Meraih Kemenangan Kecil Adalah Awal dari Kemenangan Besar

Kamu terlahir sebagai seorang pemenang. Setidaknya kamu pernah menang sekali seumur hidupmu. Yaitu saat kamu terlahir di dunia ini. Itu adalah kemenangan pertamamu. Selamat, kamu berhasil menyisihkan jutaan calon janin lainnya. Kamu memiliki kesempatan yang tidak dimiliki oleh para calon janin itu, yaitu kehidupan.

Advertisement

Hingga akhirnya kamu tumbuh besar. Menjadi seorang yang belajar tentang kehidupan. Sebuah kemenangan seperti barang berharga untukmu. Kamu tidak terlahir dari keluarga yang kaya raya, kamu tidak memiliki supporting system yang baik. Realita membuatmu lupa kalau kamu adalah seorang pemenang. Kamu lupa bagaimana caranya menang. Padahal sejatinya kamu bisa menjadi seorang pemenang. Tinggal bagaimana kamu memandang esensi dari kemenangan itu.

Sebuah kemenangan tidaklah harus ‘wah’. Sebuah kemenangan tidak harus membuat orang lain memujimu, memberikan ratusan likes atau ucapan selamat di laman media sosialmu. Sebuah kemenangan juga tidak harus sampai membuatmu mengubah dunia. Kemenangan tidak selalu identik dengan tumpukan materi yang berlimpah. Sebuah kemenangan tetaplah kemenengan, sekecil apapun itu. Di sinilah pentingnya kamu mengubah cara pandangmu tentang kemenangan.

Ketimbang kamu memandang kemenangan sebagai suatu pencapaian yang besar. Seperti mengubah dunia, kaya raya menjadi milyader, punya bisnis di berbagai bidang. Kamu bisa mulai sedikit ubah cara pandangmu. Hari ini kamu sudah mengerjakan semua pekerjaan yang diberikan oleh atasanmu. Itu adalah kemenangan. Kamu berhasil olahraga selama 30 menit pada hari ini, itu juga kemenangan. Kamu membagikan makanan kepada kucing yang ada di sekitar rumahmu. Itu juga merupakan sebuah kemenangan. Kamu berhasil menahan godaan dari belanja gila-gilaan saat diskon tanggal cantik dari market place. Sekali lagi itu adalah kemenangan. Kamu membaca buku sebanyak lima lembar, selamat kamu juga berhasil menang pada hari itu.

Advertisement

Tanpa terasa kemenangan akan menjadi begitu akrab di kehidupanmu. Perlahan namun pasti kamu mulai menjadi seorang pemenang dengan mengubah sudut pandangmu. Karena definisi kemenanganmu tidaklah memberatkanmu dan memberikan beban yang besar pada pundakmu.

Mulai dari sekarang, tetapkan apa saja kemenangan-kemenangan kecil itu. Meski terlihat sepele dan tidak terlalu berpengaruh besar namun apabila dilakukan setiap hari, hingga menjadi sebuah kebiasaan – maka akan mengantarkanmu ke gerbang kemenangan yang lebih besar. Kemenangan yang besar tidak datang dengan tiba-tiba, ia adalah hasil akumulasi kemenangan-kemenangan kecil yang konsisten. Kesempatan akan datang pada orang-orang yang memiliki daya juang dan daya tahan. Percayalah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I Write blog not tragedies.

CLOSE