Bulan puasa gini, biasanya semua orang mendadak jadi rajin bikin bukaan sendiri, selain lebih sehat tentu lebih hemat pastinya. Bayangin deh kalau setiap hari harus beli bukaan, bikin kantong cepat banget jebol kan? apalagi anak kost,duh! Nih ada #ResepAndalanku untuk buka puasa, nggak perlu harus jago masak deh, yang penting alat masaknya ada haha!

Kalau biasanya kamu bikin risol isinya sayuran, sosis, ayam, daging, kali ini kudu cobain riscok lumer alias risol isi coklat lumer. Risol isi coklat lumer ini memang sangat jarang dijual, padahal bikinnya gampang lho, Yuk simak!

Advertisement

Pertama, sediain kompor dan teflon yang biasa untuk dadar telur, kalau bisa ukuran teflonnya jangan kekecilan dan juga jangan kebesaran, yang ukuran sedang saja supaya bentuk kulit risolnya rapih (tidak ketebalan, kelebaran, dan kekecilan) dan memudahkanmu.

Bahan yang perlu disiapkan yaitu :


Tepung terigu 250gr

Advertisement

Telur 1 butir

Minyak makan secukupnya

Air masak

Garam 1/2 sdt

Meses

Tepung panir


Ini dia langkah-langkah memmbuat risol coklat lumer, dijamin gampang banget!

1. Campurkan semua bahan; tepung, telur, garam, air dan minyak makan kira-kira 5 sendok makan. Jangan lupa sisihkan sedikit putih telur untuk melengketkan lipatan kulit risol yang sudah di dadar nanti. Btw fungsi minyak makan di dalam adonan adalah untuk menghindari adonan lengket di teflon dan susah diangkat.

2. Lalu mixer atau aduk adonan yang sudah dicampurkan hingga tepung tidak menggumpal. Setelah adonan selesai, sisakan sedikit adonan untuk melengketkan panir.

3. Siapkan teflon dengan sedikit olesan minyak makan, ingat ya sedikit. Olesan minyak ini bisa dilakukan setiap 3 kali pendadaran kulit risol.

4. Kemudian masukkan meses yang sudah disediakan ke dalam kulit risol yang sudah jadi. Agar tidak mudah lepas dan bocor, oleskan putih telur di tiap-tiap bagian yang akan dilipat. Pastikan meses sudah terbungkus rapi ya!

5. Risol yang sudah jadi, celupkan ke tepung sisa tadi lalu gulingkan ke panir dan sedikit ditekan-tekan agar panir benar-benar lengket dan tidak mudah lepas saat di goreng.

6. Terakhir, goreng risol di wajan penggoreng yang sudah berisi minyak dan pastikan minyaknya benar-benar panas sehingga risol tidak perlu lama-lama di dalam penggorengan.

Gampang banget kan bikinnya? Semoga #ResepAndalanku ini bisa jadi #ResepAndalanmu juga ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya