Akhir tahun ajaran sudah di depan mata, kamu yang kini duduk di bangku sekolah akhir mungkin ada yang sudah mendapatkan kampus impian. Sementara sebagian lainnya masih harus berjuang, kamu yang kini jurusan kuliahnya masih di angan-angan wajar saja merasa jika takut atau bimbang. Tak jarang, kamu malah memilih tergoda memilih jurusan kuliah tertentu karena ikut-ikutan teman. Padahal ini bakal berdampak buruk lho buat kamu.

Coba pertimbangkan dengan baik jurusan apa yang akan kamu pilih tanpa harus selalu melihat kepada orang lain. Jadikan pendapat orang hanya sebagai masukan, bukan sesuatu yang wajib dituruti. Agar tak lagi bimbang, pastikan kamu tahu beberapa hal ini dulu sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah.

1. Jurusan keren itu bukan cuma teknik dan kedokteran, lagi pula di sana ‘kan banyak saingan!

Mahasiswa kedokteran

Kedokteran jadi jurusan bergengsi via ukwms.ac.id

Advertisement

Bukan rahasia lagi kalau banyak calon mahasiswa yang berebut untuk memilih jurusan-jurusan bergengsi, diantaranya kedokteran dan teknik. Dua jurusan ini dianggap memiliki pamor paling tinggi karena berisi anak-anak pintar ditambah prospek kerja ke depan yang katanya akan cerah. Karena itu banyak calon mahasiswa menghalalkan segala cara agar bisa masuk dua jurusan itu. Padahal untuk masuk kesana kan juga banyak banget saingannya.

2. Soal prospek kerja memang harus dipikirkan, tapi meningkatkan pengalaman harus lebih diprioritaskan

Jurusan apapun punya prospek kerja

Jurusan apapun punya prospek kerja via huffingtonpost.com

Walaupun tidak sepenuhnya benar bahwa jurusan-jurusan tertentu memiliki prospek kerja yang baik, masih banyak saja orang-orang yang mempercayainya. Padahal yang harus kamu prioritaskan sebenarnya adalah pengalaman, semakin banyak pengalaman yang kamu dapatkan di bangku kuliah baik dari kelas maupun organisasi akan membuka prospek kerja yang baik di masa depan. Jadi daripada hanya mengkhawatirkan prospek kerja, kenapa sambil kuliah kamu tidak berfokus untuk meningkatkan pengalaman saja?

3. Nggak ada jaminan jurusan tertentu lebih sukses dari lainnya, lebih baik ikuti passion-mu saja

Passion harus lebih diutamakan

Passion harus lebih diutamakan via assoc-of-photographers.co.uk

Apa passion-mu? Jika belum tahu maka kamu harus mencari tahu terlebih dulu apakah bidang yang benar-benar kamu sukai sepenuh hati. Jika kamu sudah punya jawabannya, maka kamu harus mengejarnya. Jaminan kesuksesan setelah kamu masuk jurusan tertentu itu tidak ada. Karenanya, memperjuangkan passion selalu jadi lebih penting dari apa yang kamu tahu. Passion akan membawamu pada kepuasan bukan hanya sekedar uang dan jenjang karir yang baik. Passion akan benar-benar membuatmu hidup sesuai dengan apa yang kamu mau.

4. Kuliah itu mencari ilmu bukan cuma nilai, jangan milih jurusan dengan harapan kamu bakal bisa santai

Jangan memilih yang membuatmu santai

Jangan memilih yang membuatmu santai via twitter.com

Advertisement

Tidak ikut arus dengan memilih jurusan yang banyak saingannya bukan berarti juga kamu harus memilih jurusan yang bisa membuatmu santai. Karena kuliah seharusnya bukan hanya menjadi ajang pencarian nilai tapi lebih pada mencari ilmu. Pertimbangkan berbagai macam hal sebelum kamu benar-benar memutuskan jurusan yang kamu inginkan. Dan jangan lupa juga bahwa ilmu yang paling baik adalah ilmu yang bermanfaat untuk orang lain.

5. Jangan sampai saat kuliah nanti kamu jadi terpaksa, kamu harus pilih yang bisa membuatmu bahagia

Kuliah membuatmu merasa terapaksa

Jangan kuliah di jurusan yang membuatmu merasa terpaksa via uloop.com

Memilih jurusan kuliah yang sebenarnya kamu tidak suka, misalnya terpaksa karena disuruh orang tua, tidak akan pernah membuatmu bahagia. Pilihan ornag tua bisa jadi salah satu pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah, tapi kamu pun tak boleh begitu saja kalah. Jika memang tak sesuai dengan apa yang kamu inginkan kamu harus memberikan alasan-alasan yang logis kepada mereka agar bisa mulai menerima.

6. Kuliah adalah salah satu jalan untuk mencapai masa depan, jangan sampai gengsi mengalahkan harapan

Setelah wisuda, masa depanmu terbuka

Setelah wisuda, masa depanmu terbuka via uny.ac.id

Setelah lulus nanti, kamu akan mulai melihat bagaimana jalan masa depanmu mulai terbuka dan ke arah mana kamu akan memulai hidupmu yang baru. Di sana terdapat pula harapan-harapan yang bisa kamu pilih akan diwujudkan atau tidak. Jadi memilih jurusan kuliah memang bukan main-main belaka, hasilnya akan menjadi tiketmu untuk meraih masa depan yang lebih cerah atau bahkan sebaliknya. Disinilah semuanya akan mulai ditentukan.

7. Saingan di dunia kerja lebih keras dari yang kamu bayangkan. Adu kemampuan terkadang bukan hanya soal jurusan

Saingan di dunia kerja tuh seberat ini

Saingan di dunia kerja tuh seberat ini via prepary.com

Persaingan di dunia kerja itu sangat keras, jutaan orang bersaing sementara jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan peminat. Akibatnya banyak sekali pengangguran di negeri kita termasuk mereka yang telah menyandang gelar sarjana, bahkan mereka yang berasal dari jurusan paling bergengsi sekalipun. Persaingan di dunia kerja adalah tentang bagaimana kamu mengelola kemampuan dan terus memacu kreativitas.

Nggak perlu bingung memilih jurusan kuliah, yang penting kamu mengukur kemampuan dan terus membuka keran-keran kesempatan sebanyak mungkin. Teruslah berjuang hingga titik darah penghabisan, semoga mendapatkan jurusan kuliah yang kamu inginkan dan memang terbaik untukmu ya, guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya