Coba cek stok di dapurmu, ada nggak bahan-bahan ajaib ini? Kalau habis, segera beli, ya!

Setiap perempuan mendambakan memiliki kulit yang sehat dan cantik, namun untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik tersebut dibutuhkan usaha yang tidak instan. Selama ini, anggapan yang diyakini oleh banyak perempuan adalah cantik itu membutuhkan biaya mahal. Artinya untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik diperlukan biaya yang sangat besar. Biaya tersebut mencakup biaya perawatan ke klinik kecantikan dan membeli kosmetik berharga mahal. Padahal untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik kuncinya terletak pada ketekunan dan kesabaran dalam merawat kulit.

Untuk ibu-ibu dan remaja putri yang sering memasak di dapur pasti tidak asing dengan bahan-bahan masakan yang digunakan di dapur saat memasak. Ternyata bahan-bahan masakan di dapur dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Menggunakan bahan dari dapur harganya murah, proses pembuatannya mudah dan menggunakan bahan alami. Saya akan membagi tips bagaimana merawat kulit menggunakan bahan dari dapur sehingga kulit menjadi sehat dan cantik.

1. Kopi

Setelah membuat kopi, seringkali ampas kopi dibuang dan tidak dimanfaatkan. Ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan untuk lulur badan dan scrub wajah. Ambil dua sendok ampas kopi, kemudian tambahkan dengan satu sendok minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan bagian tubuh yang lain seperti tangan, kaki dan punggung lalu gosok-gosok ampas kopi tersebut sembari dipijat-pijat lembut, tunggu sampai ampas kopi mengering.

Setelah ampas kopi mengering, bilas wajah dan tubuh dengan air. Lakukan scrubbing wajah dan luluran di tubuh setiap 2 minggu sekali untuk membuat kulit lebih cerah dan bersih.

2. Teh

Kantung teh celup

Kantung teh celup via https://pixabay.com

Advertisement

Setelah membuat teh menggunakan teh celup, jangan dibuang kantung kertas bekas teh celupnya. Dinginkan kantung kertas bekas teh celup di dalam lemari es, setelah dingin gunakan kantung bekas teh celup untuk mengompres kantung mata. Letakkan di atas kedua mata kantung teh celup dingin selama 15-20 menit di malam hari atau sebelum menggunakan make up, dijamin kantung mata akan mengempis dan mata tampak lebih segar.

3. Gula Pasir

Gula pasir

Gula pasir via https://pixabay.com

Gula pasir bisa digunakan sebagai bahan scrub untuk bibir yang kegunaannya untuk mengangkat sel kulit mati di area bibir agar bibir menjadi lebih bersih, lembut dan warnanya lebih cerah. Cara membuat scrub dari gula pasir yaitu dengan cara menyampur satu sendok gula pasir dengan satu sendok minyak zaitun atau jika tidak ada minyak zaitun bisa diganti dengan satu sendok madu.

Gosokkan campuran gula pasir tersebut ke bibir sambil dipijat dengan lembut setelah itu basuhlah bibir dengan air. Lakukan scrubbing bibir ini satu atau dua minggu sekali secara rutin untuk mendapatkan bibir yang lembut dan cerah.

4. Timun

Timun segar

Timun segar via https://pixabay.com

Advertisement

Timun dapat digunakan sebagai toner wajah yang akan membuat wajah lebih segar dan membuat pori-pori lebih kecil. Kandungan air dalam mentimun bisa menghidrasi kulit, melembutkan dan membuat kulit kenyal serta melindungi kulit dari kering, gatal dan pecah-pecah.

Cara membuat toner dari timun yaitu kupas kulit timun, kemudian potong-potong dan buang bijinya. Parut atau blender timun, saring air atau jus timun tersebut, masukkan ke dalam botol spray, kemudian simpan botol spray di dalam lemari es.

Setiap pagi dan malam sehabis membersihkan wajah semprotkan toner timun ke wajah untuk mendapatkan efek dingin dan segar di wajah. Toner alami dari timun ini hanya mampu bertahan awet di dalam lemari es selama satu minggu saja. Jadi setiap satu minggu, toner timun dibuat lagi yang baru. Gunakan toner timun ini secara rutin, wajah akan terasa lebih segar dan lembab.

5. Putih Telur

Putih telur dapat digunakan untuk mengencangkan kulit wajah. Cara membuat masker dari putih telur mudah sekali, ambil satu butir telur, pisahkan putih telur dari kuningnya di dalam mangkok. Aduk putih telur, oleskan putih telur dengan menggunakan kuas sampai rata ke seluruh wajah. Tunggu sampai kering, kemudian basuhlah wajah menggunakan air hangat. Lakukan rutin setiap satu minggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang.

6. Kunyit

Potongan kunyit

Potongan kunyit via https://pixabay.com

Bagi yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat, kunyit dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berfungsi sebagai antimikroba, antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat mengobati jerawat secara alami.

Cara mengobati jerawat menggunakan kunyit yaitu dengan mengambil kunyit sebesar ibu jari, kupas kulitnya, cuci bersih kemudian parut. Parutan kunyit dioleskan ke bagian kulit yang berjerawat, tunggu sampai kering sekitar 15-20 menit, kemudian basuhlah wajah dengan air. Lakukan setiap malam secara rutin sebelum tidur, jerawat akan cepat kempes dan bekasnya akan cepat menghilang.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis potong

Jeruk nipis potong via https://pixabay.com

Selain kulit wajah, kulit kepala juga harus mendapatkan perhatian karena kulit kepala menjadi tempat tumbuhya rambut. Untuk mengobati ketombe dan menyegarkan rambut, kita dapat menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang dapat menutrisi kulit, selain itu juga mengandung senyawa aktif antimikroba yang dapat menghilangkan bakteri dan jamur serta meredakan infeksi pada kulit kepala.

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai bahan untuk perawatan rambut sangat mudah, ambil satu buah jeruk nipis, tekan-tekan jeruk nipis kemudian belah dua. Peras air jeruk nipis, kemudian oleskan ke rambut sampai ke bagian kulit kepala. Tunggu sampai sekitar 15 menit, kemudian cuci rambut seperti biasa.

Ternyata bahan-bahan dari dapur dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit secara alami. Cara membuatnya mudah, biayanya murah dan tidak mengandung zat kimia berbahaya. Selamat mencoba di rumah ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya