Tips Menjaga Kebersihan Tubuh Supaya Bau Badan Hilang dan Kembali Wangi

Seringkali karena aktivitas yang menumpuknya membuat badan kita menghasilkan keringat berlebih yang bisa menimbulkan mau kurang sedap. Tetapi Anda tak perlu risau karena banyak cara yang bisa dilakukan agar menjaga kondisi badan Kamu tetap wangi sepanjang hari.

Ini penting sekali untuk Anda perhatikan supaya tubuh tetap segar dan wangi sepanjang hari. Sebab jika tidak segera diatasi dapat membuat Anda malu dan tidak percaya diri akibat permasalahan bau badan ini. Dan tentu saja akibatnya membuat Anda tidak nyaman saat berada di kantor, kumpul bersama sahabat, ataupun ketika sedang berada di tempat umum.

Pertanyaannya adalah bagaimana sih cara agar menjaga tubuh tetap segar, tanpa bau badan yang menyengat meskipun Anda sedang dalam kondisi yang berkeringat?

Simak tips dan penjelasan berikut ini tentang bagaimana menjaga agar badan tetap wangi serta harum sepanjang hari:

1. Biasakan Selalu Mandi dengan Bersih

Foto oleh Jonathan Andrew dari Pexels

Foto oleh Jonathan Andrew dari Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Rajin mandi dengan bersih secara teratur, 2x sehari pagi dan sore saat mulai dan sesudah beraktivitas seharian diluar rumah. Mandi dapat membersihan badan dan sisa keringat yang berkontribusi terhadap aroma tubuh Anda.

Pola mandi yang baik adalah dengan membersihkan badan bagian atas terlebih dulu, kemudian turun ke zona badan bagian bawah secara berurutan. Tujuan adalah supaya badan bisa bersih secara menyeluruh.

Pastikan buat membersihkan sela-sela lipatan badan, ketiak, kulit di bawah payudara, pangkal paha, serta bokong.

Advertisement

2. Pakailah Selalu Deodoran Sehabis Mandi

Photo by viramaya.com

Photo by viramaya.com via https://viramaya.com

Dengan memakai deodoran ini bisa membantu mengurangi dan melenyapkan bau di ketiak. Saat deodoran ini digunakan maka permukaan kulit yang mulai masam bisa terhindar dari datangnya kuman yang jadi pemicu bau badan.

Fungsi utama deodoran ini adalah untuk menjaga keasaman ketiak guna menghindari bakteri, sekaligus menjaga agar tetap wangi sepanjang hari. Deodoran bekerja dengan membatasi kuman pemicu bau keringat.

 

Advertisement

3. Oleskan Parfum di Titik Nadi

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Cara pakai parfum yang benar merupakan salah satu solusi menghilangkan bau badan. Dengan memakai parfum secara benar maka aroma parfum yang keluar akan lebih tahan lama.

Caranya adalah dengan menyemprotkan parfum pada titik-titik nadi di tubuh. Menyemprotkan parfum pada titik nadi dapat membantu aroma parfum berbaur dengan aroma badan. Begitu suhu tubuh Anda bertambah, maka aroma parfum juga akan aktif serta dilepaskan ke udara.

Sebagian titik nadi yang paling penting buat disemprotkan parfum adalah bagian belakang leher, lekukan siku, pergelangan tangan, bagian bawah punggung dan belakang lutut

Untuk mepermudah membantu tangan untuk menjangkau titik-titik tersebut bisa dengan mengaplikasikan parfum yang berupa roll- on. Parfum roll- on ini sangat membantu kita dengan mudah untuk mengoleskan di titik nadi badan lebih tepat target dibanding dengan parfum semprot yang sering kita pakai berlebihan.

4. Gunakan Lotion Cream untuk Melembabkan Kulit

Lotion Cream Photo by Angela Roma

Lotion Cream Photo by Angela Roma via https://images.pexels.com

Pemakaian lotion cream yang benar ternyata dapat pula membuat kulit senantiasa lembab. Jika Anda memiliki jenis kulit yang kering, bagusnya pilihan utama adalah lotion cream ketimbang menggunakan parfum.

Lotion cream juga bisa dijadikan sebagai solusi alternatif yang bisa dipilih jika Anda tidak biasa memakai parfum.

Lotion atau krim pelembab ini dapat digunakan untuk memelihara tubuh agar tetap wangi sepanjang hari. Anda bisa mengoleskan krim pelembab ini sehabis mandi supaya wanginya lebih tahan lama. 

5. Selalu Menjaga Kebersihan kulit kepala

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via https://www.pexels.com

Kulit kepala sering luput dari perhatian Anda, Kami sangat menganjurkan supaya Anda selalu membersihkan kulit kepala secara teratur dengan cara keramas saat mandi, Mencuci dan membersihkan bagian kulit kepala dengan benar bisa mengangkut sisa-sisa kotoran serta minyak yang menempel dikulit rambut.

Dengan demikian kulit kepala dan rambut yang sering dibersihkan dan dikeramas setiap hari akan menimbulkan aroma yang harum dan wangi.

6. Bersihkan Selalu Bagian dalam Rongga Mulut

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Foto oleh Ron Lach dari Pexels via https://www.pexels.com

Jangan lupa untuk diperhatikan juga bahwa jika kebersihan mulut tidak dipelihara dengan baik maka akan dapat merangsang timbulnya bau mulut. Dampaknya orang berada dekat dengan Anda tentu daja merasa tidak nyaman dibuatnya.

Oleh karena ini menjaga kebersihan mulut adalah suatu keharusan. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut antara lain adalah:

  • Gosoklah gigi secara menyeluruh minimal 2x sehari (pagi dan malam hari)
  • Gunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel, juga bisa dipakai untuk menghilangkan karang gigi.
  • Cuci mulut atau berkumur sehabis makan makanan yang aroma kurang sedap atau amis seperti ikan tuna, bawang merah, ataupun bawang putih.
  • Minum air putih yang banyak untuk menjaga agar mulut tidak kering.
  • Jika butuh, kunyah daun mint fresh ataupun permen mint tanpa gula.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE