Dikecam Garda Satwa karena Makan Gurita Hidup, Begini Pembelaan Ria Ricis. Hadeuh~

Ria Ricis makan gurita hidup

YouTuber Ria Ricis kembali jadi sasaran kritik. Gadis berusia 24 tahun ini bermasalah lagi karena mengunggah video yang kontroversial. Seolah nggak sadar kalau subsriber-nya di YouTube mencapai 16,6 juta orang, Ricis melakukan aksi yang nggak baik untuk dicontoh. Dulu dia pernah dikritik komunitas pencinta lingkungan gara-gara video membuang squishy ke toilet dan pantai.

Advertisement

Kali ini Ricis dikritik yayasan pencinta hewan, Garda Satwa, karena aksinya makan gurita hidup. Ricis dinilai melakukan kekerasan pada hewan. Yuk simak selengkapnya!

Ria Ricis dikecam Garda Satwa karena membuat video makan gurita hidup. Pasalnya, Ricis dianggap melakukan kekerasan pada hewan

View this post on Instagram

Video @riaricis1795 makan gurita hidup-hidup dideteksi oleh Facebook sebagai konten yang mengandung kekerasan. Harusnya seorang influencer yang followersnya jutaan tau yah rules dalam membuat konten, salah satunya tidak boleh membuat konten yang mengandung kekerasan. Bisa ditarik adsensenya oleh youtube jika direport oleh orang banyak. Harusnya @riaricis1795 juga tahu bahwa video ini mendapat kritik pedas di Facebook dari penggemarnya sendiri, mulai dari kritik mengenai adab dan norma, sampai ke akidah agama. Memakan hewan hidup-hidup itu kejam dan tidak beradab, meskipun hewan yang dimakan adalah hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalo @riaricis1795 mampu menelan langsung gurita itu dalam satukali telan, dan hewannya tidak terlalu lama merasakan sakit karena langsung tewas, nggak digigit sedikit demi sedikit. Mau nyontoh konten luar negeri ga perlu lah kami rasa, karena tiap negara punya kultur yang berbeda. Indonesia negara yang beradab, ingat sila ke-2, “Kemanusiaan yang adil dan BERADAB”. Jika memang di Korea biasa memakan gurita hidup-hidup, silakan saja lakukan itu di sana TAPI jangan sebarkan ke sini. 16 juta pengikut @riaricis1795 dari berbagai kalangan dan berbagai usia, di mana seorang @riaricis1795 bisa saja menjadi contoh atau panutan anak-anak yang belum bisa menilai mana baik dan mana yang tidak, 1% nya saja kira-kira akan mencontoh @riaricis1795 dari 16 juta pengikut berarti 160.000 @riaricis1795 baru. Terbukti beberapa tahun lalu ketika @riaricis1795 membuat konten membuang squishy ke toilet dan ke pantai, muncul orang-orang yang mencontoh membuang squishy. @riaricis1795 atas kontennya tersebut menuai kecaman dari aktivis lingkungan. Kami kira @riaricis1795 belajar dari kasus tersebut, ternyata diulangi lagi. Pagi tadi kami sudah DM untuk meminta take down videonya dan mengajak bertemu. Tapi jikapun tidak ditake down teman-teman di sini sebagai penonton bisa mereport konten tersebut di youtube chanelnya agar tidak beredar lagi dan supaya ga dijadikan contoh adik-adik kita yang masih kecil. Semoga konten kreator lebih bijak lagi dalam membuat konten.

A post shared by Garda Satwa Foundation (@gardasatwafoundation) on

Pada 22 Agustus, Ricis mengunggah video di YouTube berjudul “PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! – MUKBANG KOREA Tersiksa”. Dalam video berdurasi 10 menit dan 36 detik itu, Ricis bersama timnya mengaku sedang berada di Korea dan hendak makan gurita hidup. Ada beberapa gurita utuh yang masih bergerak-gerak dalam baskom. Berulang kali Ricis berkata kalau gurita itu masih hidup. Dia pun memakannya sedikit demi sedikit.

Aksi Ricis ini dianggap Garda Satwa sebagai kekerasan pada hewan yang kejam dan nggak beradab, walaupun itu hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalau Ricis sanggup menelan gurita itu dalam satu kali telan, jadi hewannya langsung tewas dan nggak merasa sakit.

Setelah dikritik Garda Satwa, Ricis minta maaf dan ngasih konfirmasi kalau sebetulnya itu bukan gurita hidup. Loh, gimana sih?

Konfirmasi dari Ria Ricis via www.instagram.com

Melalui Instagram Story, Ricis memohon maaf dan ngasih konfirmasi kalau sebetulnya dia makan gurita yang udah mati. Gurita itu kelihatan bergerak-gerak karena ada campuran garam atau bumbu lainnya. Menanggapi konfirmasi Ricis, Garda Satwa masih nggak puas.

Kalau memang gurita yang dimakan udah mati, kenapa judul videonya “Makan Gurita Hidup”? Apalagi Ricis berulang kali berkata dalam video kalau gurita itu hidup. Mana nih yang bener? Tindakan Ricis yang ambigu bisa menyesatkan dan membahayakan orang yang menirunya. Pasalnya, dulu ada korban yang mati tersedak karena makan gurita hidup. Garda Satwa mengimbau Ricis agar lebih berhati-hati dalam membuat konten YouTube.

Advertisement

Warganet turut mengkritik aksi Ria Ricis. Bahkan ada yang meragukan konfirmasi Ricis kalau itu gurita yang udah mati

Komentar warganet tentang aksi Ria Ricis via www.instagram.com

Kasus terbaru Ricis ini menuai berbagai reaksi dari warganet. Ada sejumlah penggemar Ricis yang tetap membela idolanya tanpa memedulikan logika. Namun ada juga orang-orang yang nggak setuju pada aksi Ricis, bahkan meragukan konfirmasinya kalau itu gurita yang udah mati.

“Menurut gw, kenapa ricis yg disorot? Karena followers dia banyak, dan dari kasus ini mungkin bisa jadi percontohan bagi yutuber lain kalo bikin konten itu yg bermanfaat, bukan menunjukkan sesuatu yg berbau kekerasan. Baik pada hewan maupun pada makhluk lain,” komentar akun @marlinda_dy31

Selama ini berbagai aksi Ricis yang kontroversial memang bikin warganet sebal. Namun hal tersebut justru ia anggap sebagai pemacu semangatnya untuk terus berkarya. Semoga  habis ini vlog Ricis lebih mengedukasi ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE