9 Minuman Antimainstream yang akan Segarkan Siangmu yang Panas

Saat cuaca terik, tubuh menjadi lebih gerah. Nah, biasanya kita akan cari yang segar-segar. Sekarang kamu berada di halaman yang tepat, SoHip. Di bawah ini terdapat 9 jenis minuman segar yang harus kamu coba saat siang hari. Kamu bisa membuat semua ini di rumah, loh.

Advertisement

1. Es selasih banjar

Photo by pinterest

Photo by pinterest via https://pin.it

Es selasih Banjar merupakan salah satu minuman khas Banjar, Kalimantan. Minuman segar satu ini termasuk mudah untuk dibuat karena bahan-bahannya yang sedikit dan mudah ditemui di pasar. Kamu hanya butuh buah nangka yang di potong dadu, selasih yang telah direndam dengan air hangat, potongan jeruk nipis, dan yang paling penting adalah es batu. Kamu bisa mencampurkan semua bahan ke dalam wadah. Tanpa menunggu lama, es selasih banjar buatanmu sudah jadi dan siap untuk disantap saat siang hari.

2. Es yakult jeruk

Photo by instagram @explorer09

Photo by instagram @explorer09 via https://www.instagram.com

Minuman segar satu ini sempat viral, nih. Campuran yakult dan sari jeruk yang menyegarkan ini mudah banget untuk dibuat. Kalau kamu sudah tidak sabar, belilah yakult sebanyak yang kamu butuhkan, jangan lupa beli juga minuman jeruk kemasan kesukaanmu. Jika kedua bahan sudah tersedia, segeralah mencampurnya ke dalam gelas lalu tambahkan dengan es batu. Es yakult jeruk siap menemanimu bersantai.

Advertisement

3. Es kuwut khas Bali

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Sekarang ada minuman khas Bali yang bisa jadi pilihan minuman menyegarkan. Es kuwut khas Bali terbuat dari serutan melon, biji selasih dan juga potongan jeruk nipis. Kamu juga bisa menambahkan serutan kelapa muda dan air kelapa agar bertambah segar. Berikan es batu sebanyak yang kamu inginkan.

4. Hawaiian Ade

Photo by instagram @saturday.cafe

Photo by instagram @saturday.cafe via https://www.instagram.com

Kamu familiar dengan namanya, tidak? Kenalin Hawaiian ade, minuman inspirasi dari @saturday.cafe (instagram). Insipired by hawaiian pizza and korean people that loves to eat watermelon with sprite when summer so that I make this drink, tulisnya di caption unggahannya. Minuman ini dibuat dengan cara sederhana. Sediakan potongan semangka dan nanas lalu masukkan ke dalam gelas, tambahkan es batu beserta minuman kemasan sprite. Kamu bisa beri sedikit gula sirup.

5. Es kelapa muda

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Minuman yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi buat kamu. Es kelapa muda sudah menjadi kesukaan mayoritas orang. Air kelapa muda yang disajikan dengan serutan kelapa muda menjadi pilihan yang paling mudah didapatkan. Selain dapat dibuat sendiri di rumah, kamu bisa membelinya di pinggiran jalan.

Advertisement

6. Es selendang mayang

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Kalau yang satu ini termasuk minuman atau makanan, ya? Es selendang mayang  ini adalah salah satu makanan tradisional Jakarta yang terbuat dari sagu aren yang disiram dengan santan dan gula merah lalu diberi es batu. Sagu aren yang dibuat warna-warni menjadi ciri khas selendang mayang. Rasanya yang manis sesuai dengan namanya, ya.

7. Dragonfruit lemonade

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Perpaduan kesegaran lemon dan buah naga dalam gelas bisa menjadi minuman pilihan di siang hari. Minuman dengan nama keren dragonfruit lemodane dapat dibuat dengan cara memasukkan buah naga yang sudah dihancurkan hingga mencapai seperempat gelas, lalu beri air, gula sirup dan perasan air lemon. Tambahkan irisan lemon agar terlihat lebih ciamik.

8. Es campur

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Es campur ini berisi berbagai jenis buah segar yang diberi susu, sirup juga es batu. Selain buah segar, es campur juga biasa ditambahkan dengan buah alpukat, kacang, sagu mutiara dan agar-agar.

9. Es poteng Makassar

Photo by instagram @bundazkitchen

Photo by instagram @bundazkitchen via https://www.instagram.com

Ada juga, nih yang segar-segar dari Makassar, Sulawesi Selatan. Kalau kamu lagi kebetulan di tempat ini, kamu harus coba ini saat matahari lagi membara. Es poteng sendiri terbuat dari fermentasi singkong. Rasanya yang agak masam sangat cocok diberi sirup rasa buah, susu kental manis dan es batu pastinya. Kamu juga bisa buat ini di rumah jika bahan-bahan kamu tersedia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang freelance writer. Mencari kesempatan belajar menulis di mana saja.

CLOSE