Saat ini, jika kita berbicara soal makeup, kita tidak hanya berbicara tentang bagaimana merias wajah perempuan, tetapi lebih tentang cara bagaimana menunjukkan karya seni menggunakan alat makeup.

Salah satu budaya makeup populer adalah makeup half man-half woman. Seni makeup ini ditunjukkan dengan merias wajah pada sisi kanan dan kiri secara berbeda. Di sisi kiri mungkin wajah perempuan dan di sisi kanan mungkin wajah laki-laki, atau sebaliknya. Beberapa makeup blogger sudah populer karena keahlian unik ini. Sahabat Hipwee, yuk simak bagaimana tips merias wajah half man-half woman ala 5 makeup blogger yang sudah terkenal ini!

1. Tips ala Joleen Louise

Joleen Louise via https://www.youtube.com

Untuk membuat sisi wajah perempuan, awalnya ia menutupi noda-noda hitam di wajah. Karena menurutnya, wajah perempuan itu lebih identik dengan “mulus” sehingga penutupan noda hitam di wajah akan sangat mempengaruhi perbedaan kedua sisi wajah. Oleh karena itu, Louise mengaplikasikan fondasi untuk memperhalus bagian wajah perempuan.

Perbedaan alis: pada perempuan alisnya dibuat lebih tipis, sementara pada laki-laki, alisnya dibuat lebih tegas, tebal dan lebih lurus.

Setelah itu, Louise menggunakan eye shadow pemilihan warna girlie. Selesai pada bagian mata, Louise mengaplikasikan blush on cokelat untuk membuat kontur wajah dan hidung pada sisi wajah perempuan.

Advertisement

Sisi wajah laki-laki juga menggunakan blush on dan warna cokelat yang lebih tua untuk mempertegas garis hidung dan dagu.

Selanjutnya, Louise membuat janggut dan kumis menggunakan eye shadow cokelat tua dengan bantuan makeup spons.

Hal terakhit yang dilakukan adalah mengaplikasikan lipstik pada bibir di sisi wajah perempuan.

2. Tips ala Natasha Kudashkina

Natasha Kudashkina via https://www.youtube.com

Untuk sisi wajah perempuan, alat makeup yang digunakan Natasha adalah alat-alat makeup biasa seperti maskara, eyeshadow, eyeliner, lipstik, dan lain-lain.

Berbeda dengan Jolee Louirse, tahap awal yang dilakukan Natasha untuk membuat makeup half man-half woman adalah dengan mengaplikasikan blush on berwarna cokelat muda ke seluruh bagian wajah. Hal ini dilakukan untuk meratakan warna kulit.

Setelah itu, ia merias sisi wajah perempuan terlebih dahulu, karena bagian ini dianggap paling mudah dikerjakan. Ia mengaplikasikan maskara bagian kelopak mata. Setelah itu, ia mempertebal lush ke sisi wajah perempuan. Ia berfungsi untuk mempertajam kontur wajah.

Ia membuat saturasi terlebih dahulu. Mempertebal alis mata, lalu membuat eyeshadow. Ia lebih memilih eyeshadow berwarna hitam, karena menurutnya lebih terlihat elegan. Lalu, ia memberi eyeshadow merah muda secara tipis di bawah alis dan di sudut luar mata. Ia lebih suka menggunakan jari untuk mengaplikasikannya, karena hal itu dianggap lebih mudah.

Selanjutnya, Natasha mengaplikasikan eyeliner hitam, lalu lipstik warna merah. Ia memilih untuk tidak membuat kontur pada hidung di sisi wajah perempuan.

Untuk sisi wajah laki-laki, hal pertama yang dilakukan Natasha adalah mempertebal alis. Ia menggunakan warna alis yang sama dengan warna alis untuk sisi wajah perempuan.

Kemudian, ia membuat kontur gelap pada hidung, lalu menggambar janggut dan kumis dengan membuat blush on cokelat tua terlebih dahulu, lalu mempertebalnya dengan kuas makeup kecil dengan menggambar kumis dan janggut secara hati-hati.

3. Tips ala Cherry Dolface

Cherry Dolface via https://www.youtube.com

Cherry Dolface dikenal dari Youtube melalui tutorial-tutorial makeup kreatif yang dibuatnya. Ia pernah membuat tutorial makeup half man-half woman. Bedanya dengan makeup ala Joleen Louise dan Natasha Kudashkina, Dolface lebih memilih untuk membuat tutorial makeup ini dalam versi vintage.

Pertama, Dolface mengaplikasikan fondation pada sisi wajah perempuan. Kemudian, ia menggunakan pensil alis untuk merapikan alis pada sisi wajah perempuan dan menciptakan alis yang lebih tebal pada sisi wajah laki-laki. Dengan pensil alis yang sama, ia menggambar kumis pada sisi wajah laki-laki dengan membuat lengkungan ala kumis pria-pria 1980an di ujungnya.

