Yuk Simak, Ternyata Ini 7 Manfaat di Balik Ampas Kopi Lhoh~

Ampas Kopi yang Memiliki Banyak Manfaat

ADVERTISEMENT

Indonesia memiliki beragam jenis kopi dengan cita rasa berbeda di setiap teguknya. Tak heran jika penggemar kopi di Indonesia terbilang cukup banyak dan penggemar kopi tidak hanya datang dari kalangan orang dewasa tetapi banyak pula dari kalangan anak remaja. Karena tingkat kegemaran kopi di Indonesia cukup tinggi, akibatnya ampas kopi banyak tertumpuk dan menjadi limbah karena dibuang sia-sia.

Ternyata ampas kopi memiliki banyak manfaat loh. Maka dari itu, ampas kopi jangan dibuang dulu yaa, karena ampas kopi mengandung zat nitrogen, fosfor, kalium, dan juga mineral. Nah, untuk mengurangi tingkat limbah ampas kopi di Indonesia kita dapat mengolah ampas kopi menjadi lebih bermanfaat lagi nih. Ampas kopi dapat diolah menjadi pupuk dan juga untuk perawatan diri bagi wanita, bahkan dapat membatu untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Ampas kopi yang mudah ditemukan di lingkungan kita dan dapat diolah sendiri kapanpun kita inginkan. Berikut beberapa manfaat ampas kopi.

ADVERTISEMENT

1. Bisa dipakai sebagai masker wajah

Photo by @femina.in on Pinterest

Photo by @femina.in on Pinterest via https://id.pinterest.com

Setelah kita menyeduh kopi sebaiknya ampas kopi yang tersisa janganlah dibuang. Ampas kopi tersebut dapat kita buat menjadi masker wajah loh. Caranya cukup mudah, ampas kopi yang tersisa tersebut dapat kita campur dengan air mineral ataupun air mawar dan dapat langsung diaplikasinya ke wajah, tunggu sekitar 15-20 menit lalu dibilas. Selain dapat untuk mencerahkan wajah, masker ampas kopi juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah karena dapat berfungsi sebagai exfoliant.

ADVERTISEMENT

2. Menghilangkan bau amis

Photo by @kingemarket.com

Photo by @kingemarket.com via https://id.pinterest.com

Jika kita sedang memasak ikan pasti bau amis ikan akan terus menempel di tangan. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan bau amis dapat menggunakan ampas kopi dengan cara mengusapkan ampas kopi ke seluruh telapak tangan dan kemudian dibilas. Selain dapat menghilangkan bau tidak sedap, ampas kopi juga dapat membuat tangan lebih halus dan bersih.

ADVERTISEMENT

3. Pupuk organik

Photo by @bhg.com

Photo by @bhg.com via https://id.pinterest.com

Ampas kopi yang memiliki zat nitrogen, forsfor, kalium, dan juga mineral dapat membantu pertumbuhan tanaman. Semua jenis tanaman dapat menggunakan pupuk organik ampas kopi untuk membantu dalam pertumbuhan tanaman tersebut.

Dilansir dari medium.com, cara membuat pupuk organik ampas kopi cukup mudah, yaitu pertama keringkan ampas kopi, setelah kering campurkan ampas kopi tersebut dengan larutan EM4 dan gula kemudian diamkan selama satu minggu. Setalah didiamkan pupuk organik ampas kopi dapat digunakan.

ADVERTISEMENT

4. Menghilangkan selulit di tubuh

Photo by @amazon.com

Photo by @amazon.com via https://id.pinterest.com

Banyak wanita yang kurang pede dalam berpenampilan, salah satu penyebabnya adalah selulit yang terdapat di tubuh. Nah, untuk menghilangkan selulit kalian dapat menggunakan ampas kopi. Caranya, campurkan ampas kopi dengan lotion yang biasa kalian gunakan kemudian aplikasikan pada area selulit dan digosok ataupun dipijat kemudian bilas. Hal tersebut dapat dilakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

ADVERTISEMENT

5. Menghilangkan hama pada tumbuhan

Photo by @etsy.com

Photo by @etsy.com via https://id.pinterest.com

Ampas kopi dapat mencegah datangnya hama seperti bekicot dan siput yang menggangu pertumbuhan tanaman. Caranya cukup dengan menaburkan ampas kopi di sekitar tanaman. Aroma yang dikeluarkan ampas kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu-kupu tidak akan bertelur akibat aroma ampas kopi.

ADVERTISEMENT

6. Mengembalikan warna furniture

Photo by @homify.com.br

Photo by @homify.com.br via https://id.pinterest.com

Furniture kayu yang mengalami goresan atau mengalami kepudaran warna seiring berjalannya waktu dapat diatasi dengan ampas kopi. Caranya cukup gosokan ampas kopi pada daerah goresan atau hilangnya warna pada furniture kayu milik kalian. Furniture akan terlihat baru dan kalian tidak perlu untuk mengganti furniture yang kalian miliki.

7. Menghilangkan kerak pada wajan atau panci

Photo by @bersihbersih.com

Photo by @bersihbersih.com via https://id.pinterest.com

Bagi ibu rumah tangga hal yang paling menjengkelkan adalah kerak yang menempel pada wajan atau panci. Kerak yang terdapat pada panci atau wajan terbilang cukup sulit untuk membersihkannya. Nah, mulai sekarang kalian dapat menggunakan ampas kopi yang telah dicampur dengan sabun dan diaplikasikan pada wajan ataupun panci. Selain dapat menghilangkan kerak ampas kopi juga dapat menghilangkan bau tidak sedap yang menempel pada wadah makanan.

Gimana guys?. Ampas kopi memiliki banyak manfaatkan. Oleh karna itu, mulai sekarang kalian harus lebih kreatif untuk menggunakan hal yang menurut kalian kurang berguna menjadi lebih bermanfaat. Seperti ampas kopi yang biasanya hanya dibuang setelah kita menyeduh kopi, ternyata dibalik ampas kopi yang menurut kita tidak memiliki manfaat dapat membantu kita memecahkan masalah sehari-hari seperti menghilangkan bau tidak sedap dan mengembalikan warna kayu pada furniture.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini