5 Olahraga Sehat Bugar #DiRumahAja

Sehat dengan olahraga

Di masa pandemi seperti sekarang membuat kita harus berhati-hati jika kita melakukan olahraga diluar rumah atau di tempat gym, selain takut penyebaran covid-19 semakin meluas biaya yang dilakukan di tempat gym juga ga sedikit loh temen-temen. Tentunya guna olahraga beragam manfaat yang akan kita dapatkan serperti untuk memelihara kesehatan tubuh agar tubuh lebih stabil, meningkatkan stamina dan otot, badan terasa lebih sehat bugar, serta membuang lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

Di sarankan juga agar kita mempunyai jam pendeteksi kalori, gunanya untuk mengetahui berapa kalori yang sudah terbakar di dalam tubuh kita. Jadi kita bisa mengukur ketepatan kalori yang terbuang dan yang masuk. Berikut ulasannya:

Advertisement

1. Lompat Tali

Photo by Nadya Maysyarah on Moslem Lifestyle

Photo by Nadya Maysyarah on Moslem Lifestyle via https://moslemlifestyle.com

Olahraga lompat tali sangat mudah sekali jika teman-teman lakukan dirumah. Olahraga ini bisa membuat otot-otot menjadi kencang terutama pada full body. Olahraga lompat tali bisa mengencangkan seluruh tubuh terutama pada daerah bagian lengan, paha dan betis, karena terjadinya pergerakan yang cukup dari area atas sampai bawah. Olahraga ini dapat menambah daya tahan tubuh, melatih tubuh serta meningkatkan kesehatan jantung kita!

Jika kamu tidak mempunyai alat lompat tali untuk olahraga, kamu bisa menjadikan  tali sebagai ilusi jadi teman-teman bisa melompat tanpa menggunakan alat lompat tali. Lakukan ini 3x dalam seminggu dengan 150x lompatan atau lebih agar lebih maksimal. Tetapi, jika olahraga ini dilakukan selama kurun waktu 30 menit kalori yang terbakar bisa mencapai 350 kalori yang terbakar di dalam tubuh.

Advertisement

2. Push Up

Photo by Andrew Heffernan on Pinterest

Photo by Andrew Heffernan on Pinterest via https://id.pinterest.com

Pushup merupakan olahraga yang tidak asing lagi bagi kaum pria maupun wanita semua kalangan bisa melakukan pushup. Tetapi pushup pria dan wanita umumnya wanita lebih melakukan pergerakan ringan pada saat pushup. Pushup bisa dijadikan alternatif olahraga yang bisa dilakukan kapan saja.

Olahraga ini sangat membantu untuk mengecilkan lengan dan membentuk serta mengencangkan perut, sambil mendengarkan musik akan menambah mood ketika melakukan olahraga pushup. Lakukanlah olahraga ini seminggu 3x agar hasil lebih maksimal. Kalori yang akan terbakar saat pushup per-menitnya akan membakar 15 kalori, jadi jika dilakukan dalam 30 menit akan mengeluarkan kalori sebanyak 270 kalori.

3. Angkat Beban

Advertisement
Photo by Program Fitness on Google

Photo by Program Fitness on Google via https://programfitnes.com

Olahraga angkat beban merupakan olahraga yang fungsinya untuk mengencangkan otot lengan serta dapat menguatkan lengan. Olahraga jenis angkat beban ini bisa mengurangi penyakit diabetes menurut dalam sebuah penelitian. Biasanya akan tergantung seberapa berat kalian bisa mengangkat, semakin berat angkatan beban akan semakin melatih otot tubuh.

Jika kalian tidak mempunyai barbel ringan untuk diangkat kalian bisa menggantinya dengan benda apapun asal beratnya 1.5 kg keatas ataupun bisa lebih. Lakukan olahraga ini minimal 1x sehari agar hasilnya lebih terlihat. Kalori yang terbakar saat angkat beban ringan dalam waktu 30 menit akan membakar 210 kalori, tetapi jika angkat beban lebih berat akan membakar 300 kalori dalam tubuh dan tentunya hasilnya akan lebih cepat terlihat.

4. Yoga

Photo by Fathurrozak on Media Indonesia

Photo by Fathurrozak on Media Indonesia via https://mediaindonesia.com

Olahraga Yoga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rileks karena olahraga ini termasuk olahraga yang akan membuat fikiran menjadi lebih tenang serta terhindar dari stress dan bonusnya dapat membentuk postur tubuh kita terlihat lebih langsing. Olahraga ini cukup santai karena  dengan ditemani alunan musik yang santai dan bikin tenang akan mengefekan otak menjadi lebih rileks.

Olahraga ini bisa kalian dapatkan di Youtube ataupun dengan adanya coach yang sebagai intruksi pada saat melakukan yoga, jika kalian baru pertama melakukan Yoga, stretching diwajibkan terlebih dahulu dalam melakukannya agar otot tubuh tidak terkejut dan terhindar dari cidera pada saat olahraga ringan ini berlangsung. Lakukanlah olahraga ini min 4x seminggu agar hasil lebih maksimal. Kalori yang akan terbakar jika kita melakukannya selama 1 jam akan membakar 300 sampai 500 kalori tergantung seberapa berat kita melakukan olahraga Yoga.

5. Boxing

Photo by Dewi Kania on Oke Lifestyle

Photo by Dewi Kania on Oke Lifestyle via https://lifestyle.okezone.com

Olahraga boxing bisa mengecilkan seluruh tubuh loh! Karena Boxing dapat melatih tubuh agar menjadi lebih kuat, meningkatkan detak jantung serta menurunkan kemungkinan agar tidak terkena stroke. Olahraga ini bisa dilakukan dirumah dengan mudah ataupun di tempat boxing. Lakukan olahraga ini min 4x seminggu untuk hasil yang maksimal.

Olahraga boxing dapat menurunkan kalori yang lebih banyak dari pada olahraga yang lainnya, kalori yang akan terbakar jika kita melakukan olahraga selama 45 menit akan membakar 500 sampai dengan 1000 kalori. Luar biasa ya teman-teman! Boxing merupakan salah satu alternatif yang mudah pada saat kita ingin menurunkan berat badan, karena dia mencakup olahraga pada pergerakan seluruh tubuh serta kita mendapatkan manfaat sehat dari dalam dan luar tubuh.

Sekian manfaat olahraga yang dapat kita lakukan dirumah dengan mudah tanpa perlu pergi ke gym ataupun tempat olahraga lainnya. Ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan dan kekuatan tubuh kita, lakukan olahraga sesering mungkin minimal 30 menit atau bisa sampai 1 jam. Sangat penting saat melakukan olahraga setiap minggunya agar dapat terhindar dari penyakit jahat dan bisa menjadikan tubuh menjadi lebih sehat bugar dan tentunya lebih fresh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Veren Vinola atau akrab di panggil Veren merupakan anak dari ke-4 dari 3 besaudara yang sekarang menjadi mahasiswi dari Universitas Bina Nusantara Jakarta. Saya lahir di Lubuklinggau pada 22 Desember 2000. Saya mempunyai hobi travelling, menulis dan makan untuk selalu merefreshkan suasana hati serta pikiran.

CLOSE