Lewat materi takan kau temui tulus ikhlas sebuah perbuatan. Lewat materi takan kau temui arti tentang kebahagiaan.Gaji besar, baju dan tas mahal, mobi mobil mewah. Apa dengan itu kita merasa berkecukupan?

Tidak, pada hakikatnya manusia tak pernah merasa puas bukan. Ternyata ada yang harus kita cari dari sekedar materi. Lihat kakek penjual koran tetap bisa tersenyum, tertawa lepas bagai tak memikul beban. Lihat juga anak kecil pengamen jalanan tetap riang walau kadang dicibir berbagai orang.

Advertisement


Materi memang dicari hanya sebagai penyambung kehidupan bukan sumber kehidupan, juga bukan untuk merajai kehidupan itu sendiri.


Advertisement

Sering materi melampaui batasnya, dijadikan sebagai alat untuk mengukur kekayaan, bukan dijadikan alat berbagi untuk kesetaraan. Dijadikan sebagai acuan kesuksesan seseorang, mengalahkan faktor sukses yang sebenarnya yaitu menjadi bermanfaat bagi semua orang. Dijadikan sebagai bagus atau tidak sebuah kualitas dalam setiap hal yang kita kerjakan.

Setiap hari kita mencari materi, bekerja sedari pagi pulang sore hari, bahkan jika lembur pulang malam lagi. Berdagang kesana kemari, jauh dari rumah, jika tak laku pulang telat lagi. Dalam seminggu, libur sehari.


Burung pergi pagi, terbang jauh dari sarang hanya untuk sekedar mencari makan bagi dirinya bagi anak anaknya. Tak pernah kelaparan dan kekurangan.


Jika kita pahami materi yang kita cari cari selama ini tak berarti, tak berharga sama sekali karena yang kita pahami hanya sebagai alat pemuas diri, saja tak bernilai lebih dari yang lainnya. Coba pahami jika yang kita cari adalah alat untuk membuat kesetaraan, maka materi yang kita cari siang dan malam adalah untuk berbagi. Coba pahami jika yang kita cari adalah kehidupan, maka materi yang kita cari siang dan malam adalah untuk dimanfaatkan untuk bersama.

Carilah materi, besar kecilnya yang di dapat tetap berikan kualitas terbaik yang dimiliki dan lakukanlah dengan senang hati. Kejar materi tanpa harus diperbudak olehnya. Simpan materi bukan untuk kekayaan diri. Setelah dapat jadikan materi hanya dalam genggaman, kita yang mengaturnya. Kita yang meletakannya dan membuatnya menjadi lebih bernilai tinggi.

Cukupkan materi untuk diri, gunakan hanya untuk menyambung kehidupan sehari hari. Lebihkan lah materi untuk berbagi. Tunjukanlah sukses yang sebenarnya, yaitu bermanfaat bagi semua.

Inilah kekayaan hati. Memberikan hasil jauh lebih tinggi dari sekedar hanya materi. Menciptakan kebahagiaan yang sempurna, kebahagiaan untuk sesama.


Materi hanya sebuah jalan bukan tujuan.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya