Bagi umat muslim, ibadah puasa di bulan Ramadan adalah suatu kewajiban. Bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menjaga perbuatan baik untuk menambah pahala. 
Nah, di bulan puasa ini jika kamu melakukan hal-hal baik makan ganjaran pahalanya akan dilipatkan. Oleh sebab itu, pada saat puasa janganlah kamu bermalas-malasan dan tetaplah menjalni kegiatan seperti biasanya.

Kalau kamu merasa mudah lelah, letih, lesu, mungkin ada hal-hal sederhana yang kamu abaikan, Nah, biar stamina tubuhmu tetap terjaga dan bisa dengan normal menjalani aktivitas seperti biasa di bulan Ramadan, berikut ada 5 hal yang  bisa kamu lakukan.

1. Perbanyak minum air putih saat sahur

Minum Air Putih

Minum Air Putih via https://www.pexels.com

Salah satu hal sederhana yang mungkin  sering terlupakan olehmu adalah minum air putih. Pada saat berpuasa, tubuh rentan dehidrasi sehingga bikin kamu jadi lemah dan lesu karena aliran oksigen berjalan tidak lancar.

Advertisement

Untuk menghindari dehidrasi, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan yang ada dalam tubuh. Hal itu bisa kamu penuhi dengan cara minm air mineral sesuai kebutuhan tubuh saat sahur dan buka puasa.

2. Penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan sehat saat buka maupun saur

Makanan Sehat

Makanan Sehat via https://www.pexels.com

Hayo ngaku, siapa yang hobinya makan junk food pas buka puasa atau sahur? Dalih males masak, kamu pun lebih memilih makan makanan cepat saji yang tak baik bagi kesehatan tubuh. Padahal peranan makanan sehat sangatlah penting untuk menjaga stamina tubuh kita di saat puasa.

Jadi, pilihlah makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein tinggi lainnya agar asupan gizi pada tubuh bisa selalu terpenuhi. Dijamin badan kamu bakal tetap fit meskipun menjalani aktivitas pada saat berpuasa.

3. Lakukan olahraga ringan di pagi hari agar tubuh tetap terjaga kebugarannya

Advertisement

Siapa bilang olahraga saat puasa bikin badan jadi lemas? Justru berolahraga bisa membuatmu jauh lebih berstamina dan bugar lo. Tapi, lakukanlah olahraga yang ringan saja. Jangan yang terlalu berat.

Misalnya saja dengan jogging di pagi hari selama kurang lebih 30 menit, atau melakukan yoga dengan gerakan yang ringan. Lakukanlah olahraga yang tidak begitu menguras energimu.

4. Usahakan jangan tidur setelah saur

Nah, ini nih, salah satu hal penting yang kerap diabaikan, tidur setelah sahur. Emang sih, bangun pagi sekitar jam 3-4 itu menimbulkan hasrat untuk tidur lagi. Tapi, alangkah lebih baik kalau kamu menghindari tidur setelah sahur.

Alasannya, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang kita makan. Kalau kamu langsung tidur, makan proses metabolisme tubuhmu akan terganggu. Jika metabolime tubuhmu sudah tergannggu, hal ini bisa membuatmu mudah lelah, ngantuk, lesu, dan lain-lain.

Lakukan hal-hal lain agar kamu tidak mengantuk lagi setelah saur, seperti contohnya menunggu solat subuh, mencuci piring, atau beberes rumah.

5. Kurangilah makanan berminyak, seperti gorengan atau camilan lainnya

Buka puasa emang paling enak dengan menyatap gorengan dan minum es buah. Tapi taukah kamu kalau makanan berminyak sangat tidak baik untuk tubuhmu.

Kadar minyak dalam makanan yang masuk dalam tubuh bisa membuat sel darah merah menggumpal dan terhambat. Hal ini menyebabkan oksigen dalam tubuh berkurag hingga 20 persen. Akibatnya kamu mudah mengantuk pada saat siang hari. Jadi lebih baik hindari mengonsumsi makanan berminyak saaat buka ataupun sahur.

Nah itu tadi lima hal yang sebaiknya kamu lakukan agar stamina tubuh tetap terjaga. Jangan lupa untuk niat berpuasa ya, agar semua berjalan lancar. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya