Seiring dengan berkembangnya zaman, kamu sebagai kawula muda pasti gak pengen kudet kan? Eits, salah satu kategori update bukan yang selalu ngikutin trend gaya berpakaian masa kini. Kalo kamu masih belum lancar berbahasa Inggris, bisa dikatakan kamu kudet nih, guys! Indonesia sudah ikut MEA lho, masa' iya kamu belum upgrade kemampuanmu dalam berbahasa Inggris? Hehe. But, buat kamu yang masih belum lancar berbahasa Inggris, ada tips sederhana yang bisa kamu lakukan dengan baik dan rutin kok, guys! Apa aja sih tipsnya? Yuk, kita list satu per satu 🙂

1. Dengerin Music Barat

Listening Music via http://www.ajanshaber.com

Salah satu tips sederhana buat lancar berbahasa Inggris, ya sering-sering dengerin music barat. Kalo kalian suka music Korea, Jepang, Jerman, Thailand, dan lain-lain sih gak ada masalah. Cuma, fokusin dulu niatnya buat belajar bahasa Inggris dengan sering dengerin music barat. Dimulai dari lagu yang easy listening aja dulu, baru deh searching lirik lagunya dan sok-sok ikutan nyanyi ^_^

2. Nonton Film Berbahasa Inggris

Watching Film via https://static01.nyt.com

Hayo, ada yang masih suka drama Korea, Jepang, Thailand, dan lain-lain? Dikurangi dulu yuk! Coba deh, fokusin lagi niatnya buat pengen mahir berbahasa Inggris. Cara sederhana yang kedua yaitu dengan sering nonton film yang berbahasa Inggris, ntah itu filmnya yang pake bahasa Inggris, atau subtitlenya yang bahasa Inggris. Dengan begitu, melatih telinga dan mata untuk sering bertemu dengan berhasa Inggris. Atau gini deh, tau film Doraemon yang Stand Bye Me, gak? Nah, meskipun filmnya menggunakan bahasa Jepang, tapi subtitlenya ada yang pake bahasa Inggris kok. Penyampaiannya juga sederhana, cocok buat pemula yang pengen belajar bahasa Inggris. Hehe.

3. Belajar Berbahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisement

Speaking English via http://contactohoy.com.mx

Kamu udah sering dengerin music barat? Kamu juga udah sering nonton film bernuansa bahasa Inggris? Eits, tapi kamu gak pernah aplikasikan speaking in English dalam kehidupan sehari-hari? Yah, sayang banget, guys! Coba deh, dimulai dari hal-hal kecil, seperti, "Thanks a lot, bro"; "Can you help me, please?"; "Hey, I like it!"; dan lain-lain. Biasakan dirimu untuk berbahasa Inggris. Kalo gak tau artinya, kan bisa google translate, guys! Atau mungkin, latih kemampuan speakingmu di depan kaca. Dijamin deh, kamu bakal tau letak kesalahanmu. Entah dari grammar, atau cara pengucapannya. Hehe.

4. Install Aplikasi Kamus di Gadget Kamu

Dictionary via http://celljee.com

Guys, gadgetnya jangan cuma diisi games dan socmed aja. Coba install kamus bahasa Inggris, biar sedikit bermanfaat hehe. Install kamus itu penting lho. Misalnya pas keadaan terdesak dan gak ada koneksi internet, kamu bisa buka kamus lewat gadget kan? Apalagi kamus yang setebal buku sejarah itu udah praktis nempel di gadget, tanpa perlu berat-berat memikulnya. So, coba ubah sedikit kebiasaan kecil yang bermanfaat ini. Pasti suatu saat kalian butuh kok. Eits, bukannya games juga kadang-kadang pake bahasa Inggris ya… Kalau gak tau artinya, kan tinggal buka app kamus, ketik wordnya, muncul deh artinya 🙂

5. Cari Teman dari Luar Negeri melalui Socmedmu

Make New Friends via http://livinghappilyconnected.com

Facebooknya coba dimanfaatkan dengan baik yuk, guys! Zaman sekarang kan canggih, kita bisa dapet temen baru dari penjuru manapun. Nah, coba mulai sekarang cari relasi dari luar negeri. Tujuannya apa sih? Ya buat ngelatih conversations dong. Hehe. Kalo ngomong sama temen pake bahasa Inggris, takut dikira sok-sok an? Coba cara ini deh. Mau gak mau, kamu pasti chatting dalam bahasa Inggris, kan? Hehe. Gausah takut dibully, guys! Kan kalian bisa aja bilang kalo masih dalam tahap belajar bahasa Inggris. Atauuu kalo ngerasa grammar kalian salah, bilang aja "sorry for my bad word". Gitu, hehe.

6. Latih Kemampuan Writing dan Readingmu

Writing and Reading via http://dyslexicbrian.com

Gak hanya latihan speaking, tapi writing dan reading juga perlu. Kalo writing, kamu bisa mulai dengan ceritakan pengalamanmu di kertas (dalam bahasa Inggris). Nah kalo reading, banyak kan website-website tentang update info yang dari luar negeri. Dijamin juga, kemampuanmu dalam berbahasa Inggris makin bagus. Hehe.

Nah, itu tadi tips-tips sederhana biar lancar berbahasa Inggris. Intinya sih, harus dilakukan dengan baik dan rutin, guys! Asal ada niat, pasti bisa kok. Semangat ya! Justru dimulai dari cara sederhana inilah yang dapat dilakukan dengan santai, dan hemat biaya pastinya. Setidaknya kita berusaha menjadi generasi penerus bangsa yang baik, guys! Tapi, pastikan juga jangan lupakan bahasa Indonesianya, ya!

Selamat mencoba, guys! 🙂