Tak ada yang lebih menyenangkan di akhir pekan, selain bangun siang dan malas-malasan di kamar. Setelah seminggu berjibaku dengan pekerjaan atau tugas-tugas kuliah, menghabiskan waktu untuk tidur seharian atau sekedar guling-guling di kasur terasa sangat wajar.

Tapi, tahukah kamu bahwa orang-orang sukses justru menghabiskan akhir pekan dengan cara yang berbeda? Kenapa Steve Jobs, Bill Gates, hingga Oprah Winfrey justru punya kebiasaan yang jauh berseberangan dengan kebanyakan orang?

1. Akhir Pekan Bukan Ajang “Balas Dendam”. Bangun Siang Atau Tidur Seharian Justru Membuat Pola Istirahatmu Berantakan

tidur seharian via www.sodahead.com

CEO Disney Robert Allen ‘Bob’ Iger bangun pukul 04.30 setiap hari, termasuk di hari Sabtu dan Minggu. Menurut penelitian, otak manusia berada dalam kondisi prima ketika bangun pagi, tepatnya antara 1 hingga 4 jam setelah membuka mata. Nah, mungkin inilah salah satu alasan kenapa Iger memilih bangun pagi setiap hari.

Jangan berpikir bahwa akhir pekan adalah kesempatanmu untuk ‘balas dendam’. Jangan karena kamu tidak perlu pergi ke kantor atau kampus, kamu memilih bangun pukul 12.00. Kebiasaan di akhir pekan semacam ini justru akan merusak pola hidupmu. Ketika kembali pada rutinitas kerja di hari Senin, bisa-bisa kamu terlambat bangun atau mengantuk di kantor.

Advertisement

Yup, orang-orang sukses tidak akan menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan di tempat tidur hingga tengah hari. Mereka memilih menggunakan waktu luang di akhir pekan dengan sebaik-baiknya. Apa kamu juga melakukan hal yang sama?

2. Otak Tak Boleh Dibiarkan Malas-Malasan. Periksa To Do List-mu, Tuliskan Hal-Hal yang Harus Segera Dikerjakan

periksa daftar tugasmu – Benjamin Franklin via www.etsy.com

“Apa yang sebaiknya aku lakukan hari ini?” adalah pertanyaan yang setiap pagi dipikirkan bapak pendiri negara Amerika Serikat, Benjamin Franklin. Yup, Franklin akan memikirkan hal-hal apa saja yang penting untuk dikerjakan setiap harinya, termasuk saat akhir pekan.

Penting bagi kita untuk selalu menjaga kerja otak. Salah satunya adalah berupaya untuk tetap aktif berpikir. Akhir pekan bukan berarti kamu boleh bersantai dengan pikiran kosong. Periksa kembali to do list-mu, temukan apa yang harus kamu kerjakan di akhir pekan ini. Melonggarkan pikiran dan bersantai tentu boleh-boleh saja, asalkan kamu tetap melakukan apa yang seharusnya kamu kerjakan.

3. Tugas-Tugas Di Akhir Pekan Baiknya Dikerjakan Satu Per Satu Per Satu, Karena Multitasking Justru Mematikan Produktivitasmu

hindari multitasking – Tim Ferriss via www.creativelive.com

Penulis terlaris versi New York Times, Tim Ferris, setuju bahwa multitasking merupakan cara kuno yang sebaiknya segera ditinggalkan. Pasalnya, kebiasaan ini justru membuat konsentrasimu terpecah-pecah. Mengerjakan beberapa tugas di waktu yang sama justru akan membuatmu bekerja lebih lama.

Jangan berpikir bahwa kamu bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan secara bersamaan. Misalnya nih, telepon pacar sambil makan pagi dan mengamati timeline Twitter. Apa yang kamu lakukan justru tidak efektif dan efisien. Kamu mungkin saja salah menangkap maksud pacarmu lantaran lebih fokus pada sepiring nasi goreng yang sedang kamu nikmati. Akhirnya? Kalian bertengkar, deh.

Menurut Ferriss, cara yang paling tepat adalah mengerjakan tugas-tugas akhir pekanmu satu-persatu. Sebaiknya, pilih 2 tugas untuk diselesaikan dalam satu hari. Cara ini akan lebih efektif karena memungkinkanmu untuk fokus dan mendapat hasil yang maksimal.

4. Agar Kondisi Tubuh dan Otakmu Tetap Prima, Akhir Pekanmu Juga Harus Diisi Dengan Olahraga

kamu butuh olahraga via www.learntolive.com

Pemimpin Redaksi Majalah Vogue, Anna Wintour, selalu menyempatkan diri untuk main tenis setidaknya 1 jam setiap hari. Wintour bukanlah satu-satunya orang sukses yang rajin berolahraga. Richard Branson juga menyukai olahraga surfing, sedangkan orang terkaya nomer 4 di India adalah seorang pelari maraton.

Rutin berolahraga membuat tubuh tetap aktif dan fit, termasuk menjaga kinerja otak tetap prima. Semakin sehat kondisi fisikmu, maka semakin baik kemampuan berpikirmu. Akhir pekan bukan alasan untuk libur berolahraga, justru saat inilah kamu perlu menambah waktu olahragamu. Jika di hari kerja kamu berolahraga selama 1 jam, di akhir pekan bisa ditambah menjadi 2 jam.

5. Tugas-Tugas Kantor Jadi Prioritas Saat Hari Kerja. Ketika Hari Libur Tiba, Berkumpul Dengan Keluarga Adalah yang Utama

prioritaskan waktumu – Steve Jobs via quotes.lifehack.org

Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk hal-hal sederhana yang mungkin terlupakan. Yup, Steve Jobs menjadikan akhir pekan sebagai penyeimbang hidup. Lepas dari urusan pekerjaan, dia memilih menggunakan waktunya untuk berkumpul bersama keluarga atau teman.

Mengisi akhir pekan untuk berlibur bersama keluarga atau teman memang tidak menghasilkan uang. Tapi, ada saat dimana kamu bisa merasakan bahwa hidup bukan semata-mata soal uang. Kebahagiaan dalam keluarga dan lingkungan sosial jauh lebih penting daripada materi.

6. Saat Jengah Dengan Rutinitas Pekerjaan, Mengakrabi Hobi Bisa Jadi Caramu Melonggarkan Pikiran

geluti hobimu – Warren Buffett via www.independent.co.uk

Siapa sangka seorang pebisnis sukses ternyata memanfaatkan waktu luangnya untuk menekuni hobi? Warren Buffett, misalnya. Dirinya gemar memainkan ukulele — alat musik petik mirip gitar berukuran mini asli Hawaii.

Memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu untuk menggeluti hobi ternyata tidak hanya menyenangkan. Bermain golf misalnya, biasa dimanfaatkan orang-orang sukses sebagai ajang bertemu rekan bisnis atau klien untuk kemungkinan memperluas jaringan bisnis.

Selain itu, hobi-hobi yang sifatnya individual seperti melukis (George W. Bush) dan merajut (Meryl Streep) juga tidak kalah bermanfaat. Inilah cara-cara orang-orang sukses meningkatkan kreativitas dan mengobati stres akibat tekanan pekerjaan.

7. Keriuhan Dalam Kepalamu Harus Diredam, Sejenak Duduk Bersila Sambil Memejamkan Mata Akan Membuatmu Lebih Tenang

meditasi – Oprah Winfrey via bluemountainfitness.com

Peraih penghargaan Most Powerful Celebrity 2013 versi Forbes biasa menghabiskan akhir pekan untuk bermeditasi. Yup, Oprah Winfrey menghabiskan 2 x 20 menit dalam sehari untuk melakukan yoga – duduk bersila dan menenangkan diri.

Dunia profesional memang telah mengakui manfaat yoga sebagai cara alternatif untuk mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, kreatifitas, serta menjaga keberadaan energi dan aura positif dalam tubuh.

Kadang, akhir pekan bisa jadi lebih sibuk dari hari-hari biasanya. Memeriksa pekerjaan yang belum selesai, acara keluarga, bertemu teman, hingga bersih-bersih rumah misalnya: banyak hal yang terpaksa dikerjakan sekaligus selama 2 x 24 jam. Tapi, orang-orang sukses tau bagaimana mereka harus menyempatkan waktu untuk diri sendiri demi bisa sekedar duduk dan sejenak hening.

8.  Demi Hidup yang Lebih Normal, Nikmati Akhir Pekanmu Tanpa Media Sosial

jauhi media sosial via blog.certainsource.com

Banyak orang terbiasa menghabiskan hari libur untuk hal-hal yang sebenarnya kurang bermanfaat, bermalas-malasan di tempat tidur sambil update di media sosial misalnya. Pahadal, efek negatif dari media sosial bisa jadi membuat akhir pekanmu berantakan lho!

Misalnya nih, ketika waktu libur hanya kamu habiskan di rumah sementara teman-temanmu sibuk posting foto liburan di pantai. Kira-kira, apa yang kamu rasakan? Akan ada perasaan iri yang menyiksa dirimu sendiri. Kamu akan merasa bahwa akhir pekanmu tidak cukup keren jika dibanding acara liburan temanmu. Atas kemungkinan inilah Randi memilih sejenak menjauh dari media sosial ketika akhir pekan. Dengan begitu, dia bisa lebih menghargai waktu dan apa yang sudah dimilikinya: akhir pekan yang bahagia.

9. Sabtu dan Minggu Adalah Waktumu Berbenah Diri. Apa yang Kurang Di Minggu Ini, Esok Harus Lebih Baik Lagi

waktumu berbenah diri via www.huffingtonpost.com

“Merayakan kesuksesan itu boleh-boleh saja, tapi mengambil pelajaran dari kegagalanmu itu jauh lebih bermakna.”

Satu dari sekian kutipan Bill Gates ini menegaskan betapa pentingnya refleksi diri bagi Bill Gates. Memang, dalam usaha menuntaskan pekerjaan pasti kita merasakan momen saat sukses dan gagal. Tapi, sudah sepantasnya manusia bisa menerima kegagalan dan menjadikannya sebagai pelajaran.

Refleksi diri mungkin seharusnya bisa dilakukan setiap hari. Namun, akhir pekan adalah waktu yang tepat berhenti dari rutinitas pekerjaan dan menemukan: apa yang kurang di minggu kemarin sehingga bisa diperbaiki di minggu depan.

Menurut Gretchen Rubin  lewat bukunya yang berjudul  The Happines Project, cara paling mudah untuk merefleksi diri adalah dengan membuat ‘satu kalimat refleksi’ setiap harinya. Buatlah akhir pekan sebagai suntikan semangat untuk menyambut hari Senin. Misalnya, kamu bisa menulis:

“Produktivitasku menurun di minggu kemarin lantaran masalah kesehatan. Minggu depan harus minum vitamin supaya lebih sehat dan lebih produktif lagi.”

10. Kamu Tidak Sedang Hidup Sendirian, Gunakan Waktumu Bertemu Mereka yang Butuh Bantuan

beramal – Richard Branson via says.com

Menurut Richard Branson, beramal adalah cara bagi kita untuk sejenak melupakan pekerjaan. Dengan melupakan pekerjaan, Branson bisa lebih fokus pada isu-isu kemanusiaan seperti membantu korban bencana alam, kemiskinan, atau mengatasi perubahan iklim. Branson mengingat-ingat kata-kata Anne Frank yang berbunyi:

“Tidak ada seorangpun yang akan jatuh miskin karena beramal.”

Pernyataan ini didukung oleh penelitian selama 5 tahun yang dilakukan Tom Corley, penulis buku laris Wealthy Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals. Lewat penelitiannya, dia menemukan bahwa 73% orang sukses menghabiskan lebih dari 5 jam setiap bulan untuk aktif di acara-acara amal.

11. Kamu Bisa Mulai Mengumpulkan “Amunisi” Sejak Minggu Pagi. Buka Folder Pekerjaan dan Cicil Tugas Di Minggu Depan Dari Sekarang!

mencicil pekerjaan via imgkid.com

“Saya libur di hari Sabtu dan biasanya naik gunung. Hari Minggu jadi waktu saya untuk refleksi diri, mendengar masukan dari orang lain, dan menyiapkan strategi untuk pekerjaan selanjutnya.” – Jack Dorsey.

Walaupun dianggap cukup kejam karena punya kebiasaan bekerja selama 16 jam setiap hari dari Senin hingga Jumat, Dorsey ternyata tetap menyempatkan untuk berlibur di hari Sabtu. Bedanya, dia sudah kembali bersiap untuk bekerja di hari Minggu. Sama halnya seperti yang di tuliskan oleh Laura Vanderkam lewat What the Most Successful People Do on the Weekend, bahwa akhir pekan bisa jadi senjata rahasia bagi mereka yang bertekad untuk sukses.

Orang-orang sukses bahkan sudah membuktikan bahwa prestasi bukan hanya ditentukan dari bagaimana kamu bekerja dari Senin hingga Jumat. Lebih dari itu, sukses adalah bagaimana seseorang bisa melewati 24 jam selama 7 hari, termasuk saat akhir pekan. Jadi, gimana akhir pekanmu kali ini? Masih bangun siang, tidur seharian, dan malas-malasan di kamar?