Untuk kamu yang memiliki badan ukuran large atau extra large dan pernah mencoba diet, mungkin sudah melalui banyak perjuangan berat untuk membentuk badan yang ideal. Kata diet sebenarnya merupakan kata yang sulit dilakukan untuk banyak orang. Ada yang malas olahraga, malas menahan lapar, malas tidak makan yang enak-enak dan alasan lain.

Taukah kamu sebenarnya ada cara-cara unik dan mudah yang bisa dilakukan untuk kesuksesan dietmu, penasaran? Mari lihat tips unik dibawah ini.

1. Meski Terlihat Aneh, Cobalah untuk Makan di Depan Cermin Sambil Melihat Bayangan Dirimu

Makan Depan Kaca via https://sehatly.com

Makan di depan cermin mungkin terlihat aneh memang, tapi ternyata cara unik ini bisa membantu dalam program diet loh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika membuktikan bahwa makan di depan cermin bisa mengurangi porsi makan seseorang hampir sepertiganya, karena bayangan diri di depan cermin dapat mengingatkan perjuanganmu untuk diet.

Nah mulai sekarang cobalah makan di depan cermin yang besar sambil memperhatikan setiap bagian tubuhmu dari atas sampai bawah. Mungkin dengan cara ini kamu lebih termotivasi untuk diet atau memilih makanan yang sehat bagi tubuhmu.

2. Jadilah Lebih Humoris dan Banyak Banyak Tertawa

Advertisement

Nah ini adalah cara paling mudah dan bisa dilakukan di mana saja, tertawa! Yap tertawa memang sudah terbukti dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar maka akan membantu pembakaran lemak dan kalori dalam tubuhmu.

Penelitian yang dilakukan International Journal of Obesity telah membuktikan bahwa tertawa bisa membuat 10-20% energi dan lemak kita terbakar. Selain bisa bikin langsing, tertawa juga punya banyak manfaat lain loh, seperti menenangkan syaraf dan membuat hidupmu menjadi lebih gembira.

Jadi jangan lupa untuk tertawa setiap hari yah. Semakin banyak tertawa setiap harinya pasti akan membuat lebih banyak lemak yang terbakar dan dikeluarkan dari tubuh kamu.

3. Aktivitas yang Cocok untuk Kamu Shopaholic, Berbelanja Keliling Mall Sampai Kamu Lelah

Untuk kamu yang sedang mengalami tanggal muda dan mempunyai banyak uang bisa mencoba cara fun ini, berbelanja sampai lelah. Memang bisa belanja bikin kurus? Aktivitas belanja ini sebenarnya sangat efektif untuk diet karena dengan berbelanja kamu akan terpaku membeli barang yang dibutuhkan tanpa memperdulikan sejauh mana kamu berjalan. Dengan begitu akan membantu pembakaran lemak dan kalori di tubuhmu.

Nah tapi jangan sampai keblabasan ya sampai akhirnya tanggal tua kamu diet beneran nggak makan apa-apa.

4. Pasta Gigi yang Kelihatanya Sekedar Alat Memutihkan Gigi, Ternyata Dapat Membantu Proses Dietmu

pasta gigi via https://sehatly.com

Diet dengan pasta gigi? Tenang, kamu nggak akan disuruh makan pasta gigi untuk diet kok. Perlu kamu tahu ternyata pasta gigi dapat mengurangi nafsu makan loh. Hal ini disebabkan aroma peppermint dalam pasta gigi dapat menekan nafsu makan sehingga kamu bisa mengontrol nafsu makanmu. Nah saat nafsu makanmu muncul segera gunakan pasta gigi untuk menekan nafsu makan. Selain berguna untuk menekan nafsu makanmu, menggosok gigi juga dapat berguna memutihkan dirimu. Seperti pepatah, sekali dayung 2 pulau terlampui.

Selain pasta gigi kamu bisa menggunakan permen yang memiliki rasa peppermint, tapi pastikan memilih permen peppermint yang rendah gula yah.

5. Untuk Kamu yang Malas Bersih-Bersih, Mulai Sekarang Cobalah Lebih Rajin Menjaga Kebersihan Karena Itu Juga Membantumu Diet.

Apa sih hubunganya bersih-bersih rumah dengan berat badan? Bersih-bersih selain bermanfaat untuk membuat rumah tampak rapi dan bersih, ternyata bermanfaat juga untuk diet dan kesehatanmu loh. Banyak gerakan saat membersihkan rumahmu yang berpengaruh terhadap dietmu, seperti mengepel, naik turun tangga, menyapu, membersihkan perabotan, atau mencuci baju. Gerakan tersebut tanpa sadar sebenarnya sangat membantu pembakaran lemak dan kalori.

Selain itu juga dengan bersih bersih akan melupakan kebiasaan ngemilmu sehingga rumah bersih dan badanmu menjadi langsing.

6. Siapa Sangka Tidur Juga Membantu Dalam Proses Dietmu

manfaat tidur siang via https://sehatly.com

Kebanyakan orang mengira dengan tidur tubuhmu akan menjadi lebih melar dan gendut, tapi pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Dengan tidur yang cukup justru akan membantumu menurunkan berat badan, kok bisa? Karena dengan tidur yang baik akan membantu proses pembakaran lemak dan kalori berlebih di tubuhmu. Sebaliknya kalau tidurmu kurang akan mengahambat metabolisme dalam tubuh dan dapat mengakibatkan stres yang berpengaruh membentuk obesitas.

Tidur yang cukup juga membantu proses regenerasi sel dan membuat kulitmu cerah.

7. Bagi Kamu yang Suka Pedas, Ternyata Makanan Pedas juga Dapat Membantu Menguruskan Badanmu

hot ramen via https://i.ytimg.com

Makanan yang pedas bagi banyak orang memang menggugah selera. Namun selain itu, makanan pedas juga dapat memotong jumlah kalori yang kamu konsumsi. Rasa pedas yang dihasilkan oleh cabe dan bumbu pedas lainnya, akan membuatmu mengunyah lebih pelan dan sistem pencernaan jadi melambat. Di setiap sendok, kamu harus mengunyahnya perlahan-lahan dan beberapa kali diselingi dengan minum dan mengambil napas. Ini membuat pencernaanmu mencerna lebih lama dan membuatmu merasa lebih cepat kenyang.

Diet memang berat untuk banyak orang, tapi itu semua tergantung mindsetmu dalam menghadapinya. Pastikan diet yang kamu jalani adalah diet yang sehat dan tidak membebani tubuhmu karena akan malah menimbulkan penyakit. Diet yang berhasil tidak hanya menghasilkan tubuh yang ideal, tetapi juga menghasilkan tubuh yang sehat. Keep calm and be healthy.