Bekerja dalam keadaan stres tentu bukanlah sesuatu yang gampang. Kamu tetap dipaksa buat produktif meski pikiranmu tengah penuh dan perasaan sedang nggak enak. Padahal isi kepalamu sedang padat dengan berbagai hal yang bikin pusing. Mulai dari stres memikirkan dompet yang makin menipis, lagi ribut sama pacar, hingga masalah keluarga yang membebani pikiran.

Setiap orang pernah mengalami stres. Namun ada orang-orang yang pandai menyiasati stresnya dan tetap menuai kesuksesan dalam setiap usahanya. Kalau kebetulan saat ini kamu tengah mengalami stres, baiknya kamu belajar deh dari mereka yang bisa berdamai dengan rasa tertekan dan tetap produktif dengan pekerjaannya. Mau tahu bagaimana cara mereka tetap produktif? Ini dia jawabannya!

1. Nggak hanya buat gaya-gayaan, mereka juga tahu caranya memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan

Manfaatkan kecanggihan smartphone-mu untuk urusan pekerjaan. via elitedaily.com

Kala stres mendera, orang sukses paham banget kalau teknologi bisa bikin pekerjaan mereka jadi lebih gampang. Misalnya, kamu nggak perlu repot-repot ngantre di bank buat melakukan transaksi. Yup, karena sekarang ‘kan udah ada e-banking yang memudahkanmu bertransaksi kapan pun dan di mana pun. Betapa ragam aplikasi dalam smartphone-mu bakal menjaga pekerjaanmu tetap jalan. Setidaknya kemudahan teknologi bisa mengurangi beban pikiranmu yang tengah penat.

2. Mereka pandai mengukur kapasitas dirinya. Nggak gengsi untuk meminta bantuan, agar pekerjaan lain bisa berjalan sesuai rencana

Kamu akan makin terbebani manakala melakukan semuanya sendiri. via elitedaily.com

Advertisement

Hei, kamu bukanlah Superman yang bisa melakukan semuanya sendirian! Sehebat apa pun kamu, nggak mungkin bisa melakukan semua kegiatan lintas bidang sekaligus. Kamu akan bertambah tertekan saat hanya bisa bersandar pada dirimu saja. Meminta bantuan pada orang lain yang ahli di bidangnya berarti juga kamu berbagi tanggung jawab dengan mereka. Sehingga kamu tetap bisa fokus mengerjakan pekerjaanmu saja. Supaya seluruh pekerjaan bisa selesai sesuai rencana.

3. Mereka tahu caranya meluapkan stres lewat berbagai cara. Menulis jurnal harian di website pribadi bisa jadi salah satu pilihan

Coba deh tuangkan penatnya pikiranmu dalam bentuk tulisan. via elitedaily.com

Banyak dari orang sukses yang membiasakan diri untuk menuliskan jurnal harian di website pribadi mereka. Kegagalan atau tekanan yang tengah mereka hadapi, mereka bagikan via tulisan. Dengan membagi beban yang tengah kamu rasakan, nggak menutup kemungkinan kamu akan mendapat suntikan semangat dari mereka yang kebetulan mengunjungi blog pribadimu. Sementara bagi mereka yang juga tengah merasa stres, membaca tulisanmu akan membuat mereka jadi kuat dan nggak merasa sendirian. Dengan sendirinya kamu akan berdamai dengan masalah yang tengah mendera.

4. Nggak pernah berhenti mempelajari hal baru adalah kebiasaan yang bikin mereka lebih gampang menghadapi tantangan dan masalah

Jadi lebih mudah deh menghadapi tantangan. via favim.com

Jangan malas untuk mempelajari hal baru. Mereka yang sukses nggak pernah kapok untuk melakukan kegiatan yang bisa menambah wawasan baru. Dengan banyak belajar, mereka pun jadi lebih kebal ketika menghadapi tantangan dan masalah. Terlebih lagi, mereka akan mudah dalam mencari jalan keluar dan lebih cepat mengambil keputusan. Belajarlah dari mereka. Kamu memang tengah stres saat ini, tapi bukan berarti kamu menutup diri dari wawasan baru ‘kan?

5. Mereka selalu punya motivasi yang kuat untuk menata masa depan, meski dalam kondisi paling tertekan. Hayo, kamu gitu nggak? 😉

Kamu harus punya motivasi yang kuat supaya tetap semangat meski dalam keadaan terteka! via inthenext30days.net

Mereka yang punya motivasi yang kuat untuk sukses biasanya nggak lantas mudah menyerah manakala tengah menghadapi kesulitan. Tokoh seinspiratif Walt Disney juga pernah berada pada titik terendah dalam hidupnya. Dipecat karena dinilai kurang kreatif hingga bisnis yang dijalankannya mengalami kebangkrutan. Akan tetapi, Walt tidak menyerah begitu saja, motivasinya yang begitu kuat untuk mencapai kesuksesan membuatnya nggak segan untuk kembali berusaha.

Kamu yang kini tengah bekerja dalam tekanan dan beban pikiran, sebenarnya kamu hanya perlu memotivasi dirimu lebih kuat lagi. Entah itu motivasinya karena ingin membahagiakan orangtua atau karena ingin membahagiakan pasangan, pokoknya kamu tetap harus punya alasan untuk terus berjuang!

6. Tahu porsi untuk tidak bekerja berlebihan, karena pikiran dan hati pun butuh libur dari penatnya pekerjaan

Jangan kerja berlebihan ya.. 🙂 via elitedaily.com

Ketika stres melanda, jangan sampai kamu membabi buta bekerja. Mungkin kamu nggak sadar, sebenarnya yang saat ini kamu butuhkan adalah sedikit waktu luang untuk memanjakan pikiran dan hatimu. Luangkan waktumu untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat. Yup, dengan begitu energimu akan kembali terisi. Bekerja berlebihan dalam kondisi stres justru akan menghambat produktivitasmu saja. So, sudahkah kamu memanjakan dirimu hari ini?

7. Mereka tetap berusaha rileks, karena jalan keluar nggak bisa ditemukan dalam keadaan panik. Setuju nggak nih?

Olahraga ringan juga bisa membantumu kembali rileks. via www.houseexercises.com

But sometimes the best thing to do is get yourself away and take a good nap.

– Robert Duvall –

Mengambil keputusan dalam keadaan panik biasanya tidak akan menghasilkan hal yang baik. Orang sukses berusaha mencari jalan keluar dengan tenang hati. Caranya adalah dengan memberikan ruang bagi diri sendiri untuk rileks terlebih dahulu. Ungkapan Duvall di atas sepertinya ada benarnya juga, terkadang saat stres, kamu hanya perlu tidur siang, berjalan-jalan sebentar, atau menjalankan hobi lamamu yang sempat terhenti. Hehehe…

Stres bukan berarti membuatmu berhenti produktif. Semoga hal-hal di atas bisa membantumu untuk tetap menjalankan pekerjaan meski dalam tekanan. Semangat ya, Guys!

#SalamMotivasiHipwee