Setelah itu, Dolface mengaplikasikan concelaer pada kelopak dan bagian bawah mata sisi wajah perempuan. Lalu, ia mengoleskan bedak bubuk secara merata ke seluruh bagian pada sisi wajah perempuan. Untuk sisi wajah laki-laki, ia mengganti bedak bubuk dengan translucent powder menggunakan makeup brush.

Kemudian, Dolface memberi eyeshadow putih pada lipatan mata sisi wajah perempuan, lalu menambahkan eyeshadow berwarna cokelat tua. Selanjutnya ia mengaplikasikan eyeliner dengan tipis pada ujung kelopak mata dan blush on merah muda pada ke wajah (sisi perempuan).

Untuk membuat perbedaan yang lebih antara sisi wajah laki-laki dan perempuan, Dolface menggunakan maskara, lalu menempel bulu mata palsu. Terakhir, ia mengaplikasikan lipstik berwarna merah pada bibir di sisi perempuan. Intinya, tidak banyak hal yang dilakukan Dolface untuk sisi wajah laki-laki.

4. Tips ala Jenn B

Tidak kalah dengan seniman makeup lainnya, Jenn B yang saat ini telah memiliki lebih dari 5 ribu pelanggan di akun Youtube-nya, Jennbmakeupmagic, juga pernah membuat tutorial makeup half man-half woman pada 2014 lalu.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengaplikasikan liquid latex ke sisi wajah laki-laki terlebih dahulu. Setelah itu, ia beralih pada sisi wajah perempuan dengan mengaplikasikan foundation dan bedak powder secara tipis, lalu langsung mengaplikasikan eye shadow berwarna hitam pada ujung luar lipatan mata. Pada kelopak mata, ia mengaplikasikan eyeshadow berwarna abu-abu bercampur putih.

Kemudian, ia merapikan alis mata sisi wajah perempuan dengan menggunakan pensil alis berwarna hitam pekat. Namun, ia hanya mengaplikasikan pensil alis tersebut secara tipis, berbeda dengan alis pada sisi wajah laki-laki yang dibuat lebih tebal.

Untuk membuat mata pada sisi wajah perempuan tampak lebih indah, Jenn menambahkan glitter pada kelopak mata, lalu memberi highlight pada bagian bawah mata dan bagian bawah bibir.

Setelah itu, ia melakukan contouring wajah dengan blush on berwarna cokelat tua pada tulang pipi dan bagian rahang bawah sisi wajah perempuan, lalu mengaplikasikan sedikit ke bagian dahi. Hal terakhir yang dilakukan pada sisi wajah perempuan adalah mengaplikasikan lipstik berwarna merah pada bibir.

Pada sisi wajah laki-laki, selain menebalkan alis, Jenn juga mengaplikasikan eye shadow gelap dengan garis tipis mengikuti kerutan di bawah mata. Hal yang sama dilakukan Jenn untuk membuat kerutan di bagian pinggir mata. Untuk kumis dan jenggot, Jenn memilih menggunakan kumis dan jenggot palsu.

5. Tips ala Calary Girl

Calary Girl via https://www.youtube.com

Calary Girl adalah beauty blogger dari Korea Selatan. Tidak banyak yang mengetahui nama aslinya karena ia lebih senang disebut dan menyebut dirinya Calary Girl. Pada 2016 lalu, ia membuat tutorial makeup half man-half woman. Cara yang ia lakukan sangatlah sederhana.

Pada langkah awal, ia membersihkan seluruh wajah dengan pembersih wajah. Lalu pada sisi wajah perempuan, ia mengaplikasikan foundation mulai dari dahi, pipi, hingga leher, secara merata. Kemudian, ia mulai merapikan alis untuk perempuan. Ia menggunakan pensil alis yang tipis. Sementara untuk sisi wajah laki-laki, berbeda dengan makeup blogger lain yang membuat tutorial yang sama, alis laki-laki tidak dibuat tebal, tetapi lebih panjang dari alis pada sisi wajah perempuan.

Setelah itu, ia membuat kontur wajah di kedua sisi. Pada sisi perempuan, ia memilih warna cokelat terang, sementara pada sisi laki-laki, warna yang digunakan lebih gelap, yaitu cokelat tua. Ia juga mengaplikasikan warna yang sama untuk membuat kontur pada dahi dan leher sisi laki-laki.

Pada langkah selanjutnya, ia member eyeshadow pada kelopak mata sedikit lebih gelap dari warna kulitnya, lalu menimpa warna itu dengan eyeshadow cokelat sedang. Kemudian, ia membuat eyeliner tipis ke lipatan mata atas pada sisi perempuan. Sementara pada sisi laki-laki, ia membuat garis hitam tipis ke lipatan mata bawah dengan menggunakan pensil alis.

Langkah selanjutnya adalah penggunaan maskara dan penjepit bulu mata pada sisi wajah perempuan. Terakhir, ia menggunakan lipstik merah pada bibir di sisi perempuan dan menempel kumis palsu pada sisi wajah laki-laki.