Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pisang adalah tanaman sejenis musa yang buahnya berdaging. Ada banyak sekali jenis-jenis pisang, yakni pisang ambon, pisang tanduk, pisang raja uli, pisang lampung, pisang ambon lumut, pisang barangan, dan raja sereh. Setiap saatnya pisang selalu dibuat menjadi bentuk kue, keripik, dan selai pisang juga tentunya. Kandungan gizi yang ada di dalam pisang ini juga tak kalah hebatnya dari buah-buah yang lain.

Dikemukakan dari ahli gizi, pisang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, kalium, asam folat, zat besi, dan magnesium. Tidak hanya itu, kandungan pisang juga mengandung kalsium, nitrogen, dan fosfor yang akan membantumu untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Lalu apa saja ya manfaat buah yang dari pohon berdaun besar memanjang ini? Adakah kandungan kolestrol di dalamnya? Kita simak langsung!

1. Mengobati jerawat

jerawat via http://acepimg.com

Bagi anak yang sudah memasuki usia kematangan, jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan wajah secara alami. Ternyata buah pisang bisa lho mengatasi jerawat kamu! Cukup dengan menghaluskan pisang yang sudah matang, lalu kamu oleskan pisang sedikit demi sedikit ke wajah kamu yang bermasalah. Tunggu hingga 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil optimalnya, kamu bisa jadikan buah pisang sebagai masker wajah tiap hari. Dari hasil itu, kamu akan tidak repot lagi soal wajahmu dan membuat kulitmu akan semakin lebih kencang.

2. Mengatasi kelelahan dan menjadikan sumber energi tubuh

energi tubuh via http://thayyiba.com

Tak salah lagi guys, buah pisang ini bisa mengatasi hari lelahmu ini sekarang. Kandungan pisang yang berupa vitamin, potasium, mineral, akan meningkatkan kerja daya tahan tubuhmu. Selain meningkatkan, buah ini akan mengubah moodmu yang tadinya terlihat lesu menjadi bersemangat kembali. Yes, banana is a happy fruit! Jadi, jangan ragu-ragu untuk makan buah kuning ini di sela kesibukan kamu.

3. Meredakan asam lambung naik atau maag

Advertisement

Benar sekali, buah pisang bisa dijaadikan makanan sehari kamu bagi yang memiliki penyakit asam lambung ini. Caranya simple sekali, saat maag itu sedang menyerang tubuh kamu, segeralah mengonsumsi buah pisang tersebut karena pisang akan meredakan asam lambung kamu.

4. Mengurangi kram otot

Kram otot terjadi karena ketidak seimbangan elektrolit dengan dehidrasi. Disarankan bagi kamu yang kalau berolaharga pagi suka terkena gejala ini, disarankan untuk makan pisang terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas olahraga karena pisang yang mengandung kalsium akan membantumu untuk mencegah kram otot. Jadikan pisang sebagai bekal makanan olahraga guna menyenangkan. Buktinya saja putri tunggal asal India, Saina, dia tidak pernah lupa untuk selalu membawa bungkusan plastik berupa pisang. Wah, jadi ingin makan pisang, nih!

Advertisement

5. Mengatasi penyakit kolestrol

Buah suku Musaceae ini ternyata tidak ada kandungan kolestrol. So, don't worry untuk penderita gula darah karena dari serat dan kaliumnya mampu memperlambat tekanan gula darah dalam aliran darah dan meningkatkan tekanan darah yang baik untuk tubuh kembali.

Bagaimana nih, pencinta pisang? Puas tidak tahu akan manfaat besar buah pisangmu ini? Tak jarang juga sudah banyak orang yang mengapresiasikan buah pisang ini menjadi fashion sweater ataupun kaos bergambar pisang. Selamat makan pisang yah!