Selama ini kita mengenal obat “Betadine” sebagai obat praktis luka ringan atau antiseptik untuk membunuh kuman penyakit. Namun disisi lain, ada sebuah tanaman yang berkhasiat sebagai pengobatan alami untuk luka ringan yaitu “Pohon Betadine”. Kerabat pohon jarak yang memiliki nama latin Jatropha multifida L ini termasuk dalam famili Euphorbiaceae walaupun bentuk daunnya menyerupai daun pepaya. Saya sendiri mengenalnya karena pohon ini ada di kebun rumah yang ditanam oleh nenek saya sejak saya masih kecil. Pohon betadine atau pohon yodium ini memiliki berbagai nama di tiap daerah, seperti batai di ternate, ada yang menyebutnya balacai, jarak tintir, jarak cina, jarak gurita (karena bentuk daunnya yang menjari panjang bak gurita), miodine di Afrika dan disebut coral plant di Inggris.

Lalu kenapa disebut dengan pohon betadine atau pohon yodium (kandungan betadin)? karena getah dari pohon ini sangat ampuh digunakan sebagai anti mikroba terutama untuk pengobatan pada luka terbuka. Bahkan masa penyembuhan yang dibutuhkan jauh lebih cepat dibanding obat betadine itu sendiri.

Advertisement

Pengalaman yang saya dapat akan maanfaat dari daun pohon betadine ini adalah ketika kucing kesayangan saya terluka karena beradu dengan kucing tetangga. Tiba tiba di bagian kepalanya terluka dan mengalir darah yang cukup banyak. Pada saat itu juga saya memetik setangkai daun betadine yg kemudian keluar getahnya, lalu getah tersebut saya oleskan di bagian luka kucing saya. Sehari setelah itu, luka pada kucing saya pun lekas mengering dan tidak infeksi.

Masih banyak manfaat yang terkandung dalam getah daun betadine ini. Selain untuk pengobatan ringan seperti luka karena terjatuh, luka tergores, luka bakar karena kenalpot, getah daun betadine juga bermanfaat untuk obat sariawan dan menghilangkan kutil pada kulit. Penggunaanya pun cukup mudah, tinggal petik setangkai daun betadine yang ukuranya daunya sedang, tidak terlalu tua atau muda. Setelah itu tunggu ujung tangkai daun mengeluarkan getah yang berwarna kekuningan, kemudian tempelkan pada bagian yang terluka. Tunggu beberapa menit hingga getahnya mengering. Ulangi kegiatan tersebut dua sampai tiga kali sehari. Rasakan manfaat dari pengobatan alami ini. Luka lekas mengering dan darah tidak akan mengalir lagi.

Sekiranya saya menyarankan untuk menanam pohon betadine ini di halaman rumah atau kebun. Selain bermanfaat daunnya, pohon ini juga memiliki bunga yang cantik. Sehingga pekarangan rumah anda menjadi indah dan sejuk. Itulah sepenggal cuplikan mengenai getah daun betadine yang kaya akan manfaat. Kalaupun ada yang alami kenapa mesti pakai yang mengandung bahan kimia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya