Bagi pembaca setia yang seringkali mencari pencerahan di Hipwee, pastinya paham ya kekuatan magis dari sebuah tulisan. Mau baca kisah sukses CEO BukaLapak yang inspiratif atau baca kolom hubungan yang pasti bikin galau, hanya lewat tulisan-tulisan sederhana ini kita bisa dapat berbagai pelajaran berharga. Tanpa disadari kata-kata memiliki kekuatan yang tidak terbatas untuk menginspirasi dan menggugah hati kita dalam saat-saat sulit. Tapi tahu gak sih kalau mungkin orang yang mendapatkan manfaat terbesar dari tulisan-tulisan tersebut bukanlah pembacanya, namun justru mereka yang menulisnya.

Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari faedah dari proses sederhana untuk menuangkan pemikiran atau perasaan dalam bentuk tulisan. Maka dari itu kali ini Hipwee bakal mengulas bagaimana menulis sebenarnya bisa menjadi terapi tersendiri bagi mereka yang sedang dirundung keputusasaan.

Menuliskan keputusasaanmu dalam secarik kertas bisa jadi langkah pertama yang harus kamu ambil untuk bergerak maju menuju penyelesaian segala masalahmu

Cerita harus dimulai untuk dapat berakhir via www.campusghanta.com

Jika kamu sering merasa terjebak tanpa jalan keluar, tanpa tahu harus berbuat apa atau harus mengadu kepada siapa, cobalah deskripsikan kegundahanmu tersebut dalam rangkaian kata-kata. Daripada bergumul dalam kepalamu sendiri terus-menerus, permasalahanmu akan terasa jauh lebih nyata dan jelas jika kamu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tulisan yang bisa kamu baca kembali sebagai bentuk nyata keberanianmu mengakui bahwa saat ini kamu sedang tidak baik-baik saja.

Mungkin selama ini rasa putus asa itu hanya bersumber dari keenggananmu menerima kenyataan atas masalah-masalahmu. Wajar saja tidak pernah menemui jalan terang jika kamu selalu menolak berhadapan langsung dengan masalahmu. Walaupun terlihat sepele, namun mencoba jujur terhadap diri sendiri dalam bentuk tulisan akan membantumu melihat permasalahan dengan lebih jelas dan menuntunmu untuk menyelesaikannya.

Ketika enggan berbagi cerita sedihmu bahkan kepada orang-orang terdekatmu, menulis bisa menjadi tempat tak terbatas untuk menceritakan semua keluh kesahmu

Advertisement

Ruang yang tak terbatas via www.boekschrijven.nl

Seringkali dalam keputusasaan yang berkepanjangan, kamu akan menemukan dirimu terus menghindar dan bersembunyi dari semua permasalahan serta orang-orang yang mengingatkanmu pada masalah itu. Atau ketika kamu bahkan telah menutup diri dari uluran tangan orang-orang terkasih yang ingin membantumu mencari jalan keluar. Sebelum lebih jauh terjerumus dalam kesendirian, segeralah temukan tempat untuk berbagi baik dalam wujud manusia lain, hewan peliharaan, atau cobalah berbagi kepada dirimu sendiri lewat tulisan.

Tidak seperti sahabat-sahabatmu yang mungkin memiliki keterbatasan waktu atau anjing kesayanganmu yang tidak mengerti bahasa manusia, sesi curhat antara kamu dan dirimu sendiri dalam tulisan tidak memiliki batasan apa pun. Jika perlu tambahan kertas pun tidak mahal, tulisan di ms word selalu bisa disimpan dan dihapus, kamu juga bisa menulis kapan pun dan dimana pun. Jadi percayalah jika semua orang terasa jauh dan tidak tergapai, kamu masih bisa mencari kekuatan dari dalam untuk berkomunikasi dengan dirimu sendiri…salah satunya lewat tulisan.

Kendalikan kembali hidupmu melalui tulisan. Dimana sah-sah saja jika mengandaikan permasalahanmu telah selesai dan akhirnya kamu menemukan kebahagiaan walaupun sebenarnya masih terpuruk

Kamu bisa menulis apapun sejauh pikiranmu melayang via cdn-media-1.lifehack.org

Karier yang selama ini susah payah kamu bangun bisa saja langsung terhenti ketika atasanmu berkehendak demikian, harga barang pokok juga bisa setiap saat naik tanpa peringatan, besok pun kamu bisa mati mendadak. Manusia hanya bisa terus berusaha sebaik menghadapi realita hidup untuk melangkah maju. Namun jika ringkih secara emosional, perasaan tidak berdaya atas ketidakpastian hidup tersebut seringkali membuatmu diam di tempat.

Maka dari itu kekuatan pikiran untuk bermimpi dan berandai-andai adalah senjata sakti yang bisa memotivasi manusia bergerak melampaui ketidakberdayaan mereka. Jika kamu sudah berani mendekatkan diri dengan semua masalahmu lewat tulisan, mulailah menuliskan segala skenario terindah menuju penyelesaian dan kebahagiaan dibawahnya. Tidak peduli semustahil apapun skenariomu untuk benar-benar terjadi di dunia nyata, dalam tulisanmu kamu memegang kendali penuh atas plot dan ending ceritamu.

Lagi-lagi, hasil tulisanmu menjadikan semua yang ada di pikiranmu lebih nyata. Paling tidak sekarang kamu memiliki pilihan skenario indah tercatat dalam tulisan yang selalu bisa kembali dibaca untuk motivasi dan panduan.

Membayangkan happy ending buat dirimu sendiri bisa mendorongmu untuk terus maju, mengikutsertakan perspektif orang lain dalam ceritamu dapat membuatmu lebih lapang dada menerima perbedaan

Kedamaian setelah memahami orang lain via edge.alluremedia.com.au

Menuliskan kembali hari-hari kita dalam diary, mengarang novel cinta, bahkan monolog sekalipun, ceritamu tidak akan bisa tercipta tanpa ada tokoh lain. Sejak lahir semua orang pasti di kenal atas hubungannya dengan orang lain. Saat lahir kamu tercatat sebagai anak ayah atau ibumu, ketika menikah tercatat secara resmi sebagai pasangan orang lain, lalu menjadi wali yang bertanggungjawab atas anakmu, dan semua hubungan sosial diantaranya.

Sedekat apapun hubungan kalian, pasti ada ruang terjadinya kesalahpahaman antara dua manusia. Emosi seringkali mengelevasi kesalahpahaman itu menjadi perselisihan. Keterbatasan manusia yang mudah lupa dan egois-lah yang kerap membiarkan perselisihan tersebut tidak terselesaikan. Maka dari itu menuangkan segala perasaan ke dalam bentuk tulisan merupakan metode favorit para psikolog menangani mereka yang tidak bisa mengontrol emosi.

Melalui tulisan, kita dapat menginterpretasikan sikap orang lain dalam bahasa kita sendiri. Setelah terlepas dari emosi sesaat, proses itu memaksa kita untuk kembali memahami posisi mereka. Karena harus memerankan semua lakon dalam tulisanmu, maka kamu akan mendapatkan kebijakan dari berbagai sudut pandang.

Tidak hanya memberikan ketenangan pikiran, berbagi lewat tulisan ternyata juga mampu menyegarkan raga

Kebahagiaan jiwa raga via i.huffpost.com

Pemahaman penuh atas masalah, jalur penyelesaian yang bisa diusahakan, dan reaksi orang lain melalui tulisan pastinya akan memberikanmu ketenangan pikiran. Namun ternyata menulis tidak hanya merupakan terapi mental yang efektif, manfaat positifnya juga melintasi batasan fisik. Studi yang dilaksanakan pada tahun 1990-an terhadap komunitas penderita AIDS menunjukkan bahwa pasien yang rajin membagi cerita diagnosis dan perkembangan penyakit mereka melalui jurnal dilaporkan mengalami peningkatan sel darah putih serta penurunan hitungan virusnya.

Bukannya menyembuhkan secara magis, ketenangan pikiran yang didapatkan dari pelepasan atas beban-beban yang dipendam berakibat positif terhadap proses penyembuhan fisik secara umum. Terutama dalam regenerasi sel darah putih yang berfungi sebagai sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu jika tidak ingin terjangkit penyakit turunan stres, rajin-rajinlah berbagi dengan orang lain atau dirimu sendiri lewat tulisan.

Sekarang sudah paham kan faedah utama dari kegiatan sesederhana menulis. Menulis itu tidak terbatas. Bisa sekedar menulis diary, coret-coret di belakang buku kuliah gara-gara kesal sama dosen killer, atau menulis sebagai kerjaan. Walaupun memang digaji, penulis di Hipwee juga dapat pencerahan lho tiap harinya nulis untuk kalian semua. Kalian juga bisa gabung nulis di Hipwee biar dapat pencerahan yang double-double. 

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!