Kesedihan dan penderitaan yang kamu alami memang berat, kadang mengurung diri di kamar salah satu cara untuk membuatmu lebih tenang. Tapi bukan berarti di dalam kamar kamu terus mengutuk diri atau menangisi segala kegagalan. Mengurung diri tak bisa juga jadi cerminan kalau dirimu masuk dalam tahap depresi. Bisa saja kamar jadi wahana paling seru untuk melupakan segala beban.

Kamar bagimu seperti taman bermain untuk melepas segala beban. Kamu bangun dan kembali tidur di kamarmu ini, ibaratnya kamu punya rumah sendiri di sana. Sudah semestinya mengurung diri di kamar harus diisi dengan hal yang positif. Hal positif yang bisa membangkitkan semangatmu kembali. Kamu perlu mengubah cara pandang bahwa mengurung diri bukan berarti kebiasaan orang-orang depresi, tapi beberapa alasan ini pantas dipertimbangkan. Ya memang, kadang kita perlu menyendiri.

1. Butuh pariwara me time, memuaskan diri sendiri dan mencoba lepas dari dunia luar yang gaduh

Makan yang banyaaaaak! via unsplash.com

Advertisement

Di luar sana terlalu banyak keriuhan yang kadang terasa menjemukan. Membuat pikiranmu bertambah kalut, belum lagi ada saja aturan sosial di mana kamu harus menjaga sikap ke teman atau orang lain meski suasana hatimu sedang tak baik. Karena itu, kalau memang kamu merasa tak bisa menipu keadaan, mengurung diri bisa jadi momen untuk me time seru di kamar.

2. Mengurung diri di kamar saat ada masalah lebih baik ketimbang ke luar rumah tapi tak kunjung mendapatkan jalan keluarnya

Cari jalan keluar di dalam kamar via unsplash.com

Hidup pasti akan memberimu pengalaman lewat masalah yang datang silih berganti. Tetapi mirisnya, kadang kamu merasa masalah tak bisa diselesaikan dengan cepat karena tak bisa fokus untuk mencari jalan keluar. Hanya dengan mengurung diri dan memikiran jalan keluar dengan intens kamu bisa mengatasi segala masalah. Kamu perlu melihat berbagai langkah dari sudut pandangmu dulu sebelum cerita ke orang lain.

3. Ini soal menata diri, merencanakan apa yang sebaiknya dilakukan untuk esok hari biar lebih fokus dan tak terkontaminasi

Merencanakan sesuatu untuk esok hari via unsplash.com

Kamu pasti pernah berpikir kalau rutinitas ini sangat menyita waktumu dan bahkan seringkali membuat rencana-rencana hari esok jadi sebuah kegagalan. Dengan mengurung diri dan merencanakan harapan untuk esok hari pastinya hari-harimu jadi berbeda. Kejenuhan karena rutinitas yang “itu-itu saja” jadi sedikit terobati.

4. Mengurung diri bisa jadi momen instrospeksi dan membangun rasa percaya diri untuk menentukan langkah sendiri

Introspeksi dulu via unsplash.com

Advertisement

Di luar sana banyak sekali saran dan nasihat berkelindan di kupingmu, hal ini kadang yang membuatmu bingung menentukan langkah. Ketika masalah datang, mengurung diri untuk berinstrospeksi jadi hal penting, dari situ kamu bakal tahu langkah seperti apa dan sikap yang bagaimana yang perlu kamu ambil. Daripada kamu malah menyalahkan orang lain.

5. Butuh melunaskan kesedihan biar saat-saat menyambut dunia luar tak ada lagi kesedihan. Move on!

Habiskan segala kesedihan via unsplash.com

Sebagai manusia sudah lumrah kamu merasa sedih jika ada masalah yang datang mendera. Kesedihan akan membawamu pada pemikiran-pemikiran pesimis. Sebelum kamu menangis dan curhat ke teman-teman ada baiknya menghabiskan kesedihan dulu. Tapi bukan berarti kamu jatuh ke hal yang negatif, justru dengan menangis kamu menghindari jalan keluar yang negatif. Selepas melunaskan kesedihan, kamu bisa memulai curhat dengan teman-teman deh.

6. Kadang karena dunia begitu kejam, butuh waktu menyendiri untuk meluapkan emosi daripada marah tak jelas di depan teman-teman

Buat menahan emosi via unsplash.com

Banyak sekali hal yang memancing emosimu di luar sana. Kalau dipikir malah bikin kamu marah dan tak kuat menahan emosi. Daripada kamu marah dan merugikan dirimu sendiri ada baiknya kamu mengurung diri dan mengalihkan perhatian ke hal-hal yang lebih menyenangkan dan positif.

7. Mencoba mengenali diri sendiri, kadang memang dunia sosial membuat kita lupa untuk mengerti hasrat diri sendiri

Kenali diri sendiri dulu

Kamu sebagai seorang teman mungkin adalah sahabat terbaik bagi teman-temanmu. Tapi pernahkah kamu berpikir untuk mengenali lebih dalam soal dirimu sendiri? Melupakan diri sendiri malah jatuhnya kamu tak bahagia atau hidupmu serasa jadi milik orang lain. Baiknya kamu kenali diri sendiri sebelum melayani dan mengenal lebih jauh orang lain.

Kamu perlu merawat dirimu, sebab kadang batinmu terlalu lelah dibelenggu berbagai masalah. Dan satu-satunya obat dengan kebebasan sepuasnya sampai semua lunas dan berganti hal yang menyenangkan. Kamu yang sering disibukkan dengan segala pekerjaan dan rutinitas, sudah saatnya mengenal dan menyenangkan diri sendiri. Tak harus mengurung diri di kamar, yang terpenting kamu punya niatan untuk menyenangkan batinmu dengan segala kebaikan untuk dirimu. Liburan atau menonton film di kamar bisa jadi cara jitu menghindarimu dari stres berpikir atau masalah yang tak perlu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya