Penelitian Mengungkap, Virus Corona Bisa Menular Lewat Makeup. Ini Penjelasan Lengkapnya!

Corona menular lewat makeup

Semenjak merebaknya wabah Virus Corona, ada banyak sekali penelitian yang dilakukan seperti mencari tahu seberapa lama virus ini bisa bertahan di permukaan sebuah benda. Seperti penelitian yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine, di mana virus ini bisa bertahan selama 72 jam di permukaan plastik termasuk plastik makeup, tube, metal cases dan lainnya.

Advertisement

Untuk itu, kali ini Hipwee Style akan menjelaskan padamu soal besar kemungkinan bahwa makeup yang biasa kamu pakai juga berisiko terinfeksi Virus Corona. Ini dia!

Plastik atau kemasan makeup lainnya merupakan benda yang berpotensi ‘membawa’ virus, termasuk Virus Corona. Meski di dalam makeup ada zat yang bertugas melawan jamur dan bakteri, ia tetap belum mampu melawan virus

bahan pengawet via id.pinterest.com

Bahan pengawet yang ada di dalam makeup memang dibuat untuk mencegah kontaminasi jamur dan bakteri ketika diaplikasikan ke wajah, sehingga makeup tersebut pun dapat tahan lama. Namun sayangnya, bahan ini belum bisa melawan virus, khususnya Virus Corona. Jadi, apabila proses produksi makeup tersebut kurang steril, kamu harus hati-hati!

Jenis makeup yang diaplikasikan ke bibir dan mata merupakan yang paling berisiko tinggi sebagai penular virus. Ingat, kontak langsung dengan mata dan bibir berbahaya apalabila kamu sudah terinfeksi corona, bukan?

makeup mata dan bibir via id.pinterest.com

Makeup seperti lipstik dan sejenisnya, maskara, eyeliner, eyeshadow memang paling berisiko menularkan virus apabila permukaannya sudah terlanjur terpapar corona. Yang perlu diperhatikan, seberapa sering dan lama kamu kontak langsung dengan mata dan bibir, sehingga apabila benar permukaan makeup tadi ada virusnya, kemungkinan untuk masuk ke tubuhmu lewat saluran pernafasan atau celah mikroorganisme yang masuk lewat mata bisa diprediksi.

Advertisement

Untuk itu, mulai sekarang kamu perlu melakukan beberapa hal demi menjaga dirimu sendiri dan orang lain, terutama buatmu yang sering dandan

cegah virus! via id.pinterest.com

  • Jangan terlalu sering touch up di luar rumah, apalagi di tempat umum. Meski kecil kemungkinan makeup-mu dipinjam orang lain, tetap saja kamu harus memiliki standar keamanan dari virus ini
  • Selalu bersihkan alat makeup terutama yang bersentuhan langsung dengan area mata dan bibir. Untuk kuas dan sejenisnya, kamu harus rutin mencucinya dengan sabun dan mengeringkannya secara maksimal. Untuk permukaan eyeshadow atau lip product, kamu juga perlu melakukan desinfeksi misalnya dengan alkohol atau tisu basah
  • Hindari menyimpan makeup terlalu lama karena ada masa kadaluarsanya. Misalnya, maskara dan eyeliner cukup 3 bulan saja (jika sering dipakai)
  • Jangan asal meminjamkan makeup beserta alat-alatnya ke orang lain, meski itu keluarga atau sahabatmu sendiri!

Ada baiknya kamu mulai pro aktif menjaga makeup-mu dari bahaya kontaminasi virus, khususnya Virus Corona. Selalu jaga kebersihan di mana dan kapan saja, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE