Kamu bingung dalam memilih asuransi jiwa atau asuransi perajalanan? Sebenarnya apa sih perbedaan asuransi perjalanan dan asuransi jiwa? Jangan sampai kamu tidak tahu perbedaan yang mendasar antara kedua asuransi ini lho! Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan yang mendasar diantara jenis asuransi tersebut, berikut informasinya.

Travel Insurance atau Asuransi perjalanan ditujukan untuk para traveler atau pelancong yang melakukan perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Asuransi perjalanan ini akan menanggung biaya yang kamu keluarkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya mengalami sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan dompet, kehilangan dokumen penting, keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi, dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Advertisement

Kebanyakan orang masih bingung apa sebenarnya perbedaan yang mendasar dari asuransi jiwa dan asuransi perjalanan. Asuransi jiwa menawarkan hal yang hampir sama dengan travel insurance atau asuransi perjalanan.

Namun, asuransi jiwa tidak perlu diklaim ketika kamu melakukan perjalanan saja. Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan memberikan perlindungan kepada seseorang atau kelompok yang diakibatkan kerugian yang tak terduga misalnya kematian, cacat, atau tidak adanya penghasilan yang didapatkan.

Keuntungan yang didapat apabila kamu membeli asuransi jiwa dibandingkan dengan asuransi perjalanan diantaranya adalah kamu dapat meminimalisir resiko tak terduga bagi kamu dan keluarga kamu, dengn hal tersebut kamu dapat mengantisipasi misalnya terjadi bencana yang membahayakan kamu dan keluarga kamu, apabila kamu memiliki asuransi jiwa.

Advertisement

Perlindungan lebih terjamin sehingga akhirnya dapat meringankan beban kamu dan keluarga dalam segi finansial misalnya ketika kamu meninggal, dengan memiliki asuransi jiwa juga kamu intinya sudah menabung untuk biaya pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, dan kebutuhan lainnya sehingga keluarga yang ditinggalkan menjadi lebih terbantu.

Asuransi perjalanan juga memiliki keuntungan-keuntungan tertentu, diantaranya adalah biaya medis anda akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Misalnya, ketika kamu berlibur atau sedang melakukan perjalanan, kamu mengalami kecelakaan, cedera, atau tiba-tiba sakit, biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang kamu beli.

Selain itu, kamu juga akan mendapat sumbangan atas kematian apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan kematian, setidaknya ketika kamu meninggal dalam perjalanan, kamu tidak perlu khawatir mengenai keluarga yang ditinggalkan.

Ternyata, tidak hanya kematian, cedera, dan kecelakaan saja yang biasanya ditawarkan dalam asuransi ini, ada beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas seperti kompensasi atas pembatalan atau penundaan penerbangan, kehilangan dan kerusakan bagasi, pemulangan jenazah, dan perlindungan rumah.

Dalam memilih asuransi perjalanan ataupun asuransi jiwa, baiknya kamu mempertimbangkan berbagai hal, diantaranya adalah ketahuilah jenis asuransi nya, waktu asuransi tersebut, apa saja yang di klaim dari asuransi tersebut, cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi tersebut, luas perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi tersebut.

Harga yang ditawarkan, jaminan yang ditawarkan, apakah asurnsi tersebut global atau non global, apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh asuransi tersebut, cara klaim asuransi tersebut, dan kelegalan perusahaan asuransi tersebut. Jangan sampai kamu tertipu oleh pihak asuransi yang tidak bertanggung jawab karena pada saat ini sangat marak sekali kasus penipuan.’

Nah, itulah perbedaan yang mendasar dari asuransi perjalanan dan asuransi jiwa. Intinya, asuransi perjalanan hanya berlaku ketika kamu melakukan perjalanan baik bersama keluarga, rekan kantor, atau bahkan individu.

Sebaliknya, asuransi jiwa dapat diberlakukan ketika kamu tidak sedang melakukan perjalanan, asuransi jiwa akan menanggung semua tanggungan kamu misalnya ketika kamu meninggal kelak. Demikian informasi mengenai perbedaan asuransi perjalanan dan asuransi jiwa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu semua!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya