Di tengah lesunya iklim program televisi di negeri ini, (bahkan ada yang memenangkan awards yang kita tau programnya ga mutu) masih ada beberapa program televisi dari negeri kita yang diapresiasi dunia luar, khususnya di Asia. Jika di Amerika Serikat ada Emmy Awards, di Asia kita punya Asian Television Awards (ATA).

Rencananya awarding night akan digelar pada Jumat, 2 Desember 2016. Di gelaran yang ke 21 tahun ini ada setidaknya 40 kategori yang dilombakan. Ada 5 nominasi dari televisi Indonesia yang masuk menjadi nominator. Apa sajakah programnya?

1. OK-JEK Masuk Kategori Program Komedi Terbaik

Dodit Mulyanto, Pemeran Mas Mul di OK Jek via http://ope-warnet.blogspot.co.id

OK JEK adalah program komedi situasi (komsit atau lebih populer sitkom) yang diproduksi dan ditayangkan oleh stasiun televisi NET. Sitkom ini menceritakan tentang kehidupan para pengojek online yang sekarang sedang marak dimana-mana, khususnya ibukota. Sitkom yang hadir sejak 28 Desember 2015 ini tidak hanya menceritakan kehidupan pengojek online-nya, pengojek konvensional juga diceritakan di sini sebagai pihak yang "agak" kontra. Sitkom ini dikemas dengan script yang apa adanya, tidak berlebihan dan memaksa agar penonton tertawa, dan membawa pesan yang baik tentang kehidupan pengojek, entah pengojek online atau konvensional.

Sitkom ini bersaing dengan program komedi dari televisi Thailand, Australia, Singapura, Hongkong, dan Filipina. OK JEK menggantikan posisi Tetangga Masa Gitu yang diproduksi oleh stasiun tv yang sama di tahun 2015 di nominasi ini. Selain menjadi nominator di ATA 2016, OK JEK pernah pula menjadi nominator di Festival Film Bandung 2016 pada kategori Serial Televisi Terpuji dan Pemeran Pria Serial Televisi Terpuji. Yang pasti sitkom ini ga semaksa sitkom di tv lain, percaya deh!

Advertisement

Kamu bisa coba tonton sitkom ini di sini https://www.youtube.com/watch?v=SzgdPKk0YVE.

2. NET. 3.0 Presents Indonesian Choice Awards 2016 Masuk di Kategori Best Entertaintment

Mbak Jessie via https://qubicle.id

Untuk program yang ini tidak perlu diragukan lagi. Hampir semua orang yang menonton acara ini pasti memujinya! Pagelaran tahunan dalam rangka merayakan hari jadi NET ini selalu ditunggu-tunggu tiap tahunnya, sejak televisi ini grand launching. Apalagi kalau bukan line-up artis internasionalnya. Di tahun 2016 line-up artis internasionalnya ada Jessie J, Omi, dan Dawin. Sedangkan untuk line-up lokalnya ada Raisa, GAC, Isyana Sarasvati, dll. Selain karena daftar artis internasionlnya, acara HUT ini juga ditunggu karena konsep yang rapi, tata multimedia yang rapi pula dan durasi iklan serta acara yang tidak panjang.

Di setiap tahunnya sejak tahun 2014, stasiun tv ini rajin memberikan apresiasi kepada insan kreatif di film, musik, televisi, dan digital di Indonesia dalam Indonesian Choice Awards (ICA), sepaket dengan perayaan HUT-nya. Televisi ini mengklaim sebagai stasiun tv pertama yang menyelenggarakan awards secara adil, dengan pemilihan pemenang oleh pemirsa langsung melalui media sosial Twitter dan Facebook. ICA juga memberikan piala berbentuk jempol sebagai representasi bentuk apresiasi di masa kini (seperti like di Facebook) dengan piala bersepuh emas 24 karat. Selain itu pemilihan nominatornya dipilih secara independen oleh lembaga survey terpercaya. Bisa dipastikan berkualitas. Jadi ga ada lagi artis yang suka lempar tepung bikin sensasi yang masuk menjadi nominator.

Advertisement

NET 3.0 Presents Indonesian Choice Awards 2016 bersaing dengan program hiburan negara lain dari Tiongkok, Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Tahun-tahun sebelumnya HUT NET selalu menjadi nominator, bahkan di tahun 2014 telah sukses memenangkan kategori ini di program NET ONE Presents Indonesian Choice Awards 2014.

Buat kamu yang belum tau acara ini kamu bisa klik di sini https://www.youtube.com/watch?v=4PfoFOdcFOs

3. Just Duet dan The Remix 2016 Masuk Nominasi Program Musik Terbaik

Penampilan Peserta Just Duet via https://www.youtube.com

Just Duet dan The Remix 2016 adalah program pencarian bakat andalan NET di tahun 2016. The Remix sendiri sudah masuk musim kedua sejak debutnya di tahun 2016. The Remix sudah lebih dulu menarik penonton Indonesia dengan konsep yang berbeda dari ajang pencarian bakat yang lain: mencari remixer yang berkolaborasi bersama penyanyi Indonesia dengan konsep musik EDM.

Pesertanya bukan cuma dari DJ, tapi ada juga produser dan musisi (bahkan yang beraliran jazz) Di musim pertama jawaranya adalah Osvaldorio feat. Melly Mono dalam grup Monostereo. Dan di musim keduanya dimenangkan oleh Kenny Gabriel feat. Dewi Gita dalam grup Electroma. Hadiahnya bukan cuma uang, tapi juga headphone dan microphone yang sering dipakai oleh musisi dunia.

Berbeda dengan The Remix yang merupakan program adaptasi dari televisi Vietnam yang sudah diubah sedemikian rupa oleh NET, Just Duet adalah program pencarian bakat pertama yang murni diproduksi oleh televisi Indonesia yang bekerjasama dengan agensi program televisi franchise Freemantle Media. Just Duet memiliki konsep semua penyanyi bisa berduet dengan penyanyi lain. Di sini peserta tidak hanya berduet bersama para juri, tetapi juga berduet dengan bintang tamu setiap minggunya.Yang membuat acara ini menarik adalah pemenang akan diproduseri oleh Steve Lillywhite, produser yang sukses memproduseri U2 dan The Rolling Stones, serta telah memenangkan beberapa piala Grammy Awards. Selain itu treatment performances yang dipakai di panggung Just Duet adalah treatment dari The Squared Division, tim creative art yang sering dipakai oleh Demi Lovato, Nick Jonas, dan Jessie J pada setiap penampilannya. Hanya saja acara ini masih kalah pamor dengan The Voice Indonesia yang tayang bebarengan.

Just Duet dan The Remix 2016 bersaing dengan acara musik dari Thailand, Tiongkok, dan Korea Selatan

Kamu bisa menyaksikan Just Duet di sini https://www.youtube.com/channel/UCJk-ZO6MLAd24fwRWz4lR9A

dan kamu bisa menyaksikan The Remix 2016 di sini http://zulu.id/program/24-24/the-remix-2016

Untuk nominasi-nominasi lain bisa kamu klik Halaman Selanjutnya

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya