Para cewek tentunya nggak asing dengan alat pelurus rambut yang kerap disebut dengan catokan. Mungkin kamu termasuk cewek yang nggak bisa lepas dari catok dan rutin menggunakannya sehari-hari. Atau juga mungkin kamu hanya menggunakan catok di momen-momen tertentu saja?

Nah, kebanyakan cewek menggunakan alat catok hanya untuk meluruskan rambut saja. Padahal alat pelurus ini bisa difungsikan untuk menata rambut menjadi berbagai macam gaya. Jangan bilang ribet dulu, kalau kamu sudah tahu triknya, kamu bakal bilang ini mudah. Penasaran, ‘kan? Langsung simak ulasan Hipwee Style berikut, yuk!

1. Bosan dengan gaya rambut panjang dan lurus? Kamu bisa coba gaya rambut ikal yang cocok untuk segala acara

curly

curly via brightside.me

Mulailah dari beberapa bagian rambut atas, lilitkan rambut mengelilingi catok rambut hingga ujungnya. Tahan gulungan rambut agar bentuknya bisa bertahan lebih lama. Lepaskan jepitan dan lakukan hingga seluruh bagian rambut tertata.

2. Gaya rambut wavy atau mengombak seperti ini terlihat simpel tapi manis, kamu hanya butuh waktu kurang dari lima menit untuk menatanya

3. Buatmu yang suka gaya vintage, kenapa nggak kamu coba gaya rambut ikal a la cewek-cewek 70-an? Simak video tutorialnya berikut!

Advertisement

Sisirlah rambutmu menggunakan sikat rambut yang sudah diberi shine spray agar mendapatkan efek gelombang yang lebih rapi, klasik, dan bersinar.

4. Jangan bete dulu jika rambutmu tipis dan mudah jatuh, akali dengan trik catok agar rambutmu terlihat lebih mengembang

efek mengembang

efek mengembang via brightside.me

Kamu boleh mengaplikasikan trik ini hanya untuk rambut bagian luar saja. Agar tampak curly, kamu nggak perlu menyisir rambutmu setelah dicatok, cukup diurai saja menggunakan jari tanganmu.

5. Gaya beach waves nggak hanya bisa diterapkan untuk rambut panjang, rambut pendekmu pun bisa ditata hanya dengan bantuan catokan pelurus

6. Rambut pendekmu juga bisa dibikin gaya spiral seperti ini, cocok diterapkan untuk rambutmu yang tipis dan kurang mengembang

pendek spiral

pendek spiral via manouvellemode.com

Ambil bagian rambut, mulai catok dari bagian tengah lalu pelintir rambut mengarah ke dalam lalu tarik untuk mendapatkan gelombang rambut yang terkesan alami.

7. Kamu juga bias menata rambut menjadi ikal bouncy seperti yang dimiliki putri-putri aristrokat zaman dahulu. Begini tekniknya!

8. Untuk membuatnya rapi dan nggak berantakan ke mana-mana, kamu bisa mencoba gaya ikal besar seperti ini..

ikal besar

ikal besar via www.bloglovin.com

9. Nah, nggak semua gaya rambut kusut itu jelek. Buktinya gaya crimped waves ini terlihat lucu. Caranya juga cukup mudah!

keriting kepang

ikal berkepang via www.brit.co

Pertama, kepang secara acak bagian rambut dari atas ke dekat ujung, sisakan 4-5 cm jarak dari akar. Semprotkan hairspray dan biarkan hingga kering. Gunakan catok seperti biasa pada bagian kepangan, lakukan beberapa kali dan biarkan sampai dingin. Lepaskan kepangan dengan jari dan tata rambutmu sesuai keinginan.

10. Nggak perlu khawatirkan rambut bob-mu yang super pendek, ikuti tutorial berikut..

11. Catok pelurus rambutmu juga bisa kamu pakai untuk merapikan kuncir kudamu. Kalau hanya dikuncir saja ‘kan monoton..

untuk rambut dikucir

untuk rambut dikucir via cdn.gurl.com

Kucir rambutmu, ambil bagian ujung rambut dan putar 180 derajat dengan catokan ke arah yang berbeda-beda. Semprotkan hair spray supaya tekstur ikat rambutmu terlihat tebal.

Itulah berbagai cara untuk menata rambut hanya bermodalkan catokan saja. Kamu nggak perlu punya banyak alat yang malah bikin kamu makin boros lho. Dengan satu benda multifungsi ini, penampilan rambut yang cantik bisa dicapai dari banyak cara. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya