#MudaBerkarya – Menjadi Pemuda Hebat yang Bermental Kuat. Yuk Bisa Yuk!

Pemuda Indonesia harus punya mental yang kuat

Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Itulah kalimat Bung Karno tentang pemuda Indonesia yang selalu disampaikan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Tapi, kalian pernah nggak sih mikir memang bisa ya 10 pemuda Indonesia akan mengguncangkan dunia? Jangan pesimis dulu ya. Banyak kok pemuda Indonesia yang sudah mengguncangkan dunia. Masih hangat di ingatan kita dua pemudi Indonesia yang berhasil mengguncang dunia lewat prestasi adalah pasangan bulutangkis ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu. Keduanya meraih medali emas dalam Olimpiade Tokyo tahun 2021. Lantas, kepengin nggak sih kita sebagai generasi muda Indonesia mengguncangkan dunia?

Kita bisa belajar dari perjuangan Greysia Polli dan Apriyani Rahayu yang berhasil mengalahkan satu per satu lawannya sampai titik darah penghabisan hingga akhirnya medali emas diraih merupakan proses yang tidaklah gampang. Boro-boro mau berprestasi dan mengguncangkan dunia seperti Greysia Polli dan Apriyani Rahayu. Cuman gara-gara denger omongan teman yang julid saja sudah kena mental. Hadeh. Sebelum berangan-angan terlalu jauh dan cenderung halu, perbaiki dulu yuk kekuatan mental kita agar berhasil menjadi pemuda yang hebat. Berikut ini akan saya jabarkan beberapa hal yang harus dimiliki pemuda Indonesia agar bermental kuat.

Advertisement

1. Pantang menyerah ketika tertimpa masalah

Photo by Ash Valiente from Pexels

Photo by Ash Valiente from Pexels via https://www.pexels.com

Namanya juga manusia, pasti ada saja masalah yang datang menghampiri. Saat sedang tertimpa masalah, sudah selayaknya anak-anak muda menghadapinya dan berusaha menyelesaikannya hingga tuntas. Jangan sampai menyerah begitu saja hanya karena merasa bahwa masalah tersebut terlalu berat untuk dipikul.

Jika sudah berhasil mengatasi masalah tertentu, tanpa sadar fisik dan mental kalian akan terlatih untuk siap menghadapi masalah-masalah lain yang kemungkinan lebih besar dari masalah sebelumnya. Keep fighting!

Advertisement

2. Tidak mengulangi kesalahan yang sama

Photo by Helena Lopes from Pexels

Photo by Helena Lopes from Pexels via https://www.pexels.com

Belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan wajib hukumnya untuk para pemuda. Tujuannya tidak lain adalah agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan tidak melakukan kesalahan yang sama. Menghindari perbuatan-perbuatan buruk sudah menjadi suatu keharusan agar tidak terjerumus melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat sama sekali baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

3. Bertanggung jawab atas semua hal yang dilakukan

Photo by Sharefaith from Pexels

Photo by Sharefaith from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika hendak melakukan sesuatu yang sudah tahu bahwa tindakan tersebut salah tapi nekat dilakukan, maka kemungkinan hal buruklah yang akan didapatkan. Misalnya saja pada saat sedang mengikuti ujian kemudian dengan beraninya membawa contekan dan akhirnya ketahuan oleh pengawas ujian.

Maka, hal buruk yang akan terjadi adalah akan mendapatkan hukuman atau sanksi sesuai dengan peraturan yang ada. Mengakui kesalahan adalah hal berikutnya yang wajib dilakukan dan siap menanggung hukuman atau sanksi yang diberikan. Berani berbuat maka harus berani juga untuk bertanggung jawab.

Advertisement

4. Mau mendengarkan nasihat

Photo by Kat Wilcox from Pexels

Photo by Kat Wilcox from Pexels via https://www.pexels.com

Masa muda memang masa dimana mengeksplor apa yang sebenarnya ada dalam diri dan apa yang menjadi tujuan hidup. Terkadang, rasa ego yang masih tinggi dalam usia muda menjadi alasan untuk terburu-buru melakukan suatu tindakan tanpa berpikir panjang hanya karena ingin dianggap mampu dan hebat di mata orang lain.

Mendengarkan nasihat orang tua dan orang-orang yang lebih berpengalaman menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh para pemuda. Tidak ada nasihat yang tidak baik. Mengambil hal-hal positif dan menghindari hal-hal negatif dari semua pengalaman-pengalaman hidup orang lain bisa menjadi pegangan agar tidak salah melangkah.

5. Berani mencoba hal baru

Photo by Kampus Production from Pexels

Photo by Kampus Production from Pexels via https://www.pexels.com

Mencoba hal-hal baru adalah hal baik yang seharusnya dilakukan oleh para pemuda. Mencari dan melakukan sesuatu sesuai dengan minat dan bakat memang tidaklah mudah. Itu terjadi karena timbulnya rasa ragu dan dihinggapi pikiran-pikiran tentang kegagalan walaupun sebenarnya belum pernah mencoba.

Buang jauh-jauh semua pikiran negatif dan berani untuk memulai. Tanpa mencoba hal-hal yang baru kita tidak akan pernah tahu apa artinya kegagalan dan bangkit dari perihnya luka kegagalan.

6. Mau menerima kritik dan saran

Photo by Ashford Marx from Pexels

Photo by Ashford Marx from Pexels via https://www.pexels.com

Namanya juga hidup. Kita yang ngejalanin tapi orang lain yang ngomentarin. Fiuh, yang sabar ya. Sebagai pemuda harapan bangsa sudah selayaknya belajar mempunyai telinga yang tebal. Artinya adalah jadikan omongan orang lain yang menjatuhkan menjadi motivasi agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Mau menerima kritik dan saran dari orang lain juga sangat penting. Perbaiki apa saja yang kurang dalam diri dan tetap optimis bahwa semua yang sudah dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang tidak mengecewakan. Yuk, semangat!

Nah, itulah hal-hal apa saja yang wajib dimiliki oleh pemuda Indonesia agar menjadi pemuda hebat yang bermental kuat. Menghiasi masa muda dengan menjalankan atau melakukan hal-hal positif menjadi suatu keharusan agar kelak hidup menjadi bermakna.

Mental yang kuat akan terbentuk jika para pemuda mampu menjalankan perannya tanpa tergiur untuk mencicipi hal-hal yang tak bermanfaat. Wahai para pemuda Indonesia, jangan takut untuk lelah dan berkeringat. Tulang mudamu perlu digerakkan agar tak mudah tua lalu sia-sia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jangan Bosan Jadi Orang Baik".

CLOSE