Tuntutan pekerjaan lebih berat dan menumpuk

Nilai ujian yang merosot dan tidak sesuai target

Sulit menangani anak bandel

Sulit mencari pekerjaan

Diputusin pacar

Sobat, pernah mengalami hal-hal diatas? hal-hal tersebut dapat memicu timbulnya stress. Stress pada porsi yang wajar tidak masalah tapi bagaimana jika terjadi stress berlebihan? Stress dapat dialami oleh siapa saja dari anak-anak, remaja sampai dewasa pun dapat mengalaminya. Banyak hal yang dapat menjadi pemicu timbulnya stress berlebihan, salah satunya adanya tuntutan perkembangan zaman yang lebih modern, tekanan sosial, tuntutan hidup yang lebih layak. Stress dapat menyebabkan perubahan perilaku yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh seperti timbulnya emosi negatif, insomnia, perasaan sedih, mood yang naik turun. Stress yang berlebihan dapat menurunkan kinerjamu dan dapat menurunkan semangatmu dalam berkarya, oleh karena itu stress harus dikendalikan dengan cara yang aman dan tepat. Sobat, saya mau bagiin 5 cara kekinian menghilangkan stressed out.

1. Sing a Song

Taylor Swift

Taylor Swift via http://www.vh1.in

Menyanyi adalah salah satu cara mengekspresikan hati dan perasaan kita. Saat kita sedang mengalami stressed out, kita sebenarnya hanya ingin mengungkapkan dan mengeluarkan semua apa yang kita rasakan, salah satu caranya adalah dengan menyanyi. Dengan menyanyi, kita bisa menumpahkan semua perasaan kita dalam sebuah alunan lagu. Irama, nada, dan lirik lagu membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Musik membuat perasaan kita menjadi tenang. Beberapa orang memiliki selera musik yang berbeda-beda, ada yang mencari lagu yang liriknya pas banget sama kondisi perasaan mereka contohnya orang yang baru diputusin pacar mereka terkadang mencari lagu yang sendu dan cenderung galau, ada juga yang memilih lagu rap dan ngebeat serta juga ada yang memilih lagu yang memiliki high note songs. Apapun lagunya yang penting sobat bisa melepaskan stressed out dan bisa kembali fokus berkarya.

2. Olahraga Lari

Lari Pagi

Lari Pagi via https://www.vebma.com

Sobat, kadang jika kita punya masalah, kita ingin menghindar jauh dari masalah itu. Tapi kita tidak bisa begitu saja meninggalkan tanggung jawab kita, hal itu bisa membuat kita stress. Salah satu cara menghilangkan stress yaitu berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan seperti jogging atau lari pagi. Berlari bisa membuat mood kita menjadi lebih baik, hal ini terjadi karena olahraga ini dapat meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon yang bisa membuat sobat merasa lebih senang dan bahagia, hormon ini juga memberi efek rileks. Nah daripada kita lari dari kenyataan, lebih baik kita lari pagi. Selain bisa menghilangkan stress juga membuat tubuh lebih sehat. Semangat!

3. Watching a Horror Movie

scream movie

scream movie via https://www.brilio.net

Advertisement

Menjelang akhir tahun, film horror menjadi sangat booming baik dalam negeri sendiri maupun di internasional. Berbagai film horror menarik untuk ditonton. Takut sih tapi penasaran kan dengan ceritanya?

Sob, ternyata menonton film seram dapat membantu mengatasi stress berlebih loh. Menonton film seram dapat mengaktifkan kelenjar adrenal untuk memompa adrenalin ke seluruh tubuh sehingga memberikan dorongan energi. Menonton film seram dapat memberikan kita sensasi dalam mengendalikan emosi dan mengatasi stress atau tekanan, karena alur film horror yang penuh ketegangan dan tak terduga menjadikan kita berpikir bagaimana cara mengalihkan ketakutan, ketegangan, rasa cemas dan stress. Hal ini dapat menjadi sensasi tersendiri untuk melatih kita mengatasi dan mengendalikan stress kita sehingga kita berada pada kondisi yang lebih tenang.

Tapi sedikit saran buat sobat, khusus buat sobat yang jantungnya lemah atau punya penyakit jantung tidak dianjurkan mengikuti cara yang satu ini, bahaya!

4. Ngemil Jajanan Pedas

Makaroni pedas

Makaroni pedas via http://www.masukdapur.com

Advertisement

Sobat termasuk tipe orang yang apabila sedang stress memiliki nafsu makan yang tinggi. Biasanya orang yang sedang stress cenderung suka jajan-jajanan yang pedas untuk mengalihkan stressnya. Boleh-boleh saja asal jangan terlalu berlebihan level pedasnya dan jangan jajan di sembarang tempat. Jajanan yang pedas yang biasa disukai orang banyak yaitu : bakso, keripik kentang atau singkong, cireng, cilok, ayam geprek, macaroni goreng, dll. Biasanya makanan itu punya level kepedasan tersendiri sesuai selera konsumen. Untuk menurunkan stress, makanan pedas dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan endorfin yang memberikan rasa menyenangkan dan nyaman. Hormon tersebut dapat berfungsi seperti pelawan stress atau depresi. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan


" Makan tanpa sambal bagaikan sayur tanpa garam, hambar " .


5. Mandi

Mandi air hangat

Mandi air hangat via https://www.vebma.com

Mandi merupakan aktivitas yang menyegarkan. Banyak orang setelah selesai melakukan aktivitas kerja yang padat dan melelahkan di pagi hari, akan langsung mandi untuk menyegarkan dan merefreshing kembali fisik dan pikiran kita dari kepenatan sehari-hari. Selain untuk kebersihan dan kesehatan tubuh, ternyata mandi dapat menyegarkan pikiran, menghilangkan stress dengan cepat dan murah, dan dapat meredakan kemarahan. Jika pikiran kita sedang stress atau sedang ingin marah apalagi ditambah suhu udara yang panas membuat kita gerah dan keringatan, hal ini membuat suasana hati kita menjadi down. Guyuran air saat mandi dapat membuat tubuh dan pikiran kita rileks kembali. Untuk menghilangkan stress, mandi dapat dilakukan dengan spa, lulur, dan juga mandi air hangat juga dapat membuat badan kita lebih segar.

Sobat, gimana dengan cara-cara diatas? 5 cara menghilangkan stressed out diatas dijamin murah, mudah dilakukan, dan aman kan? Semoga saja cara diatas dapat menginspirasi dalam mengatasi dan menghilangkan stressed outmu ya sobat. Selamat kembali berkarya dan jangan mudah patah semangat sobat.


" Tidak ada satupun masalah yang tak bisa terselesaikan asalkan dihadapi dengan kepala dingin "


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya