pikiran positif.

5. Malnutrisi atau kekurangan nutrisi

Nutrisi Seimbang

Nutrisi Seimbang via https://svmetro.com

Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh atau malnutrisi ternyata juga menjadi faktor yang menyebabkan rambut mudah rontok. Sel-sel folikel rambut dan kulit kepala tentunya memerlukan suplai nutrisi yang cukup agar mereka dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Kerontokan rambut pada umumnya disebabkan karena kurang asupan protein, vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Dalam setiap proses pertumbuhan, tubuh manusia membutuhkan bantuan protein, demikian juga dalam pertumbuhan rambut.

Sebanyak 97 persen struktur rambut adalah protein, kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok dan mudah patah. Untuk memenuhi kebutuhan harian protein kamu, konsumsilah minimal 100 gr protein per hari, yang bisa kamu dapat dari menu makanan sehari-hari seperti daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, mentega, dan lainnya.

Mengatasi rambut rontok memang membutuhkan kesabaran. Namun dengan melakukan perawatan secara alami maka hasilnya pun bisa lebih maksimal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya