Temukan Inspirasi dan Asah Skill-mu di tengah Pandemi di Generasi #BisaBanget bareng Bear Brand dan Inspigo!

GenerasiBisaBanget Skill Up Project – Empower Yourself in a Changing World

Tanggal 1-2 November 2020, ada acara yang seru banget dari Bear Brand dan Inspigo untuk kita yang nggak bisa kemana-mana karena pandemi ini! 

Advertisement

Acara yang diberi nama GenerasiBisaBanget Skill Up Project–Empower Yourself in a Changing World ini dibagi dalam 4 episode, 2 episode sudah terlaksana di tanggal 1 dan 2 lalu, dan membahas tentang bagaimana mencapai goal kamu dan menjaga kesehatan mental kamu di tengah pandemi ini. Masih ada 2 episode lagi yang akan tayang di tanggal 7-8 November 2020, stay tuned ya sobat Hipwee!

Konsep acara ini adalah virtual live talkshow dengan fokus utama adaptasi kita di kondisi sekarang yang nggak bisa kemana-mana. Kondisi seperti ini enggak boleh membuat kita menyerah ya sobat Hipwee! Kalau kata Kresna Julio, Moderator sekaligus MC acara kemarin, “Generasi bisa banget, pantang berdiam diri dan galauin kondisi!”

Selain ada narasumber yang keren abis, ada healthy tips to stay fit dari Petite Diva dan juga financial hack tips dari Felicia Putri Tjiasaka. Belum lagi ada performance dari Ardhito Pramono dan Mocca di episode 1 dan 2 ini! Complete package banget nggak tuh! Kapan lagi bisa nonton Ardhito dan Mocca tanpa desak-desakan, iya nggak?

Advertisement

Episode 1 dibuka oleh Kak Lizzie Parra, Founder of BLP dan Kak Samuel Ray yang berbicara tentang bagaimana mencapai goal di tengah pandemi ini. Beberapa tips dari Kak Lizzie seperti, mempunya mindset yang positif dan berpikir tentang apa yang bisa kiita lakukan di situasi sekarang, hindari bekerja dari kasur, mencari cara lain agar tidak demotivasi, percaya tuhan punya rencana yang lebih baik lagi, mungkin memang belum waktunya, bersyukur dan ikhlas dengan keadaan serta menurunkan standar agar kita bisa lebih menerima keadaan.

Pesan dari Kak Lizzie untuk teman-teman yang menonton adalah, “yang bikin kita takut adalah kita sendiri dan keterbatasan kita sendiri. Yang bikin kita takut adalah goal-nya, kita ubah mindset kita dari kesuksesan goal kita menjadi keberprosesan goal kita. Instead of fokus pada capaian goal-nya, kita fokus ke proses goal itu. Cari tahu keinginan kita, cari tahu apa yang kita bisa dan apa yang kita suka agar kita bisa menjalaninya secara maksimal”

Advertisement

“Hang in there, ini pasti bakal berlalu. Nikmati prosesnya, Jangan patah semangat, jadilah generasi bisa banget di tengah pandemi ini””

Selanjutnya ada tips dari Kak Samuel Ray untuk mengambil Langkah mundur, mundur sebentar untuk melihat kita sudah sejauh mana, melihat kondisi mental kita apakah masih sehat atau tidak dan harus jujur soal kapasitas diri. Jangan terlalu banyak goal yang akhirnya tidak fokus dan tidak ada yang tercapai. Kemudian juga harus bisa mengapresiasi proses dalam pencapaian goal tersebut.

Lalu soal bekerja dengan passion, hal itu bukan berarti akan lepas dari stres, semua di dunia ini tidak akan lepas dari tekanan ataupun stres. Jadi melakukan hal yang kamu sukai pun akan ada tantangan dan tekanannya. Tapi yang beda adalah kita yang melakukannya dengan passion, akan lebih tahu bagaimana mengatasi dan menghandlenya. Semua butuh waktu, enjoy the process. Kita harus mencoba semuanya supaya kita tahu mana yang paling kita kuasai dan sukai, because we never know if we never tried.

“Jangan lari, pelan-pelan saja. Berpikir dan mempunyai scenario, coba tetep punya long term view, setelah pandemic apa yang ingin dilakukan, apa yang bisa gue optimalkan, tetep punya mimpi dan lihat probabilitasnya after pandemi” Begitu pesan lelaki yang akrab disapa Koh Sam ini oleh penggemarnya.

Episode 2 dibuka dengan Talkshow dari Marcella FP dan Dr. Jiemi Adrian. Marcella FP, penulis buku NKTCHI-nya yang terjual lebih dari 120.000 eksemplar berbagi tips tentang mengatasi kecemasan di era pandemi ini. Satu hal yang ia pelajari bahwa di dunia ini tidak ada yang pasti. Marcella yang baru saja merilis buku terbaru yang berjudul Tidak Ada yang Benar-Benar Pergi Hari Ini berkata bahwa kecemasan datang karena siklus yang berubah, yang paling berat memang di awal.

Adaptasi menjadi hal yang penting ketika semua yang tadinya serba cepat dan banyak kegiatan menjadi hilang tiba-tiba di tengah kondisi ini. Penting untuk mengetahui dari mana sumber kegelisahan untuk mengatasi kecemasan dan belajar untuk mencari kegiatan lain untuk pengalihan energi yang cocok untuk diri kita masing-masing. Cara tiap orang berbeda-beda bagi Marcella menulis menjadi caranya, menulis dapat membuat otaknya tidak penuh karena sebagian isi pikirannya sudah dituangkan dalam tulisan.

Selanjutnya ada dr Jiemi, seorang Psikiater di RS Siloam Bogor yang memberikan banyak tips seputar menjaga kesehatan mental di tengah pandemi ini. 63 persen sebab kecemasan sekarang ini datang dari pandemi, pandemi menjadi stressor utama sekarang ini, penyebabnya antara lain kebutuhan sosial menjadi terganggu di era pandemi ini, kita tidak bisa reach out ke orang lain ketika ada masalah, sehingga ini memperburuk kemampuan kita untuk menangani stress.

Dr. Jiemi juga membagikan tips agar tidak overthinking, seperti journaling, membuat jadwal khusus untuk overthinking agar kita punya kontrol atas pikiran kita sendiri, lalu melihat apakah yang kita pikirkan itu masih dalam kendali kita atau tidak, jika diluar kendali kita, tidak usah kita pikirkan. Menerapkan pola pikir yang ramah dengan diri sendiri ketika kita melakukan kesalahan juga penting, Jangan menyiksa diri sendiri dengan menuntut kesempurnaan, kesalahan adalah bagian dari menjadi manusia.

“Kadang menjadi kuat bukan berusaha lebih keras tapi tahu cara beristirahat dengan tepat” begitu pesan dr. Jiemi.

Enggak cuma harus sehat secara fisik, kita juga harus sehat secara mental ya selama pandemi ini! Tips-tips dari acara Bear Brand in Collaboration with Inspigo ini bisa bikin kita makin sehat dan produktif selama pandemi ini. Generasi bisa banget pasti bisa melalui pandemi ini dengan tips-tips dari acara ini!

Kalau ketinggalan 2 episode kemarin, kamu masih bisa kok menonton 2 episode berikutnya di tanggal 7 dan 8 November 2020! 2 episode itu akan memberikan kamu insight tentang bagaimana cara menambah kreatifitas selama di rumah dan bagaimana mem-branding diri agar lebih terlihat diantara yang lain. Akan ada performance dari Danilla Riyadi dan HiVi! Jangan sampai ketinggalan ya! Kunjungi generasibisabanget.inspigo.id untuk info lengkap acaranya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE