5 Waktu Paling Tepat untuk Puasa Instagram. Bukan Gaya-gayaan, tapi Demi Detoks Kehidupan

waktu paling tepat puasa instagram

Segelintir orang mengetahui salah satu fitur unik Instagram yaitu mematikan aktivitas akun untuk sementara. Fitur ini tidak terdapat di aplikasinya, namun dapat kita gunakan melalui situs Instagramnya langsung yaitu www.instagram.com. Situs ini dapat kita buka di Google atau browser di smartphone maupun komputer. Lalu scroll paling bawah akan ada tulisan non-aktifkan akun sementara atau Temporarily Disable Your Account. Kemudian kita bisa memilih alasan kenapa ingin menonaktikan akun. Dilanjutkan dengan mengisi password kemudian akun kita akan nonaktif sesuai dengan waktu yang kita inginkan

Seperti dilansir dari Psychalive.org, Instagram merupakan aplikasi media sosial yang memiliki efek negatif paling banyak terhadap berbagai hal. Aplikasi ini juga bisa menimbulkan perasaan “FOMO” (Fear of Missing out), perilaku intimidasi dan meningkatkan rasa cemas, kesepian dan depresi yang dominan. Hal ini juga diimbangi dengan dampak positif Instagram untuk mengekspresikan identitas diri dan menjalin silaturahmi. 

Namun, dengan adanya fitur non-aktifkan akun ini terdapat berbagai alasan yang sepertinya sesuai dengan fakta di atas. Untuk mengatasi kondisi kesehatan mental yang terpengaruh oleh kehidupan di media sosial, kita dapat menonaktifkan akun untuk sementara. Sebagai pengguna terkadang kita tidak menyadari bahwa Instagram mulai mempengaruhi kondisi terdalam tubuh. Sebelum hal itu terjadi, mari kenali waktu yang tepat untuk menonaktifkan akun Instagram pribadi kamu.

Advertisement

1. Saat kesepian

Highlandradio.com

Highlandradio.com via http://www.highlandradio.com

Merasa sendiri membuat kita ingin membangun banyak komunikasi dengan orang lain. Momen kesepian seperti ini jika kita isi hanya dengan menyaksikan postingan foto teman-teman yang sedang ramai dengan temannya di media sosial. Secara tidak langsung membuat kita merasa ingin bahkan iri dengan mereka. Inilah ‘bisa’ yang mulai meracunimu. Perasaan ini hanya membuat pikiran jadi lebih negatif dan lebih tertekan. Perasaan ingin sama seperti mereka hanya akan membuatmu merasa lebih tersudutkan.

Maka dari itu, tutup dulu akunmu untuk sementara waktu. Kamu bisa mengatasi perasaan ini dengan keluar ke dunia sosial yang nyata atau pergi ke pusat keramaian seperti pasar atau mall. Tak perlu keluar biaya, kamu cukup jalan-jalan me-refresh pikiran kamu yang sedang lonely itu.

Advertisement

2. Saat kesusahan

everyday health

everyday health via https://www.everydayhealth.com

Kehidupan tidak selamanya serba melengkapi. Kebutuhan yang tidak terpenuhi pada waktu tertentu membuatmu merasa kurang dan tidak bersyukur. Saat perasaan ini muncul, sebaiknya hindari membuka Instagram. Ditakutkan saat kamu membukanya lalu melihat postingan orang lain yang bisa ini itu dengan kebutuhan yang terlengkapi membuatmu merasa hidupmu yang serba kekurangan dan susah.

Perasaan kurang bersyukur ini hanya membuat pikiran kita lebih negatif. Padahal, perasaan seperti ini dapat kita atasi tanpa mengandalkan hiburan dari media sosial. Seperti dengan sering membantu sesama atau melihat orang yang berada di bawah kita. Kemudian agar lebih manjur, mulai tetapkan tujuan besarmu lalu kumpulkan modal dan menabung. Jadi saat kamu merasa hidupmu susah, ingat lagi tujuan itu untuk membuatmu semangat dalam menjalani hidup ini.

3. Saat kelelahan

Advertisement

CAPEK ! Pekerjaan yang menekanmu setiap waktu tidak pernah memberimu waktu untuk senggang. Perasaan lelah pasti akan menghampirimu saat itu. Sekali lagi, sebaiknya matikan dulu akun Instagram-mu saat perasaan itu muncul. Postingan dengan konten negatif hanya akan mengarahkanmu ke pikiran yang makin melilit. Perasaan galau yang tersebar di Instagram hanya akan meningkatkan hormon adrenokortikotropik yang berperan untuk memicu perasaan buruk dalam tubuh kita.

Jika perasaan ini muncul, sebaiknya kamu take a rest kemudian gunakan waktumu untuk menghibur diri dengan kegiatan-kegiatan, seperti pergi wisata sederhana, ke perpustakaan, ataupun hanya sekedar bersantai di cafe dengan view yang menyejukkan pikiranmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE