Situs Warungboto, Peninggalan Sejarah Kesultanan Raja Ngayogyakarta Hadiningrat

Salah Satu Peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono II

Pesanggrahan Rejawinangun atau yang lebih di kenal dengan sebutan Situs Warungboto. Situs Warungboto berlokasi di Jalan Veteran No. 77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Situs Warungboto dulunya merupakan tempat pesanggrahan Sri Sultan Hamengku Buwono II yang memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan sekaligus tempat pemandian bagi keluarga kerajaan. Didalam Situs Warungboto terdapat segaran, taman, kolam dan kebun, yang dulunya sengaja dibuat untuk menciptakan kenyamanan serta ketenangan bagi keluarga kerajaan.

Advertisement

Sebelum di renovasi, Situs ini hanyalah reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat. Setelah dilakukan pemugaran dan renovasi oleh BPCB DIY (Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta) yang selesai atau di resmikan pada tanggal 23 Desember 2016.

Situs Warungboto dibangun di sisi barat dan timur sungai Gajah Wong dan membujur dari arah barat ke timur. Bangunan sisi barat merupakan kompleks bangunan berkamar dengan halaman berteras dan kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air. Kolam pertama berbentuk bundar dengan sumber mata air ditengahnya dan koman kedua berbentuk persegi yang cukup luas. Sisi timur kolam terlihat ada beberapa jendela, dan sebelah utara serta selatan kolam tampak pintu berukuran lebar dan tinggi yang menghubungkan bawah tanah.

Arsitektur di Situs Warungboto seklias dilihat mirip dengan arsitek Tamansari. Kemiripan tersebut dapat dilihat dari dinding-dinding yang tebal dan kokoh. Serta memiliki lorong yang memiliki atap berbentuk melengkung pada bagian atasnya yang begitu menarik. Taman yang seolah dikepung oleh bangunan kamarpun menampakkan kemegahannya. Begitu juga dinding yang terlihat tua justru menambah kesan estetik dari bagunan megah ini.

Advertisement

Meskipun hanya sebuah situs namun nyatanya tempat wisata ini mampu menghipnotis perhatian banyak orang karena spot foto dengan view yang Instagramable. Salah satunya adalah menarik perhatian putri orang nomor satu di Indonesia, Khaiyang Ayu yang sempat melakukan foto prewedding di Situs Warungboto. Demi menjaga kenyamanan berwisata pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti lahan parkir, toilet dan kantin.

Saat ini, pengelola Situs Warungboto membebaskan tiket masuk wisata. Hanya saja bagi pengunjung yang membawa kendaraan peribadi maka wajib membayar tiket masuk wisata sebesar Rp. 3000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000,- untuk kendaraan mobil. Wisatawan yang bekkungjung, harus mentaati sejumlah aturan yang ada, yakni dilarang memanjat bangunan situs, menjaga kebersihan dan dilarang mencoret-coret tembok situs.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE