Website, Apakah Hanya Sebagai Media Informasi ? Tentu tidak, Yuk Diskusi dan Mengenal Website !

Website, apa sih yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Website ? Informasi, berita, website bisnis, website buat kamu belanja, dan apalagi yaa? Yap, deskripsi yang kamu berikan untuk kata Website ini tepat sekali, tapi deskripsi yang telah mimin dijabarkan lebih tepatnya adalah sebagai jenis dan kegunaan dari Website, lebih lanjutnya kita diskusi bareng yuk!

Advertisement

Seperti yang kita lihat dan ketahui, di zaman serba digital ini mobilitas manusia semakin tinggi. Namun dengan adanya internet yang termasuk ke dalam dampak digital, mobilitas manusia menjadi sangat terbantu terkhusus pada pemenuhan asupan informasi, hiburan dan terkait dengan transaksi jual beli. Layanan yang telah disebutkan saat ini tersedia dalam website atau situs web yang dapat diakses menggunakan internet. Jadi apa itu website? 

Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Manusia mengakses website memiliki banyak tujuan sesuai yang disajikan dari website tersebut, seperti halnya Google.com manusia dapat mengakses berbagai informasi, hiburan, dan kebutuhan lainnya. Website menjadi salah satu media yang digandrungi oleh masyarakat, alasan tersebut didasari oleh cepatnya arus penyebaran informasi yang ada melalui website dengan cakupan area yang luas serta tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Hal itulah yang menyebabkan website menjadi salah satu media yang diminati oleh banyak khalayak.

Pengertian Website menurut salah satu ahli yaitu Solechul Azis pada tahun 2013 menyebutkan bahwa Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk dikunjungi.

Advertisement

Website memiliki beberapa jenis, dan kali ini kita akan membahas jenis Website yang didasarkan pada tujuannya : 

Personal Website. Dimana dalam Website ini berisi informasi pribadi seseorang karena dimiliki oleh personal atau individu, dengan title personal Website individu ini tak melulu membahas tentang pemilik Personal Website loh! Dalam Personal Website pemilik akan menyebarkan ketertarikannya, lingkungan sekitar, pengalaman, ilmu pengetahuan, dan hal lain yang ingin pemilik sharing kepada pengunjung laman Personal Website.

Advertisement

Corporate Website. Sesuai dengan namanya corporate atau perusahaan  Website memiliki isi konten tentang profil perusahaan, bidang dalam perusahaan, informasi perusahaan dan hal-hal lainnya seputar perusahaan tersebut. Beberapa contohnya adalah Website untuk kita belanja, mendapatkan informasi, dan masih banyak hal lain yang dimiliki perusahaan dengan menggunakan Website. Namun ada juga Company Website yang hanya membahas tentang perusahaannya ya guys, dalam artian tidak ada fitur penyediaan apa saja yang dimiliki perusahaan tersebut. Contoh Company Website yaitu pythonisea.online ini ya guys! 

Portal Website, yaitu website yang memiliki banyak layanan seperti halnya berita, email, dan jasa lainnya. Portal Website adalah salah satu jenis website yang banyak diminati masyarakat, karena Portal Website menyajikan berbagai informasi dan layanan yang sangat diperlukan oleh masyarakat, seperti berita, bisnis, kesehatan, teknologi, e-commerce dan masih banyak lagi. Contoh saja beberapa Website bertajuk berita, e-commerce, teknologi, bisnis, dan kesehatan merupakan website yang berjenis Portal Website.

Forum Website, dimana website ini merupakan sebuah sarana untuk berdiskusi para pengunjung Website. Mungkin bagi kamu yang tahu beberapa website seperti Kaskus, Indowebster, Detik, dan Discord yang mungkin kamu pernah dengar, itu adalah beberapa contoh dari Forum Website yang dapat kamu coba untuk kunjungi dan berdiskusi dengan pengunjung lain disana, atau kamu juga bisa loh berinteraksi di Website Pythonisea.online ini, tidak menutup kemungkinan kamu akan dapat relasi baru loh!

Selain jenis-jenis Website yang telah disebutkan di atas terdapat jenis website lainnya seperti halnya website pemerintah yang menyajikan informasi seputar pemerintah itu sendiri dan masih banyak jenis Website lainnya.

Nah itu adalah beberapa jenis Website yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita, sekarang jadi pahamkan website adalah kumpulan page atau halaman yang juga memiliki jenis sesuai dengan konsentrasinya.

Dari penjelasan diatas, jadi manfaat website untuk kehidupan kita apa aja ya? Tentu banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari adanya website ini, diantara segudang manfaat website terhadap dampak kehidupan manusia, yuk kita bahas 4 manfaat website :

1. Sarana informasi. Dengan menggunakan website sebagai sarana atau media dalam memenuhi asupan informasi, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti halnya tak adanya batasan ruang dan waktu dalam mengakses website melalui internet, selain itu kamu juga bisa mengakses informasi dengan jangkauan yang luas bahkan informasi yang terdapat di mancanegara sekalipun. Dengan begitu, wawasan dan pengetahuan kamu akan semakin bertambah dengan mengandalkan penggunaan internet guna mengakses Website untuk memenuhi wawasan informasi kamu.

2. Meningkatkan Eksistensi. Adanya website dapat membantu kamu dalam menyebarluaskan informasi yang kamu miliki dan ingin disebarluaskan ke khalayak umum, dengan begitu website akan membantu kamu untuk meningkatkan eksistensi dari brand, perusahaan, organisasi, dan lainnya

3.   Media Promosi. Bagi kamu yang punya bisnis, startup, komunitas, dan lain sebagainya yang membutuhkan promosi, website bisa menjadi salah satu upaya dalam media promosi loh! Selain kemudahan akses, jangkauan luas, dan waktu yang tak terbatas, menggunakan website sebagai media promosi, biaya yang dikeluarkan ketika menggunakan website sebagai media promosi kamu akan lebih murah dan mudah ketimbang menggunakan media promosi konvensional!

4. Memudahkan pengunjung. Manusia pasti membutuhkan sarana informasi, hiburan, dan memenuhi kebutuhan dirinya. Dengan hadirnya website, kamu bakal mendapatkan semua keinginan itu melalui website dengan kelebihan dan manfaat yang akan kamu dapatkan tentunya!

Bermanfaat sekali ya guys website dalam kehidupan kita? Masih banyak manfaat lainnya dari website loh guys, bakal kita bahas di artikel selanjutnya ya, so pantengin terus website kami agar kita dapat diskusi bersama lagi ya!

Itulah beberapa pembahasan dan diskusi yang dapat mimin sampaikan terkait dengan pengenalan terhadap website, ternyata Website banyak sekali keunggulan bukan? Jadi yuk guys mulai sekarang gunakan website sebagai sarana informasi, hiburan, dan untuk memenuhi kebutuhan harian kamu karena dengan menggunakan website kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Dalam penggunaan website juga kita harus bijak dalam pemilihan Website dan tidak menggunakan Website untuk kepentingan yang dapat membawa dampak negatif bagi kita dan sekitar kita. Selalu bijak menggunakan internet agar mendapatkan manfaat positif dari adanya website ya, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